Rotate Video Mudah dan Praktis - Clideo

Saya tidak begitu paham ngoprek video, apalagi editing. Namun terkadang disaat sekarang ini kita tidak bisa lepas dari video, upload, atau vloging. Karena ada keinginan memposting atau menyimpan rekaman situasi untuk kenangan atau hal lainnya.

Kalau tinggal rekam-merekam sih gampang saja, smartphone saat ini mampu melakukannya, tapi kalau soal editing saya tidak paham. Meski banyak sekali aplikasi yang memudahkannya, tapi lagi-lagi saya agak ribet ngulik, akhirnya ya belum bisa-bisa sampai saat ini.

Suatu waktu saya butuh sekedar untuk rotate video yang sudah saya rekam. Kalau di smartphone mudah saja mau lihat video yang sudah kita putar, kalau posisi lihatnya tidak enak tinggal gadgetnya saja yang disesuaikan. Lha kalau nontonnya diwebsite dan ditampilkan di PC atau laptop, masa iya monitornya kita putar-putar, ya gak mungkin kan. Padahal hanya ingin itu video dirotate, tapi pakai apa. Kalau rotate gambar itu mudah saja, karena biasanya tersemat begitu saja dimenu. Tapi kalau rotate video itu tidak ada.

Tanya sana-sini, jawabannya selalu via app editing video, dan itu saya rasa bukan solusi praktis untuk orang awam seperti saya. Apalagi buat ngajarin orang tua, wah ribet lagi kalau mesti menjelaskan editing video. Ya meskipun saya yakin ada orang tua yang bisa sekali paham jika dijelaskan, tapi tidak banyak.

Sampai akhirnya saya menemukan cara rotate yang praktis, tanpa ribet, melalu web, namanya Clideo - Online Video Tools. Sangat praktis dan mudah sekali, hanya butuh upload, rotate, simpan dan download, selesai. Penggunaannya praktis, cukup browsing saja di peramban yang kita gunakan di https://clideo.com. It's simple.

Ini tampilan dari Clideo, banyak fitur lain yang bisa dicoba, saya hanya mencoba untuk Rotate

Kemudian choose file, jika tersimpan didata komputer tinggal pilih lalu upload deh, setelah upload selesai, pilih rotate yang diinginkan, simpan, tinggal download deh, praktis sekali

Ini salah satu video yang saya rotate, ini video saya rotate supaya bisa tertampil di laman Youtube, masa iya kalau tidak dirotate nontonnya mesti memiringkan monitor atau layar laptop, kan ribet, untung ada Clideo ini

Banyak fitur sebenarnya yang ditawarkan Clideo ini, namun saat ini saya hanya tahu untuk me-rotate video yang praktis. Ya mungkin pengguna lain yang sudah coba untuk hal lain boleh deh sharing dan sekalian ngajarin apa saja sih yang bisa dipakai dari Clideo ini.

Nah gitu saja, saya mau sharing ini, sekalian memudahkan saya mencari link untuk rotate video. Kalau tidak saya tautkan dalam catatan diblog, kadang repot carinya, kadang bookmark diperamban sering tertumpuk link webblog saat blogwalking. Semoga cara ini bermanfaat buat orang awam yang ingin me-rotate video yang simple, tidak perlu ribet. -cpr-

Posting Komentar

0 Komentar