Macam-macam Tikus

Tikus, mamalia yang satu ini benar-benar sangat menyebalkan, sangat mengganggu. Terkadang barang-barang kita di rumah menjadi rusak karena sifat pengeratnya, belum lagi kotorannya yang menjadi sumber penyakit. Tikus yang menyenangkan hanya ada di kartun Tom&Jerry, selebihnya menyebalkan. Tikus juga sering digunakan sebagai simbol "koruptor" karena memang mamalia pengerat yang  sangat cerdas.
Tikus ini memang binatang yang cerdas, untuk seekor binatang pengerat. Saya punya banyak pengalaman dengan hewan ini. Hewan ini sangat cerdas. Untuk membasmi hewan ini tidak bisa menggunakan cara yang sama, karena tikus akan dengan mudah mengingatnya, dan tidak akan terjebak untuk kesekian kalinya. Jadi untuk menangkap/ menjerat binatang ini perlu memakai bermacam cara dan digunakan bervariasi. Di rumah saya, biasa menggunakan lem tikus cap gaj**, nah untuk beberapa kali pemakaian cara ini berhasil, tetapi kalau sering digunakan menjadi tidak ampuh. Jadi apabila sudah sering terkena dengan cara lem tadi, coba kurangi intensitas pemakaiannya. Misal, kita menaruh lem di sudut suatu tempat dan sudah sering terjerat di sana, si tikus ini tidak akan melewati tempat itu lagi.  Pengalaman saya yang aneh lagi tentang tikus ini, kalau kita ingin menjerat tikus ini, jangan sekali-kali bilang/ terucap kata kalau kita mau menangkap "tikus", gunakan kata lain, jangan sampai kata tikus terucap, karena dijamin jebakan yang dipasang akan percuma. Itu yang terjadi di rumah saya. Tikus juga gemar mengumpulkan barang-barang (bisa berupa sisir, kaca rias, jepit rambut, karet rambut, bahkan sampai uang kertas) yang dia temui dan kemudian disimpan di dalam sarangnya. Jadi terkadang ada barang-barang kita yang terjatuh di kolong dan hilang, besar kemungkinan barang kita dibawa si tikus.  Kemudian saya mempunyai pengalaman dengan tikus besar (wirok), tikus ini juga lebih pintar. Saya mencoba menjeratnya dengan lem juga di jalur yang biasa dilewati. Tapi apa daya, apa karena kecerdasan atau instingnya, lem tikus yang digunakan untuk menjerat jadi tidak berarti. Si tikus ini menaruh kain di atas lem, sehingga saat lewat di atas lem tidak akan terjerat. Kemudian saya coba buang kain itu, saya singkirkan dari sekitar jalur tikus ini melintas, tapi di sekitarnya ada batu untuk mengganjal pintu. Entah bagimana caranya, batu itu digulingkan ke atas lem penjerat itu. Jadi bukan tikus yang kena malah batu yang ada di atas lem. Huh, benar-benar menjengkelkan, dan sampai sekarang tikus ini belum bisa saya tangani. Cukup cerita pengalamannya, di sini saya tidak ingin berbagi informasi tentang bagaimana menangkap tikus, tapi hanya ingin tau sebenarnya tikus itu ada berapa jenis sih? Untuk mencari informasi itu saya kembali mencari melalui google.
Tikus adalah mamalia yang termasuk dalam suku Muridae. Spesies tikus yang sering kita kenal mencit (Muss sp), tikus rumah (Rattus rattus), tikus got (Rattus norvegicus), tikus sawah (Rattus argentiventer), wirok (Bandicota sp). Ada catatan, kita sering dengan jenis tikus dengan sebutan curut/ celurut (Shrew) sesungguhnya adalah bukan termasuk golongan hewan pengerat, melainkan hewan pemangsa serangga. Curut/ celurut ini mempunyai mata yang sangat kecil.
Mencit
Mencit ini mudah dijumpai di rumah-rumah dan dikenal sebagai hewan pengganggu. Karena kebiasaannya menggigiti barang-barang meubel, barang kecil lainnya, dan sering bersembunyi di sudut-sudut lemari. Mencit sangat mudah menyesuaikan dengan perubahan yang dibuat manusia. Mencit ini merupakan binatang asli Asia, India, dan Eropa barat. Mencit ini memakan makanan manusia dan barang-barang kecil lainnya. Mencit ini sekarang ada yang menjadi bintang peliharaan, dan sering digunakan untuk percobaan ilmiah.

Tikus rumah
Tikus rumah adalah binatang pengerat yang sering kita jumpai di rumah-rumah dengan ekor yang panjang dan pandai memanjat, serta melompat. Tikus rumah pada saat sekarang ini cenderung tersebar di daerah yang lebih hangat karena di daerah dingin kalah bersaing dengan tikus got. Tikus rumah merupakan perenang yang buruk berbeda dengan tikus got. Namun sangat gesit, pandai dalam memanjat dan melompat bahkan berani terbang . Warnanya biasanya hitam atau coklat terang. Hewan ini termasuk hewan nokturnal (beraktivitas pada malam hari), pemakan segala (menyukai bulir-bulir). Ukurannya 15-20cm dengan ekor ± 20cm. Umurnya mencapai 2-3 tahun dan hidupnya berkelompok. Betinanya mampu beranak kapan saja, dengan anak 3-10 ekor /kelahiran. 

Tikus Got
belum dapat info lengkapnya 
Tikus Sawah
Tikus ini berukuran sedang, lebih kecil daripada tikus got. Dengan panjang 30-40 cm (termasuk ekor). Bewarna coklat kekuning-kuningan. Perutnya berambut kelabu dengan tepi berambut putih. Ekornya berwarna coklat. Hewan ini mempunyai habitat di persawahan, ladang dan padang rumput. Makann kesukaannya bulir padi, jagung atau rumput. Tikus ini membuat sarang di tanah dengan membuat lubang, di bawah batu, atau di dalam sisa-sisa kayu.  Hewan ini adalah jenis hama pengganggu pertanian tanaman utama dan sulit dikendalikan karena ia mampu 'belajar' dari tindakan-tindakan yang telah dilakukan sebelumnya. 

Wirok
belum dapat info lengkapnya 
Curut/ Celurut
Celurut adalah hewan pemakan serangga. Hewan ini kerap kali dianggap sebagai tikus karena ukuran, warna rambut, serta moncongnya, sehingga sering dinamakan tikus kesturi. Sebutan lainnya cecurut, cencurut dan munggis. Pada kenyataannya, celurut sangat jauh kekerabatannya dari tikus, bahkan berbeda ordo. Penyebaran celurut ini hampir ke seluruh dunia, kecuali Papua, Australia dan Selandia Baru serta Antarktika. Celurut ini mudah beradaptasi dengan perkembangan kebudayaan manusia. Celurut ini juga menjadi hewan vektor penyakit yang serupa dengan tikus dan mecit.



Sumber : 
http://id.wikipedia.org/wiki/Tikus
http://id.wikipedia.org/wiki/Mencit
http://id.wikipedia.org/wiki/Tikus_rumah
http://id.wikipedia.org/wiki/Tikus_sawah
http://id.wikipedia.org/wiki/Celurut  

Posting Komentar

0 Komentar