Servis SiDat Tahun 2023, Lagi² Cuma Bisa Sekali Setahun

Akhirnya tahun 2023 ini saya bisa membawa Datsun partner saya ini servis. Apa daya saya hanya mampu membawanya servis ke 'beres' setahun sekali.

Servis kali ini sebenarnya sudah lewati batas seharusnya yang direkomendasikan, yakni 6 bulan atau kilometer 56.000. Maklum soal budget anggaran saya yang masih terbatas.

Pas kebetulan ada pesan dari Nissan Sidoarjo, kalau ada promo servis diskon hingga 40% bertajuk Service Festival, yang berlangsung 1 - 30 November 2023. Saya akan memanfaatkan momen ini, kebetulan masih awal bulan, karena kalau sudah pertengahan pasti akan banyak pengeluaran. Saya takut biaya servisnya bengkak, soalnya beberapa waktu terakhir Datsun saya ini seperti kurang prima, kalau kata teman saya, sepertinya pengapiannya gak stabil, jadi seperti ndut-ndutan gitu ketika rpm rendah.




Sekalian saya mau membuktikan promo servis ini, apakah sesuai dengan posternya ini yang disebarkan via WA ke jaringan kontak customernya Nissan?

Sesuai, jadi promonya memang ada, dan memang ada postingan diskon untuk biaya jasa, ya mengikuti paket. Hanya saja kalau lihat dinota bill ya ada potongan harga yang cukup lumayan. Terima kasih Nissan dan Indomobil group.

Kalau melihat paketnya, menyesuaikan dengan kilometer, Datsun saya ini ikut Paket Gold, tapi karena melihat lansiran Datsun saya ini 2018, nampaknya paketnya diarahkan ke Paket Platinum (40K). Total biaya normal Rp 1.425.462,- menjadi hanya Rp 949.000,-.

Angka tersebut belum sama penggantian sparepart ya, yang kemungkinan yang harus diganti antara lain:
✓ Oli mesin
✓ Busi
✓ Filter oli
✓ Filter AC
✓ Engine conditioning
✓ Engine cleaning

Kalau patokan harga tahun lalu kisarannya Rp 943.250,- ini belum diskon ya, kalau lihat dipromo, itu ada diskon hanya untuk oli dan filter saja. Kalau angka kasar, kemungkinan servis nanti habis dikisaran 1800K. Tapi coba kita lihat nanti berapa tagihannya?

Tagihannya dibawah perkiraan awal, jadi beruntung lah gak sia² ikut promo ini. Jadi bisa buat subsidi silang ganti beli aki kemarin.

Seperti biasa, service di beres Nissan itu disarankan untuk booking dulu. Biasa saya pakai aplikasi, tapi kali ini tidak. Saya pakai chat WA ke admin dealer untuk daftarkan booking service.


Oh ya, sekedar cerita, beberapa waktu lalu, menjelang akhir Oktober 2023, aki mobil mati total, wayahe purna tugas. Akhirnya kemarin itu saya beli aki baru, tukar tambah dengan aki lama habis bayar Rp 725.000,-. Alhasil aki saya sudah aman untuk saat ini.

Saya mutuskan ganti di luar beres, soalnya kalau di beres gak bisa tukar tambah, dan saya pasti akan bayar dengan harga lebih mahal. Tahu sendiri kalau di beres, untuk air aki 'biru' bayar 20K, sedangkan saya beli diluar hanya 10K untuk merk yang sama yakni Yuasa.



Pagi ini, 3 November 2023 saya start berangkat ke Nissan Sidoarjo pagi hari, saya berangkat seperti layaknya pergi ngantor, supaya saya bisa dapat antrian yang awal.

Saya tidak tahu juga, bookingan saya dapat nomor berapa. Tapi saya punya kebiasaan selalu awal untuk servis, supaya bisa lebih awal selesai.

Tahun lalu dan tahun² sebelumnya saya servis di Nissan Malang, tapi karena promo servisnya di Sidoarjo ya sudah mau gak mau saya ke sana untuk service.

Terakhir saya servis di Sidoarjo ini adalah ketika tahun 2019. Mungkin di Desember 2019, saat itu saya sudah mulai stay live in Jawa Timur. Beres yang saya pilih awal itu ya di sini. Mungkin karena sudah lama gak servis di sini, promo ini memanggil saya untuk ke sana lagi. Soalnya saya gak begitu nyaman di kota ini, walaupun di Malang saya juga gak punya kenangan baik. Tapi masih lebih baik ke Malang.

Jadi ternyata kenapa saya bisa dapat WA blast promo ini adalah karena si admin bengkel ini menarik data customer jauh ke belakang, ke tahun 2019 dimana data saya terdaftar di sana. Nah pas banget, karena itulah kontak WA saya dapat info promo ini. Katanya 10.10 itu juga ada promo oli.

Jadi sebenarnya mau ikut servis yang di Malang atau Sidoarjo bebas² saja sih, mana saja bisa, karena ini promo menyeluruh disemua dealer Nissan.


Tiba di beres Nissan Sidoarjo sekitar pukul 07:50, di pos diberikan map untuk pendaftaran servis. Lalu si mobil di parkirkan di tempat tunggu servis.


Kemudian saya masuk ke lobi pendaftaran servis, kebetulan karyawannya masih belum datang, jadi sepi. Saya lihat, nama saya ada dinomor urut booking pertama. Senangnya, melihat hal itu, nama kita ada diurut awal, sayangnya bukan saat seleksi masuk CPNS gitu šŸ¤­ #ngarep.

Kalau bisa lihat, itu di papan nama saya tertulis paling atas, karena saya booking di awal kemarin sebelum hari ini datang.

Suasana bengkel dan dealer Nissan Sidoarjo nampak berubah, ya lebih fresh aja dengan tambahan display unit motor listrik dan sepeda listrik brand Yadea dibawah bendera Indomobil.


Di halaman parkir terdapat beberapa unit motor listrik dan sepeda listrik Yadea terparkir, ada pula unit test ride nya.

Di lobi utama terdapat display unit mobil KIA dan beberapa unit motor listrik dan sepeda listrik Yadea juga. Menambah ramai view sebuah dealer otomotif.



Saya sendiri sempat berkeliling lihat² unit motor listrik dan sepeda listriknya langsung, biasanya saya hanya lihat unitnya dari sosial media Instagram, kini bisa pegang langsung unitnya. Sempet juga dikasi brosur harganya.

Ada sih keinginan memiliki, tapi dengan melihat harganya koq jadi mundur. Jujur saja memang unit ini build qualitynya terbaik lah, garansinya 2 tahun untuk motor dan baterai, tentunya jaminan dealer Yadea ini dibawah Indomobil grup, itu yang jadi jaminan purna jualnya. Lihat nanti saja, soal fungsionalnya bagaimana, karena saya rasa berat harus mengeluarkan dana untuk cicilan lagi dalam 1-2 tahun ke depan.


Setelah jam 8, saya sudah dipanggil ke meja pendaftaran dan memulai proses registrasi. Sekalian dijelaskan soal promo yang diberikan itu ternyata sudah include sparepart lho. Jadi paketannya yang saya sebutkan di paragraf awal² itu sudah include dengan part, seperti filter oli, AC dan busi juga, bahkan seal plug oli juga sekalian diganti.

Saya hanya nambahkan biaya buat engine cleaning, dan entah tambahan lainnya apa setelah pengecekan menyeluruh nanti.

Kilometer mobil saat masuk ke sini adalah 58.109 km. Sedangkan jadwal seharusnya servis adalah 56.000 km. Kalau bdk. histori servis terakhir di Desember 2022 itu masuk ke bengkel di 46.000 km. Jadi saya ada kelebihan 2000 km tanpa servis #parah šŸ„².


Setelah pendaftaran selesai saya menuju ruang tunggu, dan beginilah suasana ruang tunggunya, saya cari ruang berAC karena saya sangat merasa gerah sekali, panas banget di luar ruang tunggu, hawanya gerah/ panas.

Ada TV, AC, sofa dan kursi tinggi untuk view arah ruangan bengkel, kalau mau lihat mobil kita dijamah mekanik.

Ini meja untuk kopi teh dan jajanan buat menemani waktu tunggu kalian di bengkel resmi. Sebuah layanan standar yang pastinya ada ditiap bengkel resmi mobil. Kalau motor sih gak yakin ada, kecuali motor² gede.

Ngopi apa ngeteh nih?


Akhirnya ngopi + Milo, gara² gak bisa pakai dispenser ya šŸ¤­. Jadi ni dispenser dari Netsle, nah ini saya coba rekan air panas gak keluar². Kopi sudah saya tuang ke cangkir, nah air panasnya gak tau koq gak bisa keluar air, iseng lah saya pencet tombol Milo, eh keluar itu Milo panas šŸ˜…, alhasil jadinya kopi Milo deh.


Entahlah, saya gaptek kali pakai dispenser canggih seperti ini.


Setelah menunggu beberapa waktu, akhirnya servisnya selesai juga. Total waktu menunggu adalah lama.

Nah biaya² yang dikeluarkan apa saja bisa dilihat dirincian di bawah ini, saya coba rincikan dari nota bill servis kali ini.

Jadi total biaya servis yang saya bayarkan kali ini Rp 1.203.628,- (include PPN), kalau tanpa PPN jadi Rp 1.084.360,-. Sebenarnya, biaya servis yang harus saya bayar tanpa diskon Rp 1.471.400,- tapi berhubung ada diskon Rp 387.050,- makanya angka yang saya bayar gak semahal itu.

Rinciannya apa saja, bisa dilihat di bawah ini:
Sparepart
$ Gasket pil & plug Rp 17.500,-
$ Plug spark/busi 3 pcs @43.000,- total Rp 129.000,- ( include 15,20%)
$ Oli filter @30.000,- total Rp 30.000,- (include 12%)
$ Filter udara @85.000,- total Rp 85.000,- (include 38,98%)
$ Filter AC @75.000,- total Rp 75.000,-
$ Clip bemper 4pcs @6.500- total Rp 26.000,-
$ Oli mesin 10w-30sp 3btl @97.500,- total Rp 292.500,- (include 25%)
$ Brake oil dot-3 /2 liter 2pcs @78.000,- total Rp 158.000,- (include 21,40%)
$ Engine cleaning Rp 215.000,-

Jasa
$ Service Rp 448.400,- (include 50%)

Kalau dari lihat angkanya ya, entah itu harga diskonnya sesuai apa tidak ya, dalam arti masuk akal gak gitu. Kalau dibandingkan dengan harga tahun lalu sih ya masih masuk.

Tapi saya bersyukur bahwa Datsun yang saya punya ini biaya jajannya gak banyak, dan dia gak merepotkan saya. Jika kemarin aki soal memang salah di saya yang kurang perawatan juga dan memang wayahe ganti. Ketikapun dia mogok kemarin itu dia sudah sangat baik mogok di lokasi yang tidak menyulitkan saya. Pokoe terbaik lah dia.

Mudah²an 6 bulan kedepan saya bisa bawa dia servis lagi, seiring ekonomi saya yang bisa lebih stabil, mudah²an, coba kita lihat ceritanya ke depan bagaimana.

Servis selesai dan saya meninggalkan dealer sekitar pukul 13:30, lama sekali. Iya karena potong shalat Jumat, jadi ya ngalahi, sambil kerja juga nunggunya.

Hmm, habis servis itu rasanya enak banget. Ini rasanya itu seperti merokok batang pertama dari bungkus yang pertama kali dibuka. Kalau serupa rasa ketika masih mobil baru, hmm rasanya gak deh. Karena kalau mobil baru, itu rasa barunya paling optimal itu 7-14 hari, setelahnya rasanya biasa.

Apalagi habis servis itu pasti mobil dicuci bersih, itu makin membuat seger. Filter AC baru, kemudian juga diberikan sesuatu membuat aromanya makin segar saja.

Tuas perseneling, kopling, tombol jendela, stir, pedal rem, door lock semuanya berasa 'menggigit', pokoke enak rasae kaya 'prawan' manten anyar.


Oh ya, sebelum pulang, masih ada PR lagi untuk servis ke depannya, ini optional sebenarnya, apa saja itu?

#1 Ganti engine mounting sebelah kanan
Estimasi harga ya bisa lihat dibawah ini. Sebenarnya belum terasa masalahnya, katanya ada getaran berlebih, tapi buat saya tidak begitu terasa.


#2 Remot alarm mobil satu set
Nah ini masalah safety, harus ganti satu set karena remotnya rusak. Jadi harus ganti semua sistem remoting alarmnya.


#3 Ganti ban all set (include serep)
Karena ban nya sudah mulai tipis dan ada ban serep yang sudah sobek, maka ini harus diganti semuanya. Rencana inginnya satu set ini ganti velg sekalian.


Begitulah kira² catatan servis Datsun tahun 2023 ini, semoga mobil ini bisa lebih prima dan bisa jadi partner of crime dibanyak situasi ke depan.


Untuk tahu catatan servis tahun 2022 bisa baca dilink tautan terlampir di atas, untuk membandingkan biaya dan apa saja yang diganti ketika itu.

Sampai jumpa dicatatan servis periode berikutnya. Semuanya bisa dibaca di Naturality Channel, keyword "Datsun", "SiDat", "servis". -cpr

#onedayonepost
#service
#otomotif
#bengkelresmi
#informasi
#umum

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Berikut rincian perbandingan harganya:
    ✓ Harga busi masih sama dulu dan sekarang, tapi yang sekarang seolah-olah dibantu dengan diskon.

    ✓ Filter elemen udara emang ada Kenaikan, dulu Rp 81.000,- sekarang jadi Rp 85.000,- itu seolah-olah kebantu diskon, aslinya bisa lebih mahal.

    ✓ Filter oli dulu Rp 39.000,- sekarang jadi Rp 30.000,-.

    ✓ Oli mesin dulu Rp 262.500,- sekarang Rp 292.500,- ini ada naik, kalau gak ada diskon bisa lebih mahal lagi.

    ✓ Engine cleaning tetap harganya.

    ✓ Jasa cek engine dulu Rp 321.750,- sekarang Rp 448.400,- ini bisa separuh harga potongan ya, karena jasanya diincludekan di sini semua.

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6