Gak Mudah Menjadi Adil, Kelola Beberapa Blog

Jadi adil itu gak mudah memang. Namun kata itu yang sering disuarakan banyak orang, "Keadilan! Tegakan keadilan! Mana keadilan!"

Padahal kalau jadi orang yang menegakkan itu gak semudah mulut berorasi. Mereka yang berorasi belum tentu sudah melakukan keadilannya, pada diri sendiri, pada keluarga kecilnya, pada keluarga besarnya, pada dirinya dan agamanya. Apakah sudah adil? Apalagi kepada sesamanya manusia. 

Seperti saya harus adil pada blog-blog yang saya kelola. Pada awalnya saya hanya punya satu blog, yang saya gunakan sebagai cara memenuhi hasrat saya eksis di indeks Google. 

Ketika nama saya diketik di Google, langsung tertuju pada saya. Seiring berjalan waktu terwujud sudah.

Lalu mulai ada keinginan buat blog lain, ingin punya rumah online lebih dari satu. Biasa ya, keinginan manusia. Tidak pernah ada puasnya, selalu saja ada alasan nambah lagi, padahal bisa adil apa tidak gak tahu. #sindirpoligami

Berikut ini beberapa blog yang saya kelola, entah sebagai admin atau memang kelola sendiri, sebagai wadah menyimpan daya ingat saya yang payah. 

Ini merupakan rumah online saya, yang akhirnya saya gunakan untuk mengindeks nama saya di Google. Blog ini dibuat tahun 2009.

Ketika saya sedang membuat blog ini, saya baru proses lulus kuliah, proses mengerjakan skripsi. Ngeblog jadi sarana melepas stres saya waktu itu.

Sebelumnya saya punya blog lain, tapi karena lupa pasword akhirnya tidak bisa dilanjutkan. Kalau tidak salah blog nya Netbook Cocoper6. Blog itu masih terindeks di Google sampai saat ini.

Blog ini berisi campur-campur awalnya, ya isi catatan pribadi, opini, soal apa saja yang ingin saya tulis, apa yang ingin saya ketahui, hasil baca kemudian saya resume dan renoted lagi di blog ini.

Hingga akhirnya ketika saya mulai memutuskan mempunyai blog lain, saya mulai membagi apa yang ingin saya tulis.

Kini blog ini saya gunakan untuk mengisi catatan opini, catatan pribadi yang sifatnya umum, informasi seputar agama, otomotif, teknik, tokoh, soal travelling atau pengalaman pribadi. Secara umum sifatnya masih gado-gado, seperti nasi campur. 


Blog saya kedua ini saya buat untuk menyimpan catatan saya seputar produk yang saya beli untuk dimiliki, atau produk yang orang lain beli tapi sempat saya review. Bisa juga soal produk makanan, elektronik, tempat kuliner. Bisa juga untuk mengenalkan produk baru.

Blog ini saya mulai jalankan sekitar tahun 2014. Saya mulai memisahkan postingan terkait produk ini ke blog ini, dari blog utama saya Naturality Channel. 

Untuk akunnya sendiri sebenarnya masih satu domain email dengan Naturality Channel. Jadi tidak membuat email baru untuk membuat akun blog baru.


Blog ini merupakan blog ketiga, yang adalah pisahan dari blog utama, Naturality Channel. Jadi blog ini saya buat untuk memisahkan catatan pribadi, soal curhatan dan lain-lain, lebih ke urusan pribadi. 

Saya mulai memisahkan blog ini sejak saya memutuskan memulai catatan baru soal hidup saya. Beberapa catatan pribadi di blog yang lama tidak saya hilangkan, biarkan itu menjadi catatan sejarah. 


Blog yang baru ini saya jadikan catatan sejarah khusus urusan pribadi, urusan agama juga yang lebih mengena ke hati dan pikiran. 

Blog ini mulai saya bangun sekitar tahun 2017, tepatnya Juni, awal mula meninggalkan catatan lama. Biar tidak tercampur saja sih urusan sehari-hari dan urusan sehati-hati.

Blog ini pun masih bagian dari akun Naturality Channel, masih menggunakan domain email yang sama.


Blog ini merupakan blog keempat saya, yang dibuat benar-benar terpisah dari ketiga blog yang sudah tersebut di atas. 

Blog ini saya buat ditahun 2020 ini. Alasannya adalah membuat blog yang lebih universal, bukan ke blog pribadi yang lebih banyak berisi opini pribadi. Memang masih ada sentuhan pribadi, karena apa yang saya bagikan di sini adalah hasil kekepoan pribadi terhadap banyak hal.


Berasal dari pemikiran bahwa dunia kita ini sangatlah berwarna, banyak hal yang belum kita ketahui dari dunia ini, dan itulah yang akan saya bagikan di blog yang ini.

Blog yang ini, saya menggunakan inisial SSDK. Sedangkan ketiga blog saya sebelumnya berinisial cpr.


Blog kelima ini sebenarnya bukan milik saya, pemiliknya adalah Miss Wiji. Saya di sini hanya kontributor, ya buat nambah-nambah postingan di blog ini. 

Blog Simplicity ini adalah blog pribadi dari Miss Wiji sebenarnya, yang saya ajak untuk jadi blogger. Blog ini tadinya berisi penyaluran hobi Miss Wiji, tentang aktivitas pekerjaannya dan beberapa hal lain. 

Saya di sana seringnya mengisi dengan postingan soal musik sih, share musik bagus di sana, yang lebih ke hiburan dan informasi.

Aktivitas di blog ini tidak begitu aktif, jika dibandingkan dengan blog-blog lainnya. Blog ini sendiri mulai aktif sekitar tahun 2018.


6. Gaksukalapar.id
Blog kelima ini sebenarnya bukanlah blog saya. Saya di sini bertindak sebagai admin saja, yang ditugaskan untuk mengelola blog ini.

Jadi blog ini merupakan platform blog untuk akun IG @gaksukalapar.id. Pemilik sebenarnya adalah Miss Wiji. Dia ini adalah pemilik blog Simplicity.

Kalau di blog Simplicity saya hanya sebagai kontributor, kalau di blog gaksukalapar.id ini saya berperan sebagai admin, yang mengelola blog, namun untuk content bersumber semua dari IG @gaksukalapar.id.

Saya sebagai admin hanya sharing beberapa informasi tambahan, seperti pengetahuan seputar bahan makanan atau tips trik lain, diluar postingan resep. 

Blog ini harapannya bisa jadi sarana Miss Wiji untuk ikut challenge atau lomba blog, selain dia memiliki IG @gaksukalapar.id. Bisa juga jadi sarana sharing review produk atau hal lain. Tergantung kebutuhan dari owner blog ini yaitu Miss Wiji.

Blog ini dibuat pada tahun 2020. Memang masih baru, tapi kita berusaha untuk memperkenalkan blog baru ini. Agar lekas terindeks oleh Google. 


Itulah dia beberapa blog yang harus dibagi secara adil perhatiannya, yakni dengan rajin ditengok, mengisi postingan, membalas kolom komentar dll.. 

Punya blog bukan soal banyaknya, tapi yang penting itu dijaga, dirawat dan diisi terus. Ya kalau belum bisa isi dengan yang berkualitas, minimal rajin ditengok lah, diisi hal-hal sederhana kan bisa. Jangan habis buat terus diabaikan gitu aja, kan jadi nyampah. 

Ingin sih menghapus blog ku yang lama yang sudah tak terurus itu, biar gak nyampah di indeks Google. Memang sih sama Google juga gak akan muncul di pencarian sih.

Ya segitu saja deh, sharing dari saya. Inilah blog-blog yang saya kelola. Sulit memang untuk adil membagi apa yang ada di kepala untuk kesemuanya. Tapi teruslah berusaha untuk mengelola semuanya, minimal membagi rata sesuai tempatnya. Semoga bisa terus konsisten. 

Akankah ada blog baru lagi? Kita lihat saja nanti perkembangannya bagaimana. Sampai jumpa lagi dicatatan lainnya. -cpr-

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Topik tulisan ini sangat familiar buat saya. Saya juga pernah membuat tulisan semacam ini dengan judul "Ketika Memiliki Blog Lebih Dari Satu"

    Ternyata kita punya keresahan yang sama hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya hehehe
      Yang punya hobi serupa pasti berpikir hal yang sama, hanya mungkin dari sudut yang berbeda-beda ... .😁

      Hapus
  2. Hahahahahaha semangat mas... tidak mudah menjadi "peternak blog".. saya tahu rasanya semua yang mas tulis..

    Pusing, bikin ruwet, tapi menarik loh mas...semangat yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak Anton support nya

      Istilah nya peternak blog ya. .. .

      Blog yang dipelihara ini untungnya masih jadi 'anak kandung' hahaha,
      Jadi perhatiannya masih full.

      Hapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6