HyperOS Xiaomi or Redmi on Redmi Pad

Saya termasuk pemilik atau pengguna smartphone dari brand Xiaomi atau Redmi. Sudah cukup lama saya menggunakan smartphone dari brand ini, terutama sejak zaman smartphone mulai ramai dipergunakan banyak orang.

Memang bukan jadi yang pertama. Mungkin kalau nggak salah dimulai sejak saya lepas dari penggunaan BlackBerry. Mungkin juga dimulai sejak sistem operasi Android diperkenalkan, saya lupa kapan tahunnya, satu hal yang saya ingat smartphone layar lebar yang saya miliki pertama kali adalah Samsung dengan Galaxy Chat, lalu kemudian ke brand Haier karena bundling dengan Smartfren, lalu akhirnya mengenal Xiaomi dan bertahan hingga saat ini.

Smartphone Xiaomi pertama saya adalah Redmi Note 3, waktu itu saya dapat Smartphone ini dari online shop tapi bukan basis resmi yang dijual di Indonesia melainkan dari global market, sehingga banyak sistem operasi yang digunakan berbasis global bukan basis yang ada di Indonesia, hingga saat itu saya memang kesulitan mendapatkan update OS yang sesuai dengan pasar Indonesia. 

Lalu akhirnya saya mulai berganti ke Redmi Note 4 Pro. Seri yang saya miliki ini merupakan seri Redmi yang dijual resmi di Indonesia. Cukup lama saya menggunakan smartphone tipe ini sebelum akhirnya berganti ke Redmi Note 9 Pro. Kemudian saya sempat membeli smartphone Redmi Note 10 5G dan yang terakhir saya punya Redmi Pad.

Dari ke semua smartphone Xiaomi yang saya miliki rata-rata menggunakan sub-brand nya yakni Redmi. Pada awalnya Xiaomi dan Redmi adalah satu perusahaan sebelum akhirnya Xiaomi membuat Redmi menjadi subrand-nya, selain Pocco.

Sejak awal Xiaomi menggunakan sistem operasi berbasis Android Google yang dimodifikasi menjadi OS MIUI. OS MIUI terus berkembang mengikuti perkembangan update dari Android Google. Jadi OS MIUI merupakan OS customize dari Android Google. Sampai akhirnya Xiaomi menggembangkan basis os-nya sendiri yang dinamakan HyperOS.

HyperOS kejutan Xiaomi ini rilis pada tahun 2024, smartphone terbaru Xiaomi sudah mendapatkan dukungan OS terbaru ini, tetapi smartphone yang dirilis sebelumnya mendapatkan update HyperOS secara bertahap.


Seperti smartphone Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 10 5G saya miliki sampai saat ini belum mendapatkan update OS terbaru Xiaomi ini. Hanya Redmi Pad yang mendapatkan jatah hyper OS.


Hingga saat ini saya belum bisa membedakan MIUI dengan HyperOS, tapi yang jelas saya senang karena Xiaomi sudah mengembangkan OS nya sendiri meskipun Masih Ada kemiripan dengan basis yang dimiliki Android Google. Secara tampilan pun tidak jauh berbeda dengan MIUI sebelumnya. Wajar saja karena saya bukan IT atau reviewer smartphone paham detail perbedaan antara OS satu dengan yang lain.

Redmi pad yang saya miliki mendapatkan update HyperOS pada bulan April 2024. Untuk versinya adalah 1.0, lengkapnya adalah 1.0.1.0.ULYIDXM. besaran update sebesar 4,2 GB. Hingga saat ini saat postingan ini dibuat belum ada update terbaru dari HyperOS. Sudah 2.0 versi terbarunya. Mungkin untuk smartphone terbaru Xiaomi sudah mendapatkan versi ini, tapi buat smartphone versi terdahulu mungkin akan dinomor sekiankan untuk updatenya. 

Bagaimana dengan kalian pengguna Xiaomi atau Redmi yang sudah mendapatkan OS terbarunya? Apakah lebih menyenangkan dengan OS terbaru atau sama saja seperti MIUI yang sebelumnya? 

Kalau saya sih untuk OS mau pakai apa saja tidak masalah asalkan ketika ada update terbaru itu memang ada penambahan fitur yang berarti, tapi kalau hanya sekedar update security path, buat saya sih tidak ada gunanya karena tidak ada manfaat yang bisa dirasakan.

Baiklah segitu saja sharing yang bisa saya bagikan kali ini, sebenarnya ini postingan saya buat harusnya dibulan April, tapi belum sempat saya lakukan, baru bisa dibulan Juli ini saya posting posting-an ini. Soalnya waktu bulan April saya sibuk touring acara mudik lebaran. Baru sekarang agak sela dan kebetulan saya menemukan fitur baru dari Google keyboard, dimana Saya tidak perlu melakukan ketik manual di keyboard, hanya cukup bersuara dan keyboard akan mengetik otomatis, saya jadi punya kesempatan untuk membuat postingan ini.

Sampai jumpa di postingan berikutnya ketika nanti Redmi Pad ini mendapatkan dukungan update HyperOS versi 2.0. Karena waktu postingan ini diketik saya menggunakan Redmi Pad. Ataupun misalkan nanti Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 10 5G saya mendapatkan update terbaru HyperOS maka akan saya update juga di blog ini. Keep blogging and keep consistent. -cpr

#onedayonepost
#postingpribadi
#hyperos
#xiaomi
#redmi
#redmipad
#redminote9pro
#redminote105g

Posting Komentar

0 Komentar