DuckDuckGo, Sebuah Mesin Pencari

Iseng-iseng saya buka statistik akun blogger saya, saya lihat ada alamat site perujuk yang mengarahkan ke blog saya. Tertulis di sana https://duckduckgo.com.

Awalnya saya pikir dia adalah website atau blogger. Ternyata, DuckDuckGo adalah mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan lain-lain. Dari namanya saya baru tahu soal profil mesin pencari DuckDuckGo.

Saya mencoba cari tahu, profil tentang DuckDuckGo melalui Google. DuckDuckGo bermarkas di Valley Forge, PA, United States. DuckDuckGo ini diciptakan oleh Gabriel Weinberg. Pertama kali diluncurkan pada 25 September 2008. 

Tampilan ketika dibrowse by laptop atau pc, browsernya tetap pakai Chrome

Nama perusahaan DuckDuckGo berasal dari permainan anak-anak, bebek, bebek, angsa atau duck duck goose.

Bulan Mei 2012 mesin pencari ini berhasil menarik 1,5 juta pencarian per hari. Pencapaian yang lumayan juga ya, bisa menarik pencarian jutaan per hari.

Pertanyaan saya, dari mana sumber pencarian blog saya koq bisa menggunakan DuckDuckGo ini? Setelah membaca profilnya dari laman Wikipedia, akhirnya saya tahu dari mana sumber pencarian itu. Ternyata DuckDuckGo punya kerjasama ekslusif dengan Linux Mint, dimana DuckDuckGo menjadi situs pencari default di Linux Mint 12. Kebetulan office saya sebagai pengguna Linux Mint. Terjawab sudah kebingungan saya.

Kalau ini tampilan dimobile browse, pakai Chrome sih perambannya

Meski sebagai situs pencari, namun nampaknya situs ini tidak ingin bersaing dengan Google. "Kami tidak berinvestasi di dalamnya karena kami pikir itu akan mengalahkan Google. Kami berinvestasi di dalamnya karena ada kebutuhan untuk sebuah mesin pencari pribadi."

Menambah pengetahuan saja di dunia internet, bahwa ada lho mesin pencari yang namanya DuckDuckGo. Jika ingin mencoba, cobalah. Saya coba mengetikan namanya saya "cocoper6" di mesin pencari ini dan menemukannya. Kemudian saya coba mengetikan kata kunci, "taman budaya hati tersuci", dan saya menemukan postingan saya tentang apa yang saya maksud tadi. Itu artinya it's work!. Selamat mencoba. -cpr-

Posting Komentar

11 Komentar

  1. mungkin entar bisa jadi saingannya google.. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa si, ky ny gk deh, yahoo, bing sj sdh lama y gtu2 aja.
      Google trllu bsr untuk disaingi, krn qt pun msh trgtg google d banyak hal, trmasuk android yg qt pakai.

      Hapus
  2. Oh berasal dari linux
    Semoga saja google segera dapat pesaingnya ya, biar tidak seenak udel dewek :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, merasa ya google seenaknya dhewek wkwkwk
      Ya begitulah mas, kalau jadi yg paling dibutuhkan dijagad ini, sifat asli manusia hihihi

      Hapus
  3. Barusan ngetes. bagusnya juga hasilnya. Saya mencoba kata kunci yang merujuk ke blog saya eh muncul juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy nyoba juga muncul bang, entah pencariannya lebih real tnp ada alogaritma aneh2 atau gmn ya.
      Tp ya bwt pembanding sj, nambah2 pngetahuan aj, ad mesin pencari dg nama 'unik'

      Hapus
  4. Baru tau saya mas saya kira mesin pencarian cumu Bing, Yahoo dan Google ternyata masih ada lagi

    BalasHapus
  5. Ternyata DDG ini untuk saat ini bisa jadi pilihan mesin pencari, soalnya tag line yang digunakan berbeda dengan mesin pencari kebanyakan soal security data pengguna. Diklaim mesin pencari ini lebih aman soal privasi.

    BalasHapus
  6. makin byk aja ternyata mesin pencari yg baru saya ketahui... tp saya msh setia sama mbah Google... hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau gk mw, Google masih yg trbaik.
      Tp untuk coba2 bolehlah, asl bukan untuk anak hehehe

      Hapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6