Weekend di Januari 2011, 9 Jan 2011 di Cipaniis, Kab. Kuningan

Weekend awal bulan di tahun 2011 ini dihabiskan di Kab. Kuningan, di Cipaniis tepatnya. Kali ini kita weekend+bakar-bakaran, eit's bukan sembarang bakar membakar, tetapi bakar ikan, cumi, udang cuy. Biasanya kita-kita ini kalau main bakar-bakar di sekitar rumah, tapi kali ini beda tempatnya, tepatnya bernuasa alam. Kita sepakat namakan weekend kali ini "harmoni alam". Pada weekend kali beranggotakan 8 orang, antara lain Fikri, Ashril, Irwan, Alpin, Endry, Arianda, Yuni dan diriku.  Alpin disini bertugas sebagai bendahara, yang memegang keuangan urunan. Ari (panggilan Arianda), bertugas memasak nasi perbekalan. Saya sendiri diberi tanggungjawab atas perkap. 
Kedelapan orang ini yang berangkat terlebih dahulu Fikri, Ashril dan Irwan. Mereka berangkat dengan sepeda mereka, sekitar setengah tujuh pagi mereka start menuju Cipaniis. Sedangkan saya, Ari, Yuni, Endry berangkat menyusul. Ari dan Yuni standby di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) di Kejawanan, Kota Cirebon. Saya dan Alpin bertemu dengan Ari dan Yuni di TPI ini sekalian membeli perbekalan, ikan talang 0.8kg, cumi 1.5kg, udang 0.5kg. Total biaya untuk membeli perbekalan Rp 79.000,00.
 


Setelah perbekalan ini siap, kami berangkat, sebelumnya sambil menjemput Endry.  Perjalanan menuju lokasi kita tempuh melalui rute Sumber, Plangon, pertigaan tugu macan kita lurus, sampai ketemu jalan cabang dua, kita ambil kiri, dan sampailah di lokasi tujuan. Perjalanan tadi menghabiskan waktu kurang lebih 45 menitan.
Sampai di sana, masuk lokasi wisata bayar Rp 24.000,00, perhitungan parkir kendaraan dan per kepala. Setelah bertemu Fikri cs dan menemukan lokasi yang enak (di pinggir aliran sungai irigasi), kita langsung bongkar muat. Panganggan pun disiapkan, api+rang dinyalakan. Perangkat memasak disiapkan. Perbekalan ikan, cumi, udang pun dibersihkan. Tusukan pun disiapkan, dan siap-siap untuk pembakaran. Kita-kita sungguh menikmati bakar-bakar ini, kita namakan "harmoni alam". Dokumentasi juga tak lupa, dari kamera digital dan kamera hp masing-masing.



Sampai akhirnya perbekalan yang sudah dibakar selesai. Waktunya makan, nikmat+lezato. beramai-ramai kita makan bersama, karena perut yang memang sudah lapar dengan lahapnya kita bantai semua perbekalan tadi, ikan talang hanya tinggal duri saja, udang pun habis dilahap (habis terlebih dahulu), cumi hanya tertinggal kepala+tentakelnya. Tapi semuanya habis, sold out. Kenyang sudah. Setelah perut kenyang, tak lupa beres-beres sebentar, baru dilanjutkan dengan acara main air. Fik, Alpin, Ashril, Irwan dan Endry turun ke air. Sedangkan Ari dan Yuni tidak turun, karena mereka cewe, dan sepertinya tidak mempersiapkan untuk turun ke air. Saya sendiri pun tidak turun hanya bertugas sebagai seksi  dokumentasi.



Acara main airnya selesai sekitar setengah satu siang. Yang main air pada ganti baju, kemudian setelah itu kita persiapan pulang.  Ari dan Yuni pulang duluan, mereka memilih jalan alternatif lebih cepat, karena Yuni ada kegiatan lain. Sedangkan sisanya pulang bersama,  tapi sebelumnya mampir di gubug duren saat perjalanan pulang. Di gubug duren ini kita habiskan 3 butir duren, total biaya Rp 40.000,00. Setelah kenyang duren, perjalan pulang kita lanjutkan. Sampai di Sumber, rombongan pisah, tim Fikri cs dengan sepedanya, dan saya, Endry dan Alpin dengan motor pulang lebih dulu. Disitulah akhir dari weekend "harmoni alam" awal bulan di tahun 2011. Weekend bulan selanjutnya ditunggu. Cpr.

Komentar

  1. Senangnya kalau punya catatan perjalanan, ketika waktu kejadian sudah berlalu saat membaca apa yang sudah tertulis buat bahan nostalgia. Inilah manfaat nge-blog.

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6