Arti Kata Katolik

Ada informasi menggelitik hari ini saat mendengar homili misa novena pentakosta hari ke-5 sore ini. Romo bertanya, apa arti kata 'katolik'?

Sebagai orang Katolik seharusnya tahu arti kata ini. Tapi ketika ditanyakan pertanyaan ini jawabannya selalu dengan keraguan. Tapi satu hal dari keraguan itu, umat tahu bahwa artinya adalah universal.

Tapi sebenarnya apakah arti kata itu, berasal dari bahasa apa dan apa makna yang terkandung di dalamnya, dan hubungan dengan pemahaman iman Kristiani gereja.

Kata 'katolik' berasal dari kata sifat bahasa Yunani, 'katholikos' yang berarti keseluruhan atau universal.

Kata katolik sendiri pertama kali mulai digunakan sekitar tahun 106, berdasarkan catatan atau sepucuk surat yang ditulis Ignatius dari Anthiokia atau Ignatius Theoforus pada umat gereja mula-mula di Smyrna. Istilah 'gereja katolik' digunakan untuk menyebut gereja universal dalam persekutuan Uskup Roma (Sri Paus).

Istilah 'gereja katolik' muncul pula pada tahun 155 dalam kemartiran Polikarpus, Polikarpus merupakan Uskup Smyrna tahun 155-160 M. Istilah 'gereja katolik' lainnya muncul pula pada Fragmen Muratori tahun 177. Fragmen Muratori adalah naskah kuno yang memuat daftar tertua mengenai kitab-kitab yang termasuk Perjanjian Baru. Merupakan naskah latin dari abad ke-7 atau ke-8. Ada yang menyebutkan bahwa naskah tersebut merupakan terjemahan dari manuskrip nahasa Yunani yang ditulis sekitar tahun 170.

Kemudian ada juga St. Sirilus dari Yerusalem, juga menggunakan istilah 'gereja katolik' sekitar tahun 315-386.

Kemudian pada pemerintahan Kekaisasaran Romawi, Kaisar Theodosius I yang memerintah tahun 379-395. Sang kaisar menggunakan istilah 'kristen katolik' untuk para penganut agama yang diajarkan kepada orang-orang Romawi oleh Rasul Petrus.

St. Agustinus dari Hippo menggunakan istilah 'katolik' untuk membedakan gereja sejati dengan kelompok-kelompok bidaah.

Perkembangan Gereja Katolik hingga saat ini tidaklah lepas dari peristiwa pentakosta, ketika para rasul Yesus diberikan kekuatan Roh Kudus untuk tugas perutusan dari Yesus Kristus. Sehingga apa yang kita yakini saat ini akan iman pada Kristus datang dari para rasul yang menjadi saksi atas karya nyata Yesus di dunia.

Sehingga bisa dikatakan Kekristenan yang murni yang awal adalah Kekristenan Katolik. Kekristenan yang lahir belakangan adalah sempalan atau pecahan dari gereja mula-mula dengan alasan pembaharuan atas kelemahan gereja saat itu.

Umat Kristen pada awalnya berada di bawah kepimpinan lima patriarkat, yaitu Yerusalem, Anthiokia, Aleksandria, Konstaninopel, dan Roma.

Tapi yang terpenting, katolik yang awal adalah datang dari Yesus sendiri, dia yang kudus yang mengajarkan banyak hal. Yang kemudian apa yang diajarkannya diwartakan oleh para rasulnya agar kita semua percaya, bahwa kita adalah anak-anak Allah, kita adalah milik Nya.

Hanya inilah yang ingin saya catatkan pada catatan kali ini, setidaknya jika saya memerlukan informasi tentang ini saya telah memilikinya. Jika ada tambahan akan saya tambahkan pada tulisan lain atau dikolom komentar. -cpr-

Sumber Informasi:
Katolik. Wikipedia | diakses tanggal 4 Juni 2019 
Ignatius dari Anthiokia. Wikipedia | diakses 4 Juni 2019 
Sirilus dari Yerusalem. Wikipedia || diakases tanggal 4 Juni 2019 
Theodosius I. Wikipedia | diakses tanggal 4 Juni 2019 
Agustinus dari Hippo. Wikipedia | diakses tanggal 4 Juni 2019 
Nama Katolik Tidak Ada di Alkitab. Katolisitas.org | diakses 4 Juni 2019 Apa Arti Kata Katolik. Ekaristi.org | diakses tanggal 4 Juni 2019 

Posting Komentar

0 Komentar