Update Whatsapp GB Pro v17.55 #telatupdate

Bener² deh ini pengembang WhatsApp GB ini bikin ketar-ketir last minute. Emang sih bahaya banget saya pakai WhatsApp gak resmi seperti ini.

Why?

Soalnya data chat dan histori chat yang ada di aplikasi gak resmi ini akan hilang semua, sedangkan histori chat sangat penting buat saya. Karena di sana semua histori² tersimpan, ketika mau telusur ketika esok ada masalah dan saya lupa, histori chat sangat membantu.

Sudah tahu ini gak resmi tapi masih dipakai, itu kan cari penyakit!

Memang betul, resiko terus menghantui saya karena jika suatu saat si pengembang ini diblokir aksesnya dan tidak melakukan update lagi, wasalam. Apalagi ini dia pengembang gratisan, yang saya juga gak membayar, ini akan sangat beresiko si pengembang leave out gitu saja.

Seperti yang saya bilang pada post serupa dikesempatan lain, saya jujur memang gak puas dengan pengembang aplikasi yang resmi. Gak ada kreatifitasnya sama sekali.

Hari ini tanggal 20-10-2023 developernya rilis update, 9 jam lalu dari jam 19:55 ketika saya buat post ini.

Dengan aplikasi gak resmi saya bisa dapatkan yang saya perlukan saat ini. Apa saja itu bisa dibaca pada post saya sebelumnya ya.


Hari ini saya dibuat ketar-ketir, ketika load pekerjaan lagi hetic, eh WhatsApp nya kadaluarsa karena gak ada update terbaru. Alhasil saya gak bisa buka aplikasi ini sama sekali, tampilannya seperti yang kalian lihat di bawah ini.

Aplikasi gak bisa digunakan sama sekali, jika pilih unduh malah dialihkan ke aplikasi resmi, wah bisa hilang semua chat histori saya. Jadi saya gak memilih cara itu. Saya update via jalur lainnya. Backdate dulu sih sebelumnya.

Untungnya aplikasi WhatsApp web nya masih bisa saya gunakan komunikasi. Hanya saja ketika buka dari smartphone tidak bisa diapa-apain.

Stres tingkat dewa, soalnya tahu sendiri atasan saya ini sudah tahu saya pakai aplikasi WhatsApp gak resmi dan beliau sudah pernah komentar, apalagi kalau ada trouble begini, paling tahulah apa reaksinya.

Sebelumnya saya baca, ketika mengalami masalah update, dan terlanjur sudah terblokir, yang harus dilakukan adalah melakukan setting backdate.

Karena memang update kali ini sangat terlambat, terakhir post twit itu tanggal 21-08-2023, baru ngetwit lagi 29-09-2023 itu dia suruh kita sabar menunggu publish updatenya. Eh baru tanggal 19-10-2023 ada twit lagi kasi info kalau dia terlambat, bagi yang sudah expired sejak tanggal 17, disuruh sering backdate. Barulah tanggal 20-10-2023 update rilis. 2 bulan kita menunggu updatenya #gilalama


Pas disaat yang sama saya lihat ada update di akun X nya si pengembang, langsung saya download dan langsung instalkan di smartphone RN105G dan hasilnya aman terkendali.

Kemudian saya juga instalkan di RN9Pro yang jadi smartphone utama dan urusan kerjaan yang lebih dulu ngalami 'pembekuan' karena expired date. Pas mau install memory penuh. Hapusin file² dulu, akhirnya setelah terhapus, sudah diinstal namun hasilnya masih sama. Triknya akhirnya dengan membackdate tanggal ke sehari sebelumnya, lalu baru setelah backdate barulah saya lakukan update aplikasi dan berhasil. Baru setelah itu saya kembalikan tanggal ke kondisi semula.

Alhasil saya terselamatkan kali ini, saya sudah khawatir saja semua chat saya hilang.


Lalu update apa saja yang diperoleh pada versi kali ini, v17.55. Sejujurnya saya gak begitu paham apa yang berubah, namun melihat tampilannya itu ada beda.

Ini tampilan default dari WA GB Pro RN105G, beda dari default interface yang versi sebelumnya.

Seperti yang kalian lihat di bawah ini, tampilan interfacenya defaultnya seperti itu, padahal saya gak merubah seting apapun.

Tambahan lainnya yang saya temukan adalah soal mengirimkan file foto yang kualitas HD. Pada WhatsApp resmi cara ini sudah bisa dilakukan beberapa waktu yang lalu, mungkin selang 3-4 week yang lalu.

Sedangkan bagi pengguna WhatsApp gak resmi seperti saya ini baru bisa merasakan sekarang.

Memang si pengembang aplikasi gak resmi ini tengah sibuk, wajar dan bisa dimaklumi dia mengerjakan aplikasi gak resmi secara gratis dan cuma² untuk kami² ini customer pengharap gratisan. Meski begitu sampai sejauh ini saya masih setia menggunakannya, walau dapat update terlambat.

Ini SC saya ambil dari dokumentasi pribadi, mau nyoba sent gambar dengan kualitas HD. Dulu gak ada itu icon HD di sana, update terbaru baru ada.

Lihat itu digambar yang saya bagikan di atas, lihat tanda panah hijau, itu adalah tanda pilihan untuk mengirimkan gambar dengan kualitas HD.

Soalnya kan WA itu terkenal sejak dulu kalau kirim file foto selalu dikompres secara otomatis, kini mau berbagi gambar kualitas terbaik gak perlu khawatir kompres otomatis karena file yang dibagikan itu originalnya.

Ada hal lain yang baru, kalau sebelumnya 'toast contact online' itu bisa ada notifikasinya, jadi akan muncul ketika beberapa kontak yang dipilih online akan muncul notif. Saya pakai ini sejak lama dan ini jadi alasan saya pakai WhatsApp gak resmi ini.


Nah kini ketika status kita dilihat oleh orang lain, maka akan muncul notif siapa yang melihat status kita, dan akan muncul dalam rupa toast contact gitu. Setingan nya ada pada Layar Beranda (kebetulan saya menggunakan bahasa Indonesia).

Pembaharuan lainnya saya gak tahu, tapi kalian bisa lihat list nya dibawah ini ya.


Hanya itu yang saya bisa lihat dan saya ketahui, mungkin bagi yang lebih paham IT dan ngulik akan tahu lebih detail apa saja pembaharuan diversi saat ini.

Baiklah segitu saja yang bisa saya bagikan dipost kali ini, sekalian update informasi rutin terkait pembaharuan dari aplikasi WhatsApp gak resmi.

Sampai jumpa dipost selanjutnya entah kapan lagi pembaharuan rutinnya, akankah saya dibuat ketar-ketir seperti hari ini? -cpr

#onedayonepost
#postingpribadi
#informasi
#komputer&gadget

Posting Komentar

0 Komentar