Film : The Possession

[Sumber : Google Image]
The Possession merupakan judul film yang sedang diputar di theater 21cineplex beberapa hari ini. Film ini telah rilis di Amerika sekitar tanggal 31 Agustus 2012. Pada awal film tertulis bahwa film ini diambil dari kisah nyata.
Film ini bergenre horor, lebih tepatnya film genre exorcist yakni tentang ritual pengusiran roh iblis. Sebelum-sebelumnya sudah banyak film bergenre sama telah dirilis. Kalau tidak salah saya ingat, saya sendiri sudah pernah menonton film sejenis sebelumnya, The Exorcism of Emily Rose yang mengisahkan tentang anak perempuan yang kemasukan roh iblis, kemudian ada seorang pastor yang berusaha untuk menolong anak perempuan itu.
Kisah dari The Possesion ini tidak jauh berbeda dengan film yang sebelumnya pernah saya tonton itu. Yang berbeda hanya lah pada cara bagaimana mengusir roh iblis yang merasuki. Pada dua film sebelumnya, proses pengusiran roh halus dengan metode Kristen sedangkan pada The Possession pengusiran roh menggunakan adat Yahudi.
Film ini mengisahkan tentang seorang anak bernama Em yang kerasukan roh iblis dari sebuah kotak tua. Kotak tua ini merupakan kotak segel dari roh tersebut, yang digunakan orang-orang Yahudi untuk menyegel roh halus itu. Roh iblis yang masuk ke dalam tubuh Em menganggap Em spesial, sehingga roh iblis ini nyaman berada di tubuh Em sebagai inangnya.
Em merupakan anak kedua dari dua bersaudara dari pasangan yang bercerai Clyde dan Stephanie. Kakaknya bernama Hannah. Di film ini dikisahkan bahwa Hannah dan Emily sedikit terpukul dengan perceraian kedua orang tuanya. Meskipun begitu sebenarnya mereka tampak menerima keadaan yang ada.
Awal cerita ketika Em sedang berlibur akhir pekan bersama ayahnya, di rumah yang baru. Karena memang setiap akhir pekan sang ayah menjemput anak-anaknya untuk berlibur bersama. Sampai suatu ketika Em menemukan sebuah kota tua misterius yang membuatnya tertarik. Kotak ini diperoleh dari pasar diskon yang menjual perabotan bekas. Awalnya kotak ini berasal dari sebuah rumah, yang diawal cerita dikisahkan ada seorang perempuan tua yang mendapatkan gangguan hebat dari roh penunggu kotak ini.
Kisah Em sebagai gadis kecil normal berubah ketika Em membuka segel kotak ini, roh halus dalam kotak akhirnya keluar dan hinggap di tubuh Em sebagai inangnya. Rupa roh halus ini ditunjukan dalam bentuk serangga ngengat.
Sejak kotak ini terbuka mulailah muncul hal-hal aneh dan tidak masuk akal di rumah ayahnya itu. Kemunculan ngengat dalam jumlah yang tidak masuk akal, kemudian perilaku Em mulai murung, menyendiri dan bertingkah tempramental. Ayah dan kakak nya mulai menyadari perubahan dari Em, namun mereka tidak tahu apa penyebab pastinya. Mereka hanya berpikir bahwa Emily mengalami depresi karena perceraian yang dialami kedua orang tuanya. Hingga pada akhirnya semuanya mengetahui bahwa Em dirasuki oleh kekuatan supranatural yang tidak bisa dijelaskan dengan logika.
Ayah Em menjadi sangat bertanggung jawab akan hal yang menimpa anaknya. Sang ayah berusaha mencari tahu dan berusaha mengusir roh halus ini, namun hal itu sia-sia. Sang ayah akhirnya mendapat secercah harapan. Ayah Em bertanya kepada seorang professor di sebuah universitas dan mendapatkan informasi bahwa kotak yang menjadi sumber petaka merupakan kotak buatan oran Yahudi. Ayah Em lalu mengunjungi sebuah perkampungan Yahudi untuk mencari tahu tentang kotak ini. Ternyata kotak ini bernama 'dybbuk box' yang digunakan sebagai segel untuk mengurung roh iblis. Orang-orang Yahudi angkat tangan mendengar cerita yang menimpa anaknya itu. Sampai akhirnya Tzadok salah satu dari orang Yahudi itu mau membantu.
Tibalah pada sesi pengusiran roh dengan adat Yahudi. Roh yang merasuki Em merupakan roh iblis yang sangat kuat. Prosesi pengusiran roh berlangsung sengit, roh ini melawan dan berusaha terus menguasai tubuh Em.
Pada akhirnya roh iblis ini berhasil keluar, namun sempat berpindah ke tubuh inang baru yaitu tubuh ayahnya. Tzadok tetap melakukan prosesi pengusiran roh itu dengan memanggil nama dari roh iblis tersebut untuk disegel kembali di 'dybbuk box'. Roh halus itu menyerupai anak kecil berwajah tua, iblis itu kemudian keluar dari mulut ayahnya lalu masuk kembali ke dalam kotak dan tersegel kembali.
Setelah roh iblis itu tersegel kembali di kotak itu, semuanya kembali normal. Em pun sudah kembali normal, begitupun ayahnya yang sempat kemasukan roh iblis. Akhirnya keluarga Em bisa kembali normal.
Di akhir cerita, Tzadok mencoba membawa kotak ini untuk diamankan. Namun dalam perjalanannya, nasib sial menimpa Tzadok, mobil yang dikendarai Tzadok tertabrak kontainer dan Tzadok tewas. Nasib kotak itu terlempar dan akan mencari inang baru. Setelah itu film ini berakhir.
Film ini buat saya, cukup menarik. Dari awal saya memang menggemari film bergenre exorcist. Jadi bagi rekan-rekan yang gemar pada film bertema pengusiran roh, film ini cocok saya rekomendasikan. Film The Possession ini menambah perbendaharaan bagi saya tentang film berbau exorcist. Selamat menikmati ;p Cpr.

Posting Komentar

0 Komentar