Peristiwa Pentakosta atau Pantekosta

Masa Paskah telah berlalu 40 hari yang lalu, sampai hingga tiba masa Yesus harus diangkat ke Surga. Sejak Yesus berkarya di dunia, banyak hal yang telah Yesus ajarkan, dan ada pula yang Yesus janjikan, salah satunya adalah akan menyertai kita hingga akhir jaman dan pada waktunya nanti Dia akan kembali dengan cara yang sama saat Dia terangkat ke surga.

Tak hanya itu, penyertaan Yesus terhadap rasul-rasulnya juga dengan disertai penyertaan Roh Kudus setelah Yesus terangkat ke surga.


"Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu."

"Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu."

"Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku."

"Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku; akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi; akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum."

"Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi."

"Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."


Bagi orang Kristiani pasti menyakini apa yang Yesus sampaikan kepada para rasulnya ini. Karena memang peristiwa lahir Yesus, berkarya hingga sengsara dan wafatnya adalah nyata, bahkan ketika Dia bangkit dan setelah 40 hari dia terangkat ke surga.

Semuanya tercatat dalam sejarah dan bahkan hingga tercatat pada kitab kepercayaan yang lain, meskipun harus dibelokan agar kebenaran itu tidak terungkap. Tapi bagi rasul-rasul, apa yang mereka alami, ketakjuban yang mereka jumpai pastinya telah disampaikan dengan sepenuh hati, dari dulu hingga saat ini, dan hingga akhir jaman. Yesus ada di dalam sejarah manusia, jadi tidak ada alasan untuk tidak mempercayainya.

Situs-situs warisan jaman Yesus masih ada hingga saat ini, dan kita bisa mengunjunginya dan merasakan dalam iman apa yang terjadi dimasa itu.

Peristiwa turunnya Roh Kudus, yang kita kenal sebagai pentakosta atau pantekosta ini pun sudah seharusnya kita umat Kristiani percaya dan yakini. Karena kekuatan kita hidup ada juga dalam roh kudus ini.

Pentakosta atau pantekosta terjadi 10 hari setelah Yesus terangkat ke surga. Yesus meminta semua rasulnya untuk tetap tinggal di Yerusalem hingga saatnya tiba.

Pentakosta atau pantekosta itu dalam budaya orang Yahudi adalah waktu panen. Pada hari itu, semua orang dari penjuru daerah berkumpul di Yerusalem untuk merayakan shavout atau festival panen raya. Allah menggunakan kesempatan ini untuk menunjukan kuasa Nya.

Pentakosta atau pentekosta berasal dari bahasa Yunani, yang berarti hari kelima puluh. Dikenal dalam budaya Kristiani sebagai Minggu Putih. Seperti yang sebelumnya saya utarakan, bahwa peristiwa ini bertepatan dengan perayaan dari umat Yahudi, yaitu hari raya hulu hasil. Perayaan hulu hasil merupakan perayaan syukur orang Israel ketika membawa kehadapan Tuhan hasil penuaian gandum. Perayaan ini dilakukan setelah hari ke-49 selepas paskah. Dimana, paskah Yahudi adalah merayakan pembebasan bangsa Yahudi dari perbudakan Mesir ke tanah terjanji. Sekaligus juga merayakan turunya sepuluh perintah Allah kepada Musa.

Namun sejak lahirnya Kristus Yesus, perayaan Paskah bermakna pembebasan atau penebusan dosa umat manusia oleh sengsara dan wafat Kristus, melalui kurban di salib. Setelah Yesus wafat, lalu kemudian bangkit, pada hari ke-40 Yesus diangkat ke surga, 10 hari setelahnya, terjadilah peristiwa pencurahan Roh Kudus itu.

Ketika semua orang berkumpul di Yerusalem termasuk semua rasul Yesus, maka turunlah roh kudus atas para rasul. Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk; dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing. Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.

Peristiwa turunnya Roh Kudus atas para rasul ini jadi tonggak awal bergeraknya rasul-rasul menyebarkan Injil keluar Yerusalem, ke seluruh dunia, sesuai apa yang diperintahkan Yesus. Roh Kudus jadi penyerta dalam karya penyebaran akan karya penyelamatan Allah melalui Yesus, putera Nya yang hidup. Pada peristiwa itu, banyak orang dibabtis, mereka mulai mengenal Kristus melalui para rasul.

Tapi tahukah apa ciri Roh Kudus? Roh Kudus bekerja mempersatukan pohon dan ranting, pokok anggur dan ranting. Roh Kudus tidak bisa disetir oleh keinginan diri/ ambisi. Roh Kudus memberi pertolongan, memberi kekuatan/ penguatan.

Bagi kita anak-anak Allah, Roh Kudus adalah penting. Dicurahkan saat kita dibabtis dan saat kita diberi penguatan saat khrisma. Jadi, Roh Kudus bukan dicurahkan nanti saat akhir jaman, tapi Roh Kudus sudah diberikan jauh sebelum itu, maka saat kita lahir berkat Roh Kudus disampaikan melalui berkat pembabtisan dan kekuatan melalui khrisma.

Gereja Katolik memanfaatkan hari-hari sebelum peristiwa turunnya Roh Kudus ini dengan Novena Pentakosta, mohon tujuh karunia Roh Kudus. Apa sajakah itu?
+ Roh takut akan Allah
+ Roh keperkasaan
+ Roh kesalehan
+ Roh nasihat
+ Roh pengenalan akan Allah
+ Roh pengertian
+ Roh kebijaksanaan

Sebelum masa itu tiba, kita mohon penyertaan dan kekuatan melalui novena pentakosta yang dilakukan selama sembilan hari berturut-turut sampai tiba hari raya pentakosta. Semoga kita selalu dikuatkan dan dibimbing oleh Roh Kudus dalam setiap tingkah laku kita dalam kehidupan dewasa ini. Amin. -cpr-

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Tahun ini, cuma bisa stay at home ...
    Novenanya gak ikut sama sekali ...
    Keinginan daging lagi-lagi menang hiks3x #sosad

    BalasHapus
  2. Tahun ini jauh lebih baik, Novene sudah mencapai hari ke-4, keinginan daging sudah nyaris dikuasai, sy berjuang lebih baik lagi. #victorywinforjesus

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6