Highside, Penyebab Kecelakaan #93 Seri MotoGP Jerez 2020

MotoGP 2020 akhirnya diputuskan dimulai setelah kasus covid19 merusak segala rencana perhelatan MotoGP 2020, yang seharusnya dimulai di Maret 2020 lalu. 

Seri pertama MotoGP akhirnya diputuskan dimulai di Jerez, Spanyol. Setelah menimbang-nimbang beberapa kemungkinan, jadwal/ kalender MotoGP pun diubah. 

Pada seri pertama MotoGP di sirkuit Jerez ini terjadi hal menarik, yaitu crash-nya beberapa rider, salah satunya adalah Marc Marquez yang merupakan juara bertahan musim sebelumnya. 

Crash-nya Marc ini jadi menarik kenapa? Karena selepas start Marc sempat tercecer, bahkan sempat keluar lintasan, saat itu posisinya tercecer hingga ke posisi 11.

Namun bukan Marc jika tidak bisa merangsek ke posisi depan. Marc melakukan overtake satu per satu rider di depannya, hingga akhirnya dia berhasil berada di posisi kedua. Namun sayangnya, ketika race menyisakan 4 lap, Marc mengalami highside di tikungan ketiga dan membuatnya terpelanting keluar lintasan. 

Efek crashnya ini menyebabkan cidera parah yang membuatnya harus naik meja operasi dan absen beberapa seri ke depan.

Apa itu highside

Penjelasan ini bisa diketahui dengan menonton channel di bawah ini ya:



Highside adalah suatu kondisi dimana kecelakaan motor terjadi diakibatkan oleh ban belakang motor yang mengunci atau bergerak di luar kendali (bisa ke kanan atau ke kiri), sehingga menyebabkan motor terpelanting. Hal ini terjadi bilamana terlalu cepat mengerem, kondisi ban belakang yang sudah mulai aus sehingga ban kehilangan daya cengkram, atau dari putaran tenaga mesin yang berlebih yang membuat putaran ban belakang jadi terlalu cepat. 

Resiko yang mungkin terjadi terhadap pebalap adalah terpelanting dan terjatuh ke bidang yang keras, bisa juga terhantam motor jika jatuh tidak jauh dari motor saat highside terjadi.

Marquez sendiri terpaksa harus mengalami retak pada tulang lengannya setelah terjatuh keras dan dihantam bagian depan motornya.


Nah berhati-hatilah ketika menikung ya. Apa yang dialami Marc Marquez di lintasan balap bisa saja kita alami di jalanan umum. Jadi waspadalah, Berhati-hatilah ketika menikung, pahami betul apa penyebab highside ini supaya tidak mengalami kecelakaan seperti ini. 

Marc mengalaminya di lintasan balap dimana faktor x akan diminimalisir sehingga keselamatan bisa diutamakan, tapi lain dengan di jalanan dimana banyak faktor x yang tidak bisa diminimalisir atau dibatasi. 

Selalu berhati-hatilah berkendara, supaya tidak mengalami highside seperti yang dialami Baby Alien di seri pertama MotoGP 2020 lalu. Ya, pebalap lain juga ada yang mengalaminya sih, tapi teruntuk Marquez ini saya jadikan contoh tokoh utama, karena saya ngefans sama rider hebat satu ini.

Mau tahu tentang informasi seputar MotoGP dan dunia balap atau otomotif, bisa visit ke Channel Starting Grid, klik saja tautan nya, maka akan terhubung dengan channelnya. -cpr-

Posting Komentar

0 Komentar