Gua Hatusaka, Salah Satu Gua Terdalam di Indonesia

Menjelajah alam, ke pegunungan bukan pilihan saya untuk refresing, mendaki gunung dan jelajah survival alam sampai saat ini masih belum menggaet hati saya untuk mencobanya. Keyakinan saya hanya satu, ada keindahan yang tak ternilai di sana, itu pasti.

Meski begitu, dengan kemajuan teknologi digital saat ini membantu saya jadi bisa juga menikmati keindahan alam pegunungan dan 'aksesorisnya' tanpa harus terjun langsung. Cukup hanya menonton videonya saja, sudah bisa membayar rasa penasaran saya.

Saya bukan tipe kepoan yang harus terjun langsung untuk mengobati rasa penasaran. Kepuasan saya cukup sederhana, tak perlu repot dan ribet. Memang, lebih asyik dan berkesan bisa mengalami sendiri. Tapi, itu tak mengurangi apapun dalam diri saya, enjoy saja menikmati yang ada.


Ada satu informasi menarik yang ingin saya catat dan bagikan kali ini. Indonesia punya bentang alam yang beranekaragam dengan segala keunikan dan keindahannya. Di Provinsi Maluku, tepatnya di Kabupaten Maluku Tengah, ada gua terdalam di sana. Gua ini berada di kawasan Taman Nasional Manusela. Tak hanya gua, di sini juga terdapat puncak bukit/gunung yang diberi nama yang sama.

Gua terdalam ini diberi nama Gua Hatusaka. Nama hatusaka ini berasal dari dua kata, hatu yang berarti batu atau gunung dan saka yang berarti pusaka. Jika diartikan bersama, hatusaka berarti gunung pusaka.

Apa sih menariknya gua terdalam ini? Yang menjadikan menarik adalah tidak semua orang mampu menjelajahi dasar gua. Bisa dibilang, gua ini ibarat gadis yang tidak perawan tapi masih perawan. Hmm, bagaimana ya mengibaratkannya. Soalnya hanya ada beberapa tim ekspedisi yang berhasil mendarat di dasar gua.

Tim ekspedisi pertama merupakan tim gabungan dari beberapa negara, seperti Amerika, Inggris, Prancis, dan Australia. Ekspedisi awalnya dilakukan tahun 1996 namun gagal dan baru berhasil ditahun 1998.

Tim ekspedisi selanjutnya dilakukan oleh tim dari Italia, mereka berhasil mendarat di dasar gua tahun 2016.

Tim ekspedisi dari Indonesia sebenarnya sudah pernah mencoba melakukan ekspedisi ditahun 2011, yaitu tim ACS (Acintyacunyata Speleogical Club), merupakan tim ekspedisi asal Jogja, yang adalah perkumpulan penjelajah gua Indonesia. Ekspedisi ditahun 2011 kala itu gagal, karena hujan. Barulah ditahun 2018, tepatnya 6 Agustus. Tim ini berhasil mendarat di dasar gua.

Tim ini mendapat tugas dari Taman Nasional Manusela untuk mengukur kembali kedalaman gua dan mendokumentasikan kondisi terkini gua, flora fauna, hingga hal-hal lain yang berkaitan dengan gua terdalam ini.

Dari hasil ekspedisi ini, diperolehlah data kedalaman gua ini adalah 424 meter. Area dasar gua ini ternyata cukup luas, seperti lapangan sepak bola indoor. Hasil ekspedisi ini, dimensi dasar gua dari pengukuran adalah 90 x 62 meter, dengan tinggi 180 meter.

Hal unik yang ditemukan dari ekspedisi ini. Mulut gua yang cukup lebar dan hutan hujan tropis yang di atasnya punya peluang memberikan suplai 'sampah' sisa-sisa batang pepohonan mati atau pepohonan tumbang. Namun, tidak ditemukan 'sampah' batang pepohonan besar yang masuk ke dasar gua. Hanya ada batang-batang serpihan pohon kecil saja di dasar. Namun tim menduga, serpihan pepohonan itu merupakan hasil pecahan batang pepohonan besar yang terkoyak menghantam sisi dinding gua akibat turbulensi dari permukaan.

Flora dan fauna penghuni dasar gua tidak begitu beragam, tidak seperti hutan semak ternyata. Dasarnya ada yang berlempung dan ada yang berpasir dan berkerikil. Fauna di sana diisi cacing dan serangga. Untuk floranya ya ada tumbuhan-tumbuhan kecil berdaun hijau setinggi 15 meter.

Resiko alam apabila terjadi hujan, gua ini bisa jadi tempat mematikan, sehingga tidak banyak waktu yang bisa dimanfaatkan mengeksplor dasar hgua lebih lama. Tim ekspedisi yang terdiri dari delapan orang pun, hanya dua yang berhasil mendarat di dasar.

Kalau mau tahu tentang ekspedisi dari tim ACS ini, bisa tonton video yang saya tautkan di bawah ini.

Ini ekspedisi tahun 2018, dimana keberhasilan tim asli Indonesia menjajaki dasar gua terdalam

Ini rekaman ketika ekspedisi tahun 2011 yang gagal dikarenakan cuaca

Sekedar informasi, tim ACS yang terlibat pada ekspedisi 2018, yang terdiri dari delapan orang ini antara lain:
+ Ahmad Sya'roni alias Bokir (pertama kali menapak dasat gua)
+ Rodhial Falah (yang terakhir angkat kaki dari dasar gua)
+ Sigit Wicaksono
+ Adiguna Prasetyo
+ Andi Situmorang
+ Arief Wicaksono
+ Andi Setiabudi
+ Erlangga Esa Laksmana


Menarik buat saya menonton video ekspedisi ini. Apalagi di masa PSBB seperti saat ini, dimana mau pergi refresing keluar kota tidak bisa. Menonton Youtube dengan tayangan berfaedah seperti ini salah satu pilihan terbaik.

Semoga menambah pengetahuan umum kita, bahwa Indonesia juga punya gua terdalam lho, ya meski tidak sedalam gua terdalam yang ada di luar negeri, tapi setidaknya kita punya. Dan untuk saat ini gua ini bisa dikatakan masih cukup perawan, karena baru hanya dijamah 3 tim, dengan jarak rentan waktu yang cukup jauh. Indonesia, memang indah dan luar biasa. -cpr-

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Wow dalam sekali ya gua nya sampai 424 meter, pantesan kadang gagal untuk bisa sampai ke dasar gua.

    Jauh juga ya, adanya di daerah Maluku tengah, pantesan agak kurang publikasinya, padahal bisa menjadi ikon pariwisata ya. :D ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pariwisata tapi hanya mereka yang terakreditasi saja yang mampu ke sana deh. Soalnya ini bener-bener wisata extreme dan ketika ke dalam pun harus mendapat sesuatu minimal ilmuwan, karena banyak hal yang bisa diteliti tentang bumi di sana.

      Bayangkan saja andaikan gua itu diisi air, wah bakal kaya apa itu gua, jadi danau

      Hapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6