Menanti Update WhatsApp Moder

Lama sekali menanti Update terbaru dari aplikasi WhatsApp. Aplikasi resmi WhatsApp originalnya sudah rilis pembaharuan untuk aplikasinya. Memang sih pembaharuan diaplikasi originalnya gak begitu antusias buat saya, karena sebelum itu saya sudah bisa gunakan diaplikasi whatsapp moder.

Pembaharuan terakhir WhatsApp moder yang saya pakai ini ada dibulan Oktober 2022 yang lalu, sampai saat ini belum ada pembaharuan sama sekali. Bahkan notifikasi untuk minta update sudah muncul, karena mungkin ya sudah gak kompatibel dengan WhatsApp original.

Beberapa kali saya dapatkan masalah tidak sinkron ketika pengiriman file doc dari WhatsApp original diterima di WhatsApp moder ini, gak bisa terbuka karena beda versi.

Untung saja bisa disiasati dengan membuka WhatsApp web. Aplikasi WhatsApp saya lebih aktif digunakan untuk bekerja dan untuk memantau aktivitas online si gadis ghosting tukang bohong.

Kalau informasi dari akun sosial media modernya, rencana dipertengahan Desember ini akan ada update terbarunya. Kita lihat saja seperti apa.


Tapi buat saya sih yang penting ada update supaya notifikasi permintaan update ini tidak selalu muncul dan supaya saya tetap bisa menggunakan WhatsApp moder ini.

Jujur saja saya ada ketakutan jika tidak bisa menggunakan aplikasi WhatsApp moder ini lagi. Why?

Beberapa aplikasi original seperti Instagram saat ini sudah memperbaharui security path mereka, sehingga ketika ada aplikasi lain yang mau mendompleng aplikasi mereka itu tidak bisa akses, jika bisa akses dijudge sebagai "phising".

Apa itu phising?

Eits bukan kebelet eek ya, itu 'kephiseng', bahasa Jawa. Kalau ini phising, istilah² dalam dunia peretasan dalam komputer atau internet gitu deh. Tapi mari kita cari tahu makna phising sebenarnya apa.

Sebenarnya istilah phising ini berasal dari bahasa Inggris, tulisannya adalah phishing, yang berarti pengelabuan dalam bahasa Indonesia.

Pemahamannya adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi yang sensitif, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai seseorang atau pebisnis tepercaya melalui komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik atau pesan instan.

Istilah phishing dipublikasikan pertama kali oleh American Online Usernet Newgroup pada 2 Januari 1996 dan mulai dikenal tahun 2004.

Istilah tersebut dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing (memancing) dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna.


Dari pemahaman ini, sebenarnya kuncinya ada pada modernya. Jika modernya ini terpercaya, bisa menjaga amanah saya kira istilah 'phishing' ini gak akan terjadi. Memang ybs. ini jadi menghimpun data dari pengguna, tapi jika data pengguna itu tidak dimanfaatkan untuk tujuan lain maka tidak akan berpengaruh apa².

Kredibilitas moder atau penyedia aplikasi inilah yang harus diperhatikan. Seperti moder WhatsApp ini, apakah bisa dijamin?

Sebenarnya, aplikasi resminya sendiri pun bisa saja melakukan hal negatif. Banyak terjadi kebocoran data pengguna yang kemudian diperjual belikan. Padahal itu resmi lho tapi tetap saja bisa terjadi hal negatif seperti itu.

Hanya saja memang aplikasi resmi pasti akan melakukan judgement pada aplikasi² tidak resmi yang mendompleng aplikasi mereka, intinya sebenarnya adalah kerugian soal copyright, yang kemudian mereka mengatasnamakan judgment 'phishing'.

Pada dasarnya semua aplikasi baik resmi atau tidak, punya potensi melakukan kebocoran data penggunanya. Kembali lagi paling² yang disebutkan adalah oknum orang dalam yang beraksi.


Ya semoga saja aplikasi WhatsApp moder yang update terbaru di Desember 2022 ini segera rilis sehingga saya tetap bisa menggunakan aplikasi WhatsApp yang saat ini saya gunakan (non official).

Nanti ketika update baru muncul akan saya posting diblog saya yang lain, seperti biasa, supaya ada jelas historinya. Sampai jumpa dicatatan saya yang lainnya. -cpr-

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Akhirnya setelah ditunggu, hari ini rilis juga versi v17.20, setelah sempet terhambat beberapa hari dari janji, tanggal 25, mundur 2 hari katanya, 27 eh mundur lagi, dan baru hari ini rilis updatenya. Postingan bahasan itu akan saya bahas dipostingan terpisah.

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6