Anniversary Blog #11, Edisi 2021

Tahun 2021 akhirnya bisa terlampaui juga, blog Naturality Channel masih bisa bertahan dan eksis hingga usianya yang mencapai ke-11, selamat untuk pencapaiannya. Bahkan masih konsisten update postingan.

Saya bersyukur ya masih bisa rutin ngepost ditengah kesibukan. Karena memang blog saat ini masih jadi obat saya ketika lagi suntuk dan waste time. Bahkan ketika saya sedang penat, ngeblog adalah obat bagi saya.

Seperti yang diketahui saya mengelola beberapa blog, baik sebagai admin, pemilik atau sekedar kontributor saja. Jadi ya agak tak mudah mengelola beberapa blog itu. Salah satu blog yang saya handel sendiri ya Naturality Channel ini, yang usianya kini genap #11 tahun.



Blog ini masih terus eksis sampai saat ini, ya mengisi celah dimesin pencari Google, walaupun belum tentu ada yang mencari artikel yang saya tulis ini. Karena blog ini kan isinya gado².

Untuk pencapaian sampai tahun ini, 2021 saya mencoba mengevaluasi dengan melihat kalkulasi soal DA dan PA, seperti yang saya lakukan pada tahun lalu. Meskipun evaluasinya saya lakukan pada awal Februari, sangat terlambat sih, karena jujur saja catatan ini dibuat molor dari tanggal anniversary seharusnya, yakni tanggal 26/12, tapi baru saya tulis pada 31/1. Tapi postingan ini saya terbitkan pada 29/12.

Berikut ini hasil evaluasi soal DA dan PA dari blog Naturality Channel, untuk melihat perkembangan yang terjadi sejak 2021 evaluasi terakhir.


Hasilnya sebenarnya ya lebih baik sedikit saja progresnya selama setahun ini. Tahun lalu DA 12 dan PA 15. Sedangkan tahun ini diangka DA 11 dan PA 29. Angka DA mengalami penurunan 1 poin. Poin DA 12 itu pengecekan diawal tahun 2021, dipertengahan tahun 2021 tepatnya Mei, DA ada diposisi 11. Jadi sampai akhir tahun 2021 dan awal 2022 angka DA masih stabil di 11. Angka PA yang mengalami kenaikan cukup banyak, diawal tahun 2021 15, ke Mei 2021 jadi 26 dan diawal 2022 jadi 29.

Ada kenaikan dinilai cPR dimana pengecekan pada Mei 2021 itu angka cPR hanya 2.0/10, tetapi dipengecekan di atas sudah sampai angka 2.2/10, ini ada kemajuan walau sedikit.

Yang menarik adalah angka ranking global Alexa itu mengalami kenaikan signifikan, dari angka 8 juta kini jadi 6 juta. Bisa dilihat dari hasil evaluasi ditengah tahun lalu 2021, klik tautan di bawah ini.


DA merupakan nilai kepercayaan dari sebuah website terhadap mesin pencari. Range nilainya 0-100, semakin tinggi angkanya maka akan semakin baik, bahwa website punya nilai kepercayaan yang tinggi dimesin pencari.

Kalau melihat nilai yang blog saya miliki, tingkat kepercayaan blog Naturality Channel masih sangat kecil, masih jauh dari dapat dipercaya oleh mesin pencari. Itu kenapa ya apa yang tertulis masih jadi opsi yang kesekian di mesin pencari.

Sedangkan PA nilainya didapat dari page atau halaman yang mungkin dikunjungi. Jika dilihat angka PA 2020-2022 awal memang ada peningkatan, itu karena banyak page yang dibuka dari sebuah halaman website.

Harapannya seiring waktu blog ini bisa jadi referensi sehingga semakin baik trafficnya dan angka DA dan PA bisa mencapai 50, setidaknya separuhnya bisa diraih dikemusian hari.

Segitu saja informasi yang bisa saya bagikan dalam rangka anniversary blog Naturality #11, semoga semakin eksis dan konsisten untuk blog yang lainnya. -cpr-

Posting Komentar

0 Komentar