Selasa, 25 Januari 2011

Jenis-jenis Ikan Kakap

Ikan kakap merupakan jenis ikan dasar. Ikan ini selalu berkelompok, biasanya habitatnya di sekitar karang, rumpon/ tandes. Ikan ini umumnya memangsa ikan-ikan kecil, udang. Bila kita memancing, biasanya umpan-umpan itu yang biasa digunakan. Walau kadang juga dengan umpan jig, suka terpancing. Bentuk tubuhnya bulat pipih memanjang dengan mempunyai sirip di bagian punggung. Di bawah perut juga terdapat sirip. Di bagian dekat anal juga terdapat sirip analnya.  Sebagai penguasa karang, ikan kakap dilengkapi dengan gigi untuk mengkoyak mangsanya. Ketika ada makanan apa saja yang hanyut langsung disergapnya. Ikan-ikan yang paling besar di kawasannya selalu berada paling depan untuk memburu makanan
Ikan kakap, bagi pemancing, menjadi ikan target terutama bagi pemancing dasaran. Ikan ini pun enak di konsumsi, terutama yang sering jadi primadona adalah kakap merah (red snapper). Kalau masih segar dibakar pun nikmat sekali. Ikan kakap ini banyak sekali jenisnya, kalau kita memancing terkadang suka bingung membedakan jenis kakap yang mana. Kadang juga penamaan ikan kakap ini di tiap-tiap daerah berbeda. Oleh karena itu saya coba cari tahu melalui mesin pencari, berikut informasinya :

Kakap Merah
Nama lain ikan ini  Red Snapper, North American, Genuine Red, Pargo Colorado. Di Jawa Tengah dan Jawa Timur dinamai Kellet, Darongan, Bambangan. Di Jawa Barat dan Jakarta dinamai Kakap Merah, Bambangan. Lain di  Madura menamai ikan ini Posepa. Di Bangka dinamai  Bran,  Bambang. Di Sulawesi Selatan : Bacan, Delise. Sulawesi Tenggara : Langgaria, Gacak. Sulawesi Utara : Lolise. Ambon dinamai Delis, Sengaru, Rae. Di Seram, Maluku dinamai Popika.  Jenis : Lutjanus Campechanus. Ukurannya rata-rata 4-10 kg, dapat mencapai 20 kg lebih. Rekor dunia yang perah tercatat 50 pounds. Karakter dari ikan kakap jenis ini merupakan petarung yang gigih dengan menggunakan kekuatannya, taktik dengan menggoyangkan kepalanya daripada berenang terus menerus. Ikan jenis ini hampir tersebar di lautan di dunia.  Konsentrasi kakap merah terpadat umumnya terdapat di lepas pantai hingga kedalaman 60 meter.
Kakap Cubera
Nama lain ikan ini Cubera Snapper, Cuban Snapper, Cuban Dog, Snapper. Jenis : Lutjanus Cyanopterus. Ukurannya rata-rata 15-25 kg, dapat mencapai 50 kg lebih. Rekor dunia yang pernah tercatat 121 pounds. Karakter dari ikan jenis ini adalah petarung sejati yang memanfaatkan ukuran dan kekuatannya serta semua rintangan yang ada di sekitarnya demi keuntungan untuk perlawanannya.
Kakap Domba
Nama lain ikan ini Mutton Snapper, Muttonfish, Reef King, Pargo. Jenis : Lutjanus Analis. Ukurannya rata-rata 2,5-7,5 kg, dapat mencapai 15 kg lebih. Rekor dunia yang pernah tercatat 28 pounds. Karakter ikan jenis ini merupakan petarung yang kuat dikedalam-an, dan dapat menampilkan pesonanya di tempat dangkal atau melarikan diri di permukaan, lalu turun dengan terus menerus untuk kemudian bertahan dengan memanfaatkan kekuatan dan sisi lebar tubuhnya.
Kakap Anjing
Nama lain ikan ini Dog Snapper, Yellow Snapper, Jocu. Jenis : Lutjanus Jocu. Ukurannya rata-rata 1-7,5 kg, dapat mencapai 15 kg lebih. Rekor dunia yang pernah tercatat 24 pounds. Karakter ikan ini adalah Petarung yang kuat.
Kakap Batu
Nama lain ikan ini  Gray Snapper, Mangrove Snapper, Black Snapper, Mango, Caballerote. Jenis : Lutjanus Griseus. Ukurannya rata-rata 1-3 kg, dapat mencapai 10 kg lebih. Rekor dunia yang pernah tercatat 17 pounds. Karakter ikan ini ketika terpancing, kakap batu akan melarikan diri dengan cepat, lalu melakukan pertarungan yang hebat hingga ke sisi perahu.
Kakap Sutera
Nama lain ikan ini Silk Snapper, Yelloweye. Jenis : Lutjanus Vivanus. Ukurannya rata-rata 1,5-2,5 kg, berat maximum tidak diketahui. Rekor dunia yang pernah tercatat 18 pounds. Karakter ikan ini adalah tidak ada pertarungan yang dapat diharapkan, berkat kedalaman laut dan piranti yang tidak sesuai yang biasanya digunakan.
Kakap Ratu

Nama lain ikan ini Queen Snapper. Jenis : Etelis Oculatus. Ukurannya rata-rata 1,5-2,5 kg, berat maximum tidak diketahui. Rekor dunia yang pernah tercatat 11 pounds. Karakter ikan ini adalah  tidak ada pertarungan yang dapat diharapkan, berkat kedalaman laut dan piranti yang tidak sesuai yang biasanya digunakan.
Kakap Sirip Hitam

Nama lain ikan ini Black Snapper, Blackspot, Bahamas Red Snapper. Jenis : Lutjanus Buccanella. Ukuran rata-rata 1,5-2 kg, dapat mencapai 5 kg. Rekor dunia yang pernah tercatat 7 pounds. Karakter ikan ini adalah petarung yang kuat seperti jenis kakap lainnya.
Kakap Ekor Kuning (Wakung Sawo)
 Nama lain ikan ini Yellowtail Snapper, Flag, Tail, Rabirubia. Jenis : Ocyurus Chrysurus. Ukurannya rata-rata 0,5-1,5 kg, dapat mencapai 4 kg. Rekor dunia yang pernah tercatat 8 pounds. Karakter ikan ini adalah ikan petarung yang seru untuk kelas piranti yang berimbang dengan berat ikan, dan merupakan yang terbaik diantara ikan-ikan karang lainnya. Karena kebanyakan terpancing dekat permukaan, jenis ini biasanya akan melarikan diri dengan kuatnya. Ekor Kuning sangat ahli dalam hal memutuskan tali pancing pada pinggir tebing karang, atau pada karang yang menjulang tinggi.
Kakap Vermillon
Nama lain ikan ini Vermillion Snapper, Beeliner, Mingo, Cajon. Jenis : Rhomboplites Aurorubens. Ukurannya rata-rata dibawah 0,5 kg, bisa mencapai 2,5 kg.  Rekor dunia yang pernah tercatat 7 pounds. Karakter ikan ini bukan gamefish. Kebanyakan terpancing dengan piranti besar pada kedalaman.
School Master
Nama lain ikan ini Barred Snapper, Caji. Jenis : Lutjanus Apodus. Ukurannya rata-rata dibawah 0,5 kg, bisa mencapai 3-3,5 kg.  Rekor dunia yang pernah tercatat 4 pounds. Karakter ikan ini setara dengan jenis kakap lainnya untuk ukuran yang sama.
Tanda-tanda
Nama lain ikan ini Mahogany Snapper, Ojonco. Di daerah saya Cirebon ikan jenis ini sering dijumpai pemancing, biasanya mendiami rumpon. Di Cirebon biasa dikenal dengan sebutan Ngangas. Jenis : Lutjanus Mahogoni. Ukurannya 1,5 kg. Rekor dunia tidak ada. Karakter ikan ini cukup baik seperti halnya kakap kecil lain.

Sumber :
Borneo Fishing Club-Jenis-jenis ikan Kakap diakses tanggal 24 Januari 2011
Fishyforum.com-Jenis Ikan Populer - Kakap Merah (Red Snapper) diakses tanggal 25 Januari 2011

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6