Roadtrip Indonesia: Keliling Indonesia Tidaklah Murah Tapi Selalu Ada Jalan

Belakangan saya lagi tertarik dengan beberapa video yang menampilkan bagaimana membangun sebuah kendaraan yang bisa dijadikan 'camper van'. Hunting video saya terhenti pada sebuah video yang menampilkan proses modifikasi Ford Everest dibuat ala 'camper van' minimalis.

Channel Youtube yang saya tuju adalah Roadtrip Indonesia. Di sana ada Bang Den dan Kak Beda. Mereka berkeliling Indonesia, singgah dari kota satu ke kota lain, kabupaten satu ke kabupaten lain, daerah satu ke daerah lain, pantai satu ke pantai lain, gunung dan bukit satu ke bukit lain dengan sumber daya yang terbatas. Bermodalkan Ford Everest yang sudah lawas. Tak hanya itu, modal lain mereka adalah keyakinan dan percaya banyak orang-orang baik yang mereka temui sepanjang perjalanan.


Mengikuti perjalanan melalui channel youtube mereka, membuat saya juga ikut merasakan sedikit yang mereka rasakan, ketika sulitnya mencari solar, penginapan murah, kortingan hingga rejeki gratis bebas biaya penyebrangan, hingga sampai kepusingan soal budget untuk servis besar Seruling Senja, nama yang diberikan untuk 'anak' mereka, Ford Everest 2004, AT, 4WD.

Kesulitan yang paling utama adalah soal dana. Mereka pergi dengan budget yang terbatas, segalanya dipersiapkan sesuai apa yang bisa disiapkan. Untungnya, mereka berdua cukup kompak, itu bekal yang lebih dari cukup mengatasi semua masalah yang mereka jumpai sepanjang perjalanan.

Sebenarnya banyak channel youtube petualangan lain, tapi saya tertarik dengan channel ini. Mungkin, dilain kesempatan saya juga akan sharing di sini.

Saya memang pernah berpikir menjadi seperti mereka, melihat petualangan singgah dari satu tempat ke tempat lain. Berhubung masih sebatas pikiran, setidaknya dengan menonton mereka, saya bisa ikut merasakan apa yang jadi keinginan saya.

Demi menggalang dana membiayai perjalanan mereka, mereka menjual merchandise Road Trip Indonesia, kemudian juga endorsment logo atau iklan untuk ditempel di Seruling Senja. Serta juga, dukungan untuk support channel mereka, Roadtrip Indonesia

Malam minggu tidak kemana-mana bukan masalah buat saya, karena dengan nonton channel youtube seperti ini saya juga bisa sedikit merasakan sensasi jalan-jalan.

Segitu saja deh catatan saya kali ini, sekalian sharing channel youtube tentang petualangan keliling Indonesia. Sekali lagi, banyak channel youtube lain dengan tema yang sama, tapi sementara ini dulu yang pengin saya sharing. Semoga perjalanan mereka dilancarkan, dimudahkan, bertemu dengan banyak orang baik di pelosok Indonesia, supaya terpenuhi segala rencananya. Sukses buat Bang Den dan Kak Beda dan Roadtrip Indonesia. -cpr-

Comments

Popular Posts