Mengenal Newt Scamander

Saya bukan penikmat buku dan film Harry Potter yang skuelnya telah rilis ke dalam beberapa seri. Ceritanya terlalu rumit untuk saya pahami. Ditambah hal lain soal "sihir", membuat saya melihat dunia dalam film ini semuanya seperti tipu muslihat.

Tapi film Fantastic Beasts and Where to Find Them (2016) membuat saya mencoba kenal dengan film dunia sihir ini. Setidaknya sedikit mengenal. Dan ini waktu yang tepat, karena film Fantastic Beasts dibuat dengan latar beberapa dekade lebih awal dari generasi Harry Potter.


Karakter yang penting difilm Fantastic Beasts adalah Newt Scamander. Nama lengkapnya adalah Newton Artemis Fido 'Newt' Scamander, dikisahkan lahir tahun 1897. Newt pecinta hewan-hewan sihir, hewan yang rupa dan bentuknya aneh dan tidak lazim, namun punya kekuatan sihir. Kecintaannya pada dunia hewan ini sudah sejak kecil, hewan pertamanya adalah hippogriff, peliharaan ibunya. Btw, Newt juga punya kakak bernama Theseus Scamander yang bekerja di Kementrian Sihir.


Kisah Fantastic Beasts sendiri berlatar tahun 1920-an. Newt Scamander ini kelak yang membuat buku legendaris yang dipakai jadi acuan semua murid sekolah sihir Hogwarts (sekolah Harry dkk.), buku itu berjudul Fantastic Beasts and Where to Find Them, buku ini rilis tahun 1927, dan sudah edisi ke-62 saat jaman Harry Potter.

Newt juga merupakan salah satu murid dari Albus Dumbledore. Saat itu Dumbledore masih menjadi pengajar di Hogwarts. Newt merupakan salah satu murid kesayangan, karena talenta sihir dibidang kehewanan ini.

Newt masuk ke sekolah sihir Hogwarts School od Witchcraft and Wizardry pada umur 11 tahun, dia tinggal di asrama Hufflepuff. Newt pernah diusir dari Hogwarts karena insiden yang membahayakan murid lainnya.

Karakter Newt sendiri menurut saya agak aneh, dia berkarakter, pendiam nampak hanya memperhatikan hal yang memang dia sukai. Dengan gimiknya yang agak kaku. Saya melihatnya aneh jika saya berada dijamannya. Setiap saya melihat dia, itu mirip Cassey Stoner, eks pebalap MotoGP.

Di Hogwarts, Newt punya teman dan pernah dekat dengan Leta Lestrange. Leta sendiri katanya diceritakan masih punya kekerabatan marga dengan Bellatrix Lestrange,  anak buah Lord Valdemort (musuh dari Harry Potter). Tetapi difilm Fantastic Beasts (2018) kedua, nampaknya tidak dikisahkan begitu.


Seiring waktu, Newt kita tahu dalam skuel film Fantastic Beast (2016), bertemu dengan detektif sihir wanita asal Amerika bernama Porpentina 'Tina' Goldstein. Kelak pada akhirnya Newt dan Tina menikah. Mereka akan punya cucu bernama Rolf Scammander. Cucu dari Newt inilah yang berjodoh dengan Luna Lovegood (teman sekelas Harry Potters).

Mungkin pengetahuan ini penting, buat pemula seperti saya, yang mencoba mengikuti skuel film Fantastic Beasts, yang masih ada hubungannya dengan waralaba Harry Potters yang sudah terkenal lebih dulu. Butuh waktu untuk memahami semuanya, tapi saya rasa cukup mengenal sejarahnya saja. Fantastic Beasts sekiranya cukup mengenalkan saya pada imajinasi dunia sihir.

Karena saya cukup bingung ketika menonton skuel Fantastic Beasts The Crime of Grindellwald (2018). Ada karakter yang tidak begitu saya kenal dan keterkaitan mereka. Jadi, perlu saya sedikit tahu tentang latar belakang dan masa depan dari si karakter utama difilm ini. Semoga ini cukup menjadi jembatan menonton skuel film ini selanjutnya. -cpr-

Posting Komentar

0 Komentar