Ini Lho Perbedaan TWS dan EarBuds, Sekilas Sama

Postingan ini didedikasikan untuk saya sendiri, yang menganggap dua periperal/ gadget kekinian ini adalah sebutan yang sama, padahal meski nyaris serupa tapi sebenarnya berbeda lho!

Saya sendiri sudah salah kaprah dalam postingan diblog saya yang lain, ketika saya share habis beli gadget baru. Sebenarnya earbuds namanya, tapi dipostingan itu saya tuliskan TWS.

Ilustrasi, gambar diambil dari Google.

Postingan ini adalah untuk meluruskan postingan tersebut, meski saya gak membetulkannya, pembetulan dan informasi ralat saya isikan dikolom komentar saja.


Jujur saja sebelumnya saya memang tidak tertarik menggunakan gadget tersebut, saya lebih suka dan nyaman menggunakan headphone ala² pilot pesawat tempur atau penyiar radio atau musisi yang mau rekapan di dapur rekaman. Saya nyaman aja pakai gadget itu, ya sambil berimajinasi jadi 'pilot' atau 'penyiar radio' misalnya.

Tapi seiring waktu jaman terus berkembang, saya gak bisa saklek dengan selera jaman dulu, akhirnya saya memutuskan mencoba punya. Dan yang saya pilih adalah earbuds, padahal ketika beli saya menganggapnya sebagai TWS.

Sebelum menganggap keduanya berbeda, harus paham dulu sama kedua gadget kekinian itu.

Karena secara umum keduanya punya fungsi yang sama, yakni sama² sebagai perangkat audio portabel. Artinya bisa dibawa kemana-mana, praktis, tidak seperti speaker. Walaupun saat ini banyak speaker² aktif yang ukurannya kecil dengan kualitas mumpuni tapi bisa dibawa kemana-mana.

Selain fungsinya, bentuk antara TWS dan earbuds mirip², sama² kecil, digunakan langsung terpasang ke telinga, seperti earphone pada masanya. Keduanya sama² gadget nirkabel, menggunakan koneksi yang sama yakni bluetooth.


✓ TWS itu merupakan singkatan dari true wireless stereo. Gadget ini mampu menghantarkan suara tanpa perantara kabel atau nirkabel dengan kualitas stereo. 

✓ TWS mulai dikenal tahun 2015 saat koneksi bluetooth mencapai versi 5.0. Dimana konektivitas bluetooth sudah semakin meningkat, dapat menghubungkan gelombang suara / audio dengan minum delay dan kualitas suara yang lebih nyata.

✓ TWS hanya dapat difungsikan nirkabel, atau hanya menggunakan koneksi bluetooth saja.

✓ TWS dilengkapi dengan teknologi speaker yang dapat berfungsi secara independen sekaligus bersamaan.

✓ Desain TWS terdiri dari dua jenis, yaitu TWS gagang memanjang ke bawah dan TWS tanpa gagang (hanya dudukan untuk diletakkan di telinga).

✓ TWS juga dilengkapi dengan kotak yang berfungsi untuk menyimpan sekaligus mengisi daya baterai pada masing-masing earphone.


✓ Earbuds ini masih sekerabatan dengan earphone. Kalau design earbuds itu lebih pas ke lubang telinga, sedangkan earphone ini umumnya terbuat dari plastik tanpa tambahan karet sehingga earphone ini lebih mudah lepas dari telinga.

✓ Awalnya earphone yang berkembang masih menggunakan kabel, lalu beragam jenis earphone muncul, dari yang design nya ada cantelan ke telinga, hingga yang tidak, dulu designnya hanya plastik, ada terkadang tambahan busa hingga karet  untuk membungkus badan speaker supaya nyaman ke telinga.

✓ Seiring waktu berkembang ke model pentolan seperti earbuds yang saat ini ada, meski dulu ya masih pakai kabel untuk perantara audionya. Kalau saat ini, mayoritas earbuds nirkabel, yakni menggunakan konektivitas bluetooth.

✓ Earbuds didesign untuk ngepas dilubang telinga, sehingga tidak mudah lepas dari telinga. Tapi balik lagi tergantung masing² telinga ya. Karena pengalaman saya, masih sering lepas juga sih, padahal sudah saya ganti² itu karet buds nya, tetap saja masih mudah lepas.

Jadi setiap pembelian earbuds ini disediakan tiga ukuran karet buds nya, yang satu jelas bawaan di alatnya, dua lagi itu sebagai additional dalam paket pembelian. Ukurannya itu small, medium dan big. Tinggal menyesuaikan dengan lubang telinga penggunanya masing².

✓ Speaker kanan dan kiri earbuds saling terhubung dan tidak mendukung penggunaan terpisah.

✓ Adapun desain earbuds sendiri umumnya sangat kecil dan pas di lubang telinga.


(*) Jika yang saya punya ini earbuds, tapi pada kenyataannya bisa digunakan secara independen, jadi jika saya gunakan sebelah saja entah kiri atau kanan bisa lho. Hmm, berarti, gadget yang saya miliki ini sebenarnya earbuds yang mempunyai fungsi seperti TWS. Jadi kalau saya berpendapat, gadget yang saya punya ini adalah earbuds+.

Entahlah, setelah membaca banyak artikel tentang perbedaan keduanya, sepertinya bedanya sangatlah tipis sekali, jadi wajar jika masih saja ada yang salah kaprah mengenai keduanya.

Soalnya produsen gadget seperti ini biasanya menggabungkan kelebihan kedua jenis alat bantu penyalur audio ini. Ya seperti earbuds, yang secara umum sekarang sudah nirkabel dan modelnya nyata² mirip seperti TWS, ada gagangnya juga, tapi produsen menyebutnya dengan istilah buds juga. Itu lah kenapa makin banyak orang bingung untuk membedakan keduanya.

Hanya saja, satu hal yang ingin dibuat simpel untuk membedakannya, biasanya TWS yang umum ya ada gagangnya, ada batangnya, sedangkan earbuds seperti pentulan yang ngepas ditelinga.

Mungkin untuk fiturnya hampir sudah disamakan antara keduanya, jadi yang membedakan adalah modelnya saja, yang satu berbentuk memanjang dengan batang dan satu lagi yang seperti pentol ngepas langsung ke telinga.

Kira² itulah yang bisa saya bagikan dari saya, karena jujur saja hasil hunting informasi soal beda TWS dan earbuds ya sama saja penjelasannya, justru saya malah makin bingung. Namun paling tidak sedikit informasi ini bisa membantu saya membedakan keduanya, supaya gak salah² kaprah amat lah ya.

Sampai jumpa disharing informasi lainnya, semoga bisa bermanfaat. Oh ya, apabila ada yang gak sesuai dan perlu diluruskan bantu komen di kolom komentar ya, supaya bisa diluruskan. -cpr-

Posting Komentar

0 Komentar