Memulai Hobi Baru, Menanam dan Merawatnya

Saya sekarang lagi mau mencoba mengenal hobi baru, hubungan dengan pertanaman, mulai menanam tanaman² untuk dinikmati hijaunya.

Jujur saja saya sejak awal ini tidak bisa menikmati soal tanaman, entah apa sih yang bisa dinikmati dari tanaman itu. Kan ada yang suka berkebun bunga, tanaman² hias dsb., setiap melihat mereka yang menekuni hobi tanaman itu saya sering bertanya, apa sih yang dinikmati?

Jika hewan peliharaan mereka kan masih merespon apa yang kita lakukan, tapi tanaman kan hanya diam, bersuara saja tidak, bergoyang pun kalau ketiup angin saja. Lalu dari mana coba interaksinya?

Akhirnya saya mencoba ingin tahu apa sih kenikmatan berkebun atau mendekatkan diri dengan tumbuhan ini. Hari ini pas kebetulan libur saya hunting beberapa tanaman.


Untuk memulai, saya memilih tanaman yang bisa bermanfaat, jadi saya pilih cabe dan jeruk untuk nyambel.  Plus satu jenis tanaman hias untuk mengusir atau menakuti ular supaya gak datang berkunjung ke rumah.

Ini tanaman jeruk sambelnya.

Ternyata setelah mencoba berkebun, menanam, mengolah tanah ke pot, dan setelah nampak hasilnya tanaman terpajang di pot, baru saya mulai merasakan sensasinya. Hijau² dari tanaman itu membuat hati senang.

Ini tanaman cabe rawit.

Apalagi ketika kita mulai menyiram tanaman, membersihkan daun² nya dari tanah atau kotoran² yang mengganggu.

Soalnya tanaman yang saya mau rawat ini kan rawan serangan hama. Kalau cabe itu biasanya hamanya adalah semut, semut hitam atau semut kecil² seperti semut gula. Biasanya indikatornya itu adalah rumah² semut seperti serbuk putih yang bersarang dibalik dedaunan si tanaman cabe.


Ternyata hama serbuk² putih itu juga saya temukan di tanaman jeruk, jadi pas tanaman semua itu terpajang di pot, saya mulai semprot dan bersihkan perlahan dengan tangan, nah proses inilah yang ternyata memberikan sensasi tersendiri. Inilah mungkin yang jadi kepuasan hakiki.

Setelah semua tanaman bersih, daun² nya bersih, dan segar juga karena habis disemprot air, terus duduk memandangi tanaman² itu hati itu jadi adem, tenang dan ada rasa kepuasan tersendiri.

Sebenarnya inginnya tanaman seperti jeruk dan cabe ini ditanam di tanah supaya bisa lebih subur dapat nutrisi yang lebih luas. Namun lahan di belakang rumah ini sudah paving blok, jadinya akses ke tanah agak sulit. Jadi ya sementara ini untuk percobaan merawat saya masih gunakan pot dulu.


Ini tanaman lidah mertua, sama juga dengan foto di atas, hanya dibedakan pot saja, rencana satu taruh di depan rumah dan satu di halaman belakang rumah, supaya ular takut katanya.

Ya masih terlalu dini mengambil kesimpulan, ini baru hari pertama dan saya akan coba menekuni dan menikmati hobi baru ini. Tentunya, kali ini hobi saya tidak dipengaruhi siapapun, ini murni dari hati untuk mempersiapkan masa tua.

Segitu dulu, sampai jumpa dipostingan lainnya lagi, jika ada update lainnya akan saya tuliskan dipostingan berikutnya, sementara segini dulu ya. Happy farming. -cpr-

Posting Komentar

0 Komentar