Ayam Gepuk Bruno, Swadarma, Jaksel

Kuliner ayam geprek itu tiruannya banyak sekali, dimana-mana ada itu ayam geprek, hampir semua tempat makan yang menjual menu ayam goreng pasti ada embel-embel geprek.

Padahal sebelum ayam geprek dikenal, ada lebih dulu ayam gepuk. Gaungnya memang tidak seterkenal ayam geprek. Ayam gepuk yang dikenal adalah Ayam Gepuk Pak Gembus. Dimana merupakan salah satu kuliner favorit saya.


Berawal dari info dari mba @heny4813, dia bilang ada tempat makan ayam gepuk juga di daerah Swadarma, di sana punya ciri khas nasi boleh tambah gratis kalau makan di sana. Info ini sudah sejak lama, tapi baru minggu lalu saya buktikan, dan benar.

Tempat makan yang dimaksud adalah Rumah Makan Ayam Gepuk Bruno. Tempat makannya tidaklah besar, hanya memanfaatkan los/ kios seperti ruko gitu, makannya model lesehan gitu, hanya tersedia beberapa meja saja. Jadi, jika pas banyak yang makan di sana, mesti gantian.


Untuk harga itu relatif sama dengan ayam gepuk yang saya kenal sebelumnya. Yang membedakan itu soal sambel, secara umum sambelnya itu serupa, hanya soal rasa agak berbeda, ayam gepuk 'bruno' ini mendekati kemiripan sambel gepuk yang saya kenal. Tapi jika dikembalikan ke selera tentunya bebas-bebas saja. Saya sendiri tidak komplain, karena masih dalam batas rasa yang serupa.

Perbedaan lainnya, kalau di gepuk 'bruno', nambah nasi dan sambel itu suatu kepastian, karena ditulis dengan spanduk besar, jadi semua orang yang makan di sana tahu dan gak sungkan nambah nasi. Sedangkan di gepuk 'gembus', pada awalnya ada informasi nasi bebas nambah, tapi ke sini-sini tidak ada lagi informasi demikian, ya penjualnya seperti pura-pura gak tahu, kalau konsumen tanya baru dijawab, kalau gak ya didiemin aja.

Sebenarnya, kelemahan gepuk 'gembus' pernah sedikit disinggung dicatatan saya sebelumnya, yakni terkadang menemukan ayam yang kurang fresh dan kekonsistenan bikin sambelnya antar outlet satu dan lain sering berbeda. Kelemahan dari sistem franchise yang tidak diawasi baik. Sedangkan gepuk 'bruno' kebetulan saat ini masih tersedia satu outlet di Swadarma saja, jadi ya masih bisa menjaga konsistensi.

Kebanyakan si pelanggan gepuk 'bruno' beli untuk dibawa pulang, beli lauknya saja, ada juga si yang beli paketan untuk dibawa pulang.

Oh ya, ada paket apa saja di gepuk bruno, bisa lihat dicuplikan foto yang saya sajikan di bawah ini ya. Untuk menu paket itu antara lain:
- Paket A: Ayam + Nasi + Tahu/Tempe + Es Teh Manis Rp 21.000,-
- Paket B: Ayam + Nasi + Tahu/Tempe / Sate Usus/Sate Kulit Rp 21.000,-
- Paket C: Ayam + Nasi + Tahu/Tempe / Sate Usus/Sate Kulit + Es Teh Manis Rp 26.000,-
- Paket Super Komplit: Ayam + Nasi + Tahu + Tempe + 2 tusuk sate + Es Teh Manis Rp 30.000,-
- Paket Puyuh: Burung Puyuh + Nasi + Es Teh Manis Rp 23.000,-


Ada juga menu single lain sih, seperti pelengkap yang dijual satuan non paket misalnya kol goreng, terong goreng, udang crispy, jengkol, sate usus, sate kulit dll. Bisa dilihat dimenu spanduk ya.



Kalau dibilang meniru ya bisa saja si, karena informaai awal saya tahunya ya gepuk 'gembus'. Meski ada dua pilihan, saya tidak terpatok ada salah satu, keduanya saya suka dan punya ciri khas tersendiri.

Rekomendasi saya, kalau lagi lapar banget, main dan makan di gepuk 'bruno', puas-puasin dahaga laparnya, nikmati kenyang sekenyang-kenyangnya. Kalau saya, makan ayam gepuk itu selalu bisa menghabiskan nasi banyak, cukup dengan sambel dan minim lauk. Sambelnya ya pedesnya level paling rendah, ya cukup cabe setengah potong saja. Hehehe, maklum kalau terlalu pedas sedikit saja, perut ini langsung gampang mules, menci-menci.


Segitu dulu saja catatan saya. Ingat, harga yang tertulis di sini diwaktu yang akan datang pasti berubah, ketika membaca, pastikan lihat kapan catatan ini dicatat, jadi untuk harga saat ini dan harga nanti akan berbeda.

Lokasinya ayam gepuk 'bruno' ini berada di Jl. H. Ridi, Swadarma, Jakarta Selatan. Kalau bingung, misalkan bingung, buka Google Maps, ketikan saja "ayam gepuk bruno", pasti langsung diarahkan ke TKP. 

Sepertinya segitu saja deh catatan saya buat view ini tempat makan favorit lain kalau lagi main ke Swadarma, Jakarta Selatan. Sekaligus jadi catatan pengingat kalau lupa nanti dikemudian hari. Cu next time. -cpr-




Posting Komentar

3 Komentar

  1. Hari ini saya rekomendasikan menu bruno ini ke teman kantor, saya beli paket lele nya nih yang 18K.

    Ada saran nih: lelenya usahakan lebih gurih lagi, bumbunya belum meresep, kemudian pas digoreng kurang krispy. Andaikan itu krispy, uih pastinya top, ditambah bumbu meresap, sambel mantab, pasti nagih deh.

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6