Update MIUI 13.0.2.0 SKSIDXM Stabil (2,8GB) di Redmi Note 10 5G

Akhirnya hari ini Redmi Note 10 5G yang saya miliki kebagian juga pembaharuan OS MIUI yang saat ini sudah mencapai MIUI #13.

Sebelumnya Redmi Note 10 Pro sudah lebih dulu dapat, adik saya yang punya unit Redmi tersebut kebagian lebih dulu. Saya sempat mencari tahu kapan sih jatah kebagian untuk Redmi yang lain, saya pikir Juli adalah waktunya, tapi ternyata lebih cepat datang. 


Sekedar informasi saja, Redmi Note 9 Pro yang saya miliki saat saya buat postingan ini belum mendapat pembaharuan OS via OTA. 

OS MIUI terakhir dari Redmi Note 10 5G yang saya miliki ini adalah versi 12.5.4, seperti yang bisa dilihat di bawah ini. 

Ini sekedar informasi OS sebelum diupdate seperti gambar di atas ini, sekedar mengingatkan sih. Tautan saat update OS ini terjadi di awal Mei 2022 yang lalu, baca tautan terlampir dipostingan ini. 

Sebenarnya apa sih yang ditunggu dari update ini? 

Saya hanya menunggu dikembalikannya customize font, supaya bisa mengganti font suka² kita. Saya baru menyadari bulan ini ketika saya mau mengganti font itu tidak bisa lagi, tidak ada menunya, padahal sebelumnya ketika saya pertama kali beli hape ini, masih bisa ganti font. Entah sejak kapan menu font ini hilang. 

Katanya di MIUI 13 itu fitur ini dikembalikan dan ada lagi dan saya mau membuktikannya. Menu font hilang ini juga saya dapati di Redmi Note 9 Pro saya. Saya menduga ini sejak update MIUI yang terakhir itu, kalau gak salah pada awal Mei 2022, postingannya bisa dicek di bawah ini. 


Pada update kali ini kalau melihat informasi pembaharuan dari menunya, tertulis seperti yang saya capture di bawah ini. 



Detail² teknisnya saya tidak bisa jabarkan karena saya juga gak begitu paham apa saja yang berubah dan apa yang baru. 


Nanti seperti pembaharuan sebelumnya, ada fitur yang sudah baik sebelumnya karena pembaharuan malah dihilangkan, dan baru menyadarinya saat membutuhkannya. Saya tidak begitu pandai soal gadget, saya hanya tahu sebatas jika saya membutuhkan dan menggunakan fitur itu saja. 

Sekali lagi yang saya butuhkan pada update kali ini hanyalah fitur customize font, supaya dikembalikan seperti dulu, karena saya bosenan dengan font yang itu² saja, apalagi bawaan standar. 

Oh ya untuk update OS kali ini butuh waktu yang sangat lama, dipastikan gunakan wifi saja, karena file updatenya itu 2,8GB. Seandainya pakai kuota normal, paket harian mu bisa langsung ludes, bayangkan saja 2,8GB itu merupakan kuota paket dari provider 3, paket AON paling murah paling ya 2GB, bayangkan buat update ini bisa langsung ludes. 

Ketika saya menggunakan wifi saja ini lama sekali, harus sabar dan extra sabar sekali. Untung saja saat ini duluan yang Redmi Note 10 5G, sehingga bisa gantian. 

Setelah menunggu lama, apa yang saya harapkan tidak sesuai harapan. Menu font tetap tidak ada dan saya merasakan kecewa, tidak ada seru² nya update OS kali ini, karena jujur update yang saya inginkan dan butuhkan tidak ada. #penipu

Entahlah sebenarnya fitur itu adanya pada MIUI 13 versi yang mana sih? 

Untuk update OS pada Redmi Note 9 Pro akan saya bagikan di kolom komentar saja ya, karena kemungkinannya ya sama versinya, hanya beda perangkat saja. 

Segitu saja sharing dari saya untuk jadi catatan histori update OS MIUI, supaya besok² ketika ada update lagi bisa saya compare dan ada historinya. Sampai jumpa diupdate OS selanjutnya. -cpr-

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Pembaharuan yang terasa itu di galery, jadi kita cukup mencubit layar bisa membesarkan list foto, yang paling besar di matrix 3, bisa jadi kecil² gitu.

    BalasHapus
  2. Oh ya soal Font padahal waktu kemarin baru update cek² menu di Font itu gak ada, koq sekarang, lebih tepatnya kemarin cek koq tiba² ada ya, #herman

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6