Mengenal 4 Poke Ball dalam Pokemon Go

Setelah beberapa tahun gak main game ini lagi, terakhir 2018, sekarang saya mulai kembali (baca: memainkannya). Seperti yang sudah saya tulis dicatatan sebelumnya, saya ini bukan gamers, ya hanya orang biasa yang mencari kesibukan yang menyenangkan, tapi gak mendalami.


Kalau orang kebanyakan sukanya game model PUBG, sepakbola dan game² perang, zombie dll., saya justru suka sama game bocah seperti Pokemon Go. Sebelum Pokemon Go saya suka Tamagotchi, pas ada Pokemon Go merasa piara hewan lebih sedikit realistis di dalam game.

Ilustrasi, logo game Pokemon Go. Gambar diambil dari Google. 

Saya main game ini sudah dua periode waktu, yaitu ditahun awal kemunculannya 2016, kemudian 2018 dan 2022 saat ini. Meski begitu saya tak cukup paham betul mengenai karakteristik, item² dan trik² dalam game ini.

Salah satu yang saya mau tulis di sini ya soal pengetahuan atau informasi soal Poke Ball. Tools yang digunakan untuk mengurung atau menangkap pokemon yang kita temukan.

Ada setidaknya saat ini saya menemuka  pat jenis poke ball yang digunakan digame ini, apa saja coba saya jabarkan di bawah ini, informasi ini saya himpun dari artikel tentang Pokemon Go yang rilis 2016 lalu dibanyak media.


#1 Poke Ball Biasa
Ini poke ball yang umum digunakan, warna poke ball nya adalah merah, putih dengan garis hitam. Ini poke ball yang disediakan sejak level 1, dan hampir tersedia banyak di Poke Stop. Poke ball jenis ini bisa menangkap semua jenis pokemon dari yang CP kecil hingga besar.

Ini ilustrasi poke ball, gambar diambil dari Google. 

Ada yang bilang, poke ball ini cocoknya buat nangkap pokemon dengan CP dibawah 200-400, selebihnya bisa gunakan poke ball lain diatasnya (Great Ball dan Ultra Ball).

Mengenai pendapat ini saya gak setuju sih. Sebenarnya untung²an saja, mau pakai bola mana pun ya. Secara kalau main poke ball yang ada walau dibedakan tidak memberikan manfaat signifikan, yang membedakan hanya kelangkaan saat mencarinya saja. Tidak begitu signifikan ketika ketemu pokemon CP besar kita harus menggunakan poke ball tertentu, karena saya pernah menangkap pokemon dengan CP besar pakai poke ball biasa dan tertangkap. Terutama yang penting adalah kita menangkap dimomen yang tepat dan keberuntungan mu 

Menjengkelkan ketika menangkap pokemon ecek², Ratata contohnya dengan CP hanya 74, saya coba pakai Ultra Ball dong, supaya lebih cepat tertangkap, eh nyatanya sampai berkali-kali lolos juga. Dikomen dong, "Makanya nangkepnya pas ditanda lingkaran hijau muncul!" Nah berarti kalau begitu, bukan pada kemampuan poke ballnya tetapi pada timing dan ketepatan lemparan yang mempengaruhi efektifitas tangkapan. 

Jadi, kita akan lebih sering menggunakan poke ball biasa ini dalam tiap kesempatan, dan perbanyaklah di storage bawaan mu, supaya jangan sampai kehabisan saat lagi fight menangkap pokemon yang kamu inginkan.

*Poke Stop itu spot untuk supply chain item kebutuhan para trainer pokemon. Biasanya berada di spot² seperti bangunan rumah ibadah, tugu atau gapura, monumen, covinience store, outlet tertentu yang mudah dikenali dll.


#2 Great Ball
Ini poke ball kedua yang katanya tingkatannya lebih diatas poke ball biasa tadi. Ini katanya cocok untuk menangkap pokemon dengan CP 200-400 ke atas.

Great Ball mulai ditemukan ketika player mencapai level 12. Sebelum itu dimodalin hanya poke ball biasa. 

Ini Great Ball, gambar diambil dari Google. 

Ciri khas poke ball ini berwarna biru, putih dengan garis hitam. Tampilan poke ball ini menarik sih, lebih keren saja sih. Dibagian atasnya ada garis seperti alis ke belakang warna merah. 

Kalau saya gunakan poke ball warna berbeda untuk menyimpan pokemon² yang tertentu, misalnya pokemon yang gak biasa, saya suka pokemon ini buat tarung di gym atau buat fight battle, saya pakai poke ball ini.

Alasannya ya tadi tidak terlalu ada pembeda signifikan dari kemampuan poke ball biasa dengan poke ball Great Ball ini. Semua nampak biasa² saja, yang terpenting adalah lemparan mu tepat sasaran dan pada timing yang tepat untuk mendapatkan "Gotcha".


#3 Ultra Ball
Ini jenis poke ball ketiga, dinamakan Ultra Ball. Punya warna kombinasi hitam dan putih, ada garis berwarna kuning. 

Ini adalah Ultra Ball, gambar diambil dari Google. 

Ultra Ball akan mulai muncul jika karakter kita mencapai level 20, baru bisa menemukan poke ball jenis ini entah dari reward atau dari Poke Stop. 


#4 Rescue Ball
Ini jenis poke ball yang menurut saya baru, karena pada tahun 2016 diawal saya memainkan dan pada tahun 2018 saya memainkannya lagi fitur ini belum ada.

Ini adalah Rescue Ball, tidak bisa diperoleh suka², hanya untuk menangkap Pokemon terjangkit oleh Team Rocket, gambar diambil dari Google. 


Rescue Ball punya warna dominan putih, dengan garis warna merah. Tidak bisa diperoleh secara reguler, hanya saat untuk menyelamatkan pokemon setelah battle dengan Team Rocket. 

Jadi game Pokemon Go pada update terbarunya memasukan fitur battle dengan Team Rocket, nah kita tahu Team Rocket itu merupakan tim yang jahat di serial kartunnya Pokemon, mereka sering memanipulasi dengan sihir sehingga pokemon² menjadi lebih liar dari normalnya. 

Setiap kali kita battle 3v3 dengan Team Rocket dan ketika kita menang selain dapat bonus tertentu kita dapat kesempatan menyelematkan pokemon 'sakit' dan menjadi milik kita. Bonus tertentu setelah mengalahkan Team Rocket adalah mendapatkan Rescue Ball.


#5 Master Ball
Poke ball satu ini punya kelebihan dapat menangkap jenis Pokemon apapun tanpa gagal. 

Ini Master Ball, saya belum menemukannya di game entah keluar di level berapa. 

Katanya dulu awal² game ini muncul, ketika karakter kita mencapai level 40 maka akan dapat item Master Ball, ternyata tidak, ketika level mencapai level tertinggi ini, kita hanya akan dapat hadiah Ultra Ball yang banyak sekitaran 40 pcs dan item lainnya. Karena sudah ada yang membuktikannya. 

Jadi entah Master Ball ini akan dimunculkan di Pokemon Go hingga saat ini? Experience kitalah yang akan membuktikannya. Akankah experience tiap orang berbeda-beda. 

Ini dia yang dimaksud Safari Ball, gambar diambil dari Google. 

Ada juga poke ball lain tapi dimainkan saat digunakan hanya dalam Safari Zone,  yaitu Safari Ball dan itu ada di game Pokemon G2. 

Ternyata masih banyak jenis² poke ball yang ada di dunia Pokemon, tapi entah dalam gamesnya akan keluar semua atau tidak.  Gambar diambil dari Google. 

Ternyata banyak jenis poke ball yang ada, kebetulan yang saya jabarkan ini yang utama adalah 1-4 saja, untuk Master Ball dan Safari Ball entah akan muncul di game ini pada level berapa, atau memang tidak akan ada, seperti yang sudah dibuktikan gamers lain yang sudah capai level tertinggi yaitu level 40.

Pastinya saat ini saya hanya mampu menemukan poin 1-4 saja. Kalau nanti ada tambahan akan saya sajikan dipostingan terpisah. 

Begitulah kira² poke ball yang digunakan dalam permainan Pokemon Go. Sekali lagi jika banyak orang yang bilang masing² poke ball punya kekhususan tertentu (khusus Resque Ball), tetapi menurut saya efektifitas dalam menangkap pokemon bukan dari penggunaan poke ball saja, tapi ada faktor lain seperti ketepatan lemparan, timing dan keberuntungan. 

Ini bisa saja dengan pendapat dari gamers lain ya, tapi buat saya sih begitu yang dirasakan selama ini main game Pokemon Go. 

Sampai jumpa di bahasan tentang Pokemon Go dibahasan yang lain lagi. -cpr-

Posting Komentar

0 Komentar