Bumblebee (2018)

Akhirnya bisa juga nonton film ini, film yang sejak awal rencana penggarapannya sudah saya ketahui setahun yang lalu, setelah saya menonton film skuel Transformers: Revenge of The Fallen. Waralaba Transformers ini akan membuat spin off khusus karakter Bumblebee.

Bee merupakan karakter dalam animasi Transformers yang tidak kalah penting selain Optimus Prime digrup Autobots. Saking pentingnya, Bee merupakan tanganan kanan Optimus untuk berkomunikasi dengan manusia bumi. Bee selalu penting disetiap seri Transformers baik yang movie maupun serial animasi. Semua orang suka karakternya, apalagi anak-anak.


Menarik saya menunggu film yang khusus hanya membahas Bumblebee sebagai karakter utama dalam sebuah film Transformers. Penasaran, sisi cerita seperti apa yang akan diangkat pada filmnya kali ini.

Akhirnya film Bumblebee ini resmi dirilis tanggal 21 Desember 2018. Film ini disutradarai oleh Travis Knight. Michael Bay yang biasa jadi langganan diskuel Transformers kini bertindak sebagai produser. Paramounts Picture jadi distributor film ini, ya seperti biasa.

Film ini ternyata mengisahkan awal mula sebelum film Transformers (2007) yang pertama. Sebelum para Autobots mengenal Sam Witwicky (Shia Labouf). Ketika kita menonton Transformers pertama itu, kita tahunya bahwa Sam lah manusia bumi pertama yang dikenal Autobots, khususnya Bumblebee. Padahal sebelum itu, Bumblebee sudah punya ikatan terhadap manusia.

Dia adalah Charlie Watson (Hailee Steinfeld). Seorang gadis agak tomboy yang kehilangan jatidirinya sejak sepeninggal ayahnya. Dia adalah atlet loncat indah sebelum ayahnya meninggal. Sejak saat itu dia menjadi pemurung, dan nampaknya hanya hidup dengan dunia dan kesibukannyan sendiri. Dia senang dunia otomotif, karena itulah yang membuatnya hidup dalam bayang-bayang kenangan ayahnya. Ditambah ketika ibunya memutuskan menikah lagi, dan membangun keluarga baru. Charlie semakin tidak bisa move on. Meskipun ayah barunya tidaklah jahat. Hidupnya menjadi lebih berubah ketika dia kenal B-127, nama robot Autobots yang kemudian dia beri nama Bumblebee.


Film ini juga menceritakan kenapa Bumblebee tidak bisa bicara normal seperti Autobots lainnya. Akan dikisahkan difilm kali ini.

Scene awal dikisahkan terjadi pertempuran dahsyat di Cybertron. Pasukan Autobots dianggap sebagai kelompok pemberontak di planet asalnya. Para Autobots terdesak oleh serangan para Decepticons. Pasukan Autobots kalah jumlah, membuat para Autobots harus mundur.

Optimus Prime memimpin peperangan di Cybertron, termasuk B-127 ikut dalam pertempuran itu. Karena situasi memburuk, Autobots semakin terdesak, Optimus memerintahkan B-127 untuk berlindung mencari tempat berlindung yang lebih baik. Bumi adalah tujuan yang aman untuk menyelamatkan diri. B-127 ditugaskan untuk lebih dulu ke bumi untuk mempersiapkan kedatangan para Autobots yang lain, serta menemukan para Autobots lain yang lebih dulu menyelamatkan diri ke bumi.

B-127 pun pergi dengan kapsul luar angkasa dan mendarat di bumi. Ketika mendarat di bumi, B-127 jatuh di wilayah latihan militer tentara USA. Di sana B-127 dianggap musuh/ alien yang mengancam bumi. B-127 nyaris terdesak karena gempuran militer USA. Sampai akhirnya ternyata ada Decepticons datang mengejar dan terjadilah pertarungan dua robot. Dengan susah payah, B-127 berhasil menang, namun akibat pertempuran itu membuat kondisinya rusak parah. Pita suara B-127 dirusak, karena B-127 tidak mau memberikan informasi dimana Optimus Prime berada. Setelah pertempuran 1 lawan 1 itu. B-127 pun tumbang, tapi sebelum melakukan hibernasi, B-127 berkamuflase menjadi sebuah VW Beetles.

Dilain cerita, dikisahkan tentang kehidupan dari seorang gadis bernama Charlie, seperti yang saya ceritakan di awal tadi. Charlie sedang berusaha membangun sebuah mobil bekas yang selama ini dikerjakan bersama ayahnya, sebuah mobil Corvette. Karena tidak punya uang, Charlie memanfaatkan onderdil bekas yang dia peroleh dari sebuah gudang pembuangan barang bekas. Di sana pula lah Charlie menemukan sebuah VW Beetles kuning yang teronggok begitu saja. Charlie tertarik pada mobil itu dan meminta pada pemilik gudang sebagai hadiah ulang tahunnya, dan akhirnya diberikan.


Charlie mencoba memperbaiki mobil itu dan di sanalah awal pertemuan Charlie dengan B-127. Komunikasi yang baik diantara keduanya terjalin, Charlie pun mempunyai ikatan baik dengan B-127 meskipun pada awalnya komunikasi mereka hanya dengan menggunakan bahasa isyarat. Charlie yang menemukan B-127 dalam kondisi tak layak, bahkan sampai mobil ini dijadikan sarang lebah madu, B-127 ini kemudian diberinama oleh Charlie, Bumblebee, karena warnanya kuning dan lincah seperti lebah. Charlie lah yang kemudian mencoba memperbaiki pita suara Bee, sehingga kita kenal Bee bisa berbicara tapi menggunakan channel rekaman radio.

Bee ternyata masih jadi buruonan para Decepticons. Dua Decepticons datang ke bumi untuk mencari tahu dimana Optimus melalui Bee. Decepticons berusaha mengelabui manusia bumi, bahwa Bee merupakan penjahat yang mengancam, padahal sebaliknya. Decepticons memperalat manusia bumi dalam hal ini tentara USA untuk mau memberikan bantuan pinjaman satelit untuk mencari tahu keberadaan Bee.

Bee pada akhirnya diketahui keberadaannya. Kondisi Bee jadi sangat terdesak, mendapat serangan dari dua Decepticons dan tentara bumi yang menganggapnya musuh. Bee pun tertangkap dan diinterogasi. Hingga ketahuan bahwa Optimus sebenarnya juga akan datang ke bumi.

Mengetahui hal ini Decepticons berusaha menghubungi Cybertron untuk mengirimkan bala bantuannya untuk menyerang bumi, untuk menangkap para Autobots. Dua Decepticons itu memanfaatkan satelit bumi untuk mengirimkan sinyal panggilan ke Cybertron. Inilah yang jadi misi Bee dengan dibantu Charlie.

Pada adegan ini jadi action yang seru, ketika Bee harus bertarung dengan dua Decepticons sendirian. Dengan dibantu Charlie ini Decepticons gagal untuk meminta bantuan dari planet Cybertron.

Saat usaha penyelamatan bumi ini, Charlie mendapatkan banyak hal yang membuatnya berpikir harus move on. Pada akhirnya bumi selamat untuk sementara waktu. Bee tadinya ingin mengajak Charlie untuk ikut bersamanya. Namun Charlie menolak karena dia punya tanggung jawab dan tugasnya, begitu juga dengan Bee. Akhirnya Bee dan Charlie berpisah.

Di adegan akhir, tampak Bee berubah menjadi Chervrolet Camaro 1977 dan memulai petualangan barunya. Nampak Bee berjalan mendekati sebuah trailer bergandengan. Nampaknya trailer itu adalah Optimus Prime yang sedang menyamar. Setelah kejadian ini, 20 tahun kemudian Bee akan bertemu Sam Witwicky.

Charlie pun menjalani kehidupannya seperti semula dengan hidupnya yang baru, yang lebih menerima kenyataan. Charlie pun akhirnya berhasil merampungkan mobil Corvette yang selama ini dia kerjakan bersama ayahnya.


Begitulah cerita dari film Bumblebee ini. Menarik kalau menonton langsung, seru deh pokoknya. Soalnya, ini sepertinya jadi film Transformers terakhir, setelah Paramount Picture memutuskan untuk membatalkan skuel Transformers ke-7. Sayang sekali sih, jujur saya sih senang dengan film Transformers sejak kecil, jadi ya ke depannya tidak ada yang ditunggu lagi deh setiap tahunnya. Ya mudah-mudahan sih lain waktu, ketika pasar sudah tak lagi jenuh, skuel ke-7 bisa dirilis dengan jalan cerita yang lebih seru lagi dari skuel sebelumnya.

Sekian dulu catatan saya tentang film ini. Mungkin ini bisa saja dianggap spoiler sih. Ya kalau yang belum nonton, lebih baik nonton saja langsung. Karena apa yang ditulis di sini kan bisa saja berbeda, ini kan dari cara pandang saya melihat film ini. Ingatan saya termasuk parah lho, jadi lebih baik nonton langsung, supaya lebih dapet jalan ceritanya. Sampai jumpa dicatatan tentang film lainnya. -cpr-

Posting Komentar

0 Komentar