RIP Stephen Hillenburg Kreator SpongeBob SquarePants

Siapa yang tidak kenal kartun Spongebob, makluk spons berwarna kuning yang polos dan lugu, dan teman-temannya yang mengisahkan kehidupan laut di Bikini Bottom. Kartun yang punya selera humor yang unik, yang menampilkan kisah persahabatan, kejujuran, serta imajinasi yang kadang aneh.

Saya kenal Spongebob tahun 2004. Saat itu serial kartun ini jadi teman sarapan setiap pagi di ruang tengah kos-kosan. Bangun tidur pagi, serial kartun ini sudah memberikan hiburan tersendiri.


Tapi tahukan, siapa tokoh dibalik kartun ini? Dia bernama Stephen Hillenburg. Saya baru mendengar namanya ketika ada berita duka tentangnya. Stephen Hillenburg kini sudah beristirahat dengan tenang pada usia 57 tahun karena mengidap penyakit ALS atau Amyotrophic Lateral Sclerosis, penyakit neurodegenerative progresif.

Punya nama lengkap Stephen McDannel Hillenburg, lahir di Lawton, Oklhahoma, Amerika Serikat pada 21 Agustus 1961. Lawton merupakan area pos United States Army Fort Sill. Ayahnya seorang draftsman dan designer untuk perusahaan yang bergerak dibidang kedirgantaraan, ayahnya juga terlibat pada program Apollo. Ibunya merupakan pengajar untuk murid yang berketerbatasan melihat.


Stephen mendapat bakat seni selain dari ayahnya juga dari neneknya, yang merupakan pelukis. Adiknya melanjutkan jejak ayahnya dibidang draftsman dan designer.

Dia adalah seorang animator, sutradara, produser, penulis, aktor, pengisi suara, serta ahli biologi laut. Meski lahir di Lawton, namun Stephen dibersarkan di Anaheim, California.

Stephen diketahui menempuh pendidikan di Humboldt State University, mendapatkan gelar dalam bidang Interpretasi dan Perencanaan Sumber Daya Laut tahun 1984. Basic animasinya diperoleh dari California Institute of The Arts (CalArts) tahun 1992. Pengetahuannya tentang laut akhirnya berkolaborasi dengan animasi, menjadi sebuah karya spons kuning yang kita kenal dengan Spongebobs.

Dasar ilmu tentang kelautan yang dimilikinya membuat Stephen pernah juga bekerja sebagai pengajar biologi laut di Ocean Institute di Dana Point. Pernah juga Stephen bekerja sebagai koki di restoran cepat saji sebelum lulus kuliah.

Setelah lulus dari CalArts, Stephen kenal dengan Joe Murray creator Rocko's Modern Life dan ditawarkan bekerja sebagai sutradara seri. Di sana, Stephen berkarya juga menjadi penulis, produser dan seniman papan cerita dimusim ketiganya setelah bergabung kemudian melanjutkan sebagian besar dimusim keempatnya.

Tahun 1996, Stephen mulai mengembangkam animasi lain yaitu karakter SpongeBobs SquarePants menjadi serial televisi. SpongeBobs SquarePants pertama kali ditayangan 1 Mei 1999 dan telah menanyangkan 356 episode.


Stephen juga menyutradari The SpongeBobs SquarePants movie tanggal 19 November 2004. Setelah film selesai digarap, Stephen berhenti dan menunjuk Paul Tibbitt sebagai showrunner seri. Sedang Stephen melanjutkan mengerjakan skuelnya sebagai produser eksekutif dan penulis.

Stephen menikah dengan wanita yang merupakan koki yang mengajar di sekolah memasak, wanita itu bernama Karen. Pasangan ini dikaruniai anak tahun 1998 yang diberinama Clay.

Stephen dikenal sebagai pribadi yang tertutup, dia mengakui bahwa dirinya pemalu, dan tidak ingin kehidupan pribadinya dan keluarganya diketahui banyak orang. Informasi seputar Stephen saya peroleh dari Wikipedia dan beberapa sumber lain.

Kini sang kreator telah berpulang pada tanggal 26 November 2018 lalu. Meskipun dia telah pergi, namun karyanya akan terus menghibur anak-anak saat ini hingga nanti. SpongeBob akan terus dikenal, walaupun mungkin mereka tidak akan kenal sosok Stephen Hillenburg dibaliknya. Selamat jalan, Rest in Peace. -cpr-


Posting Komentar

2 Komentar

  1. Sumpah saya senang banget sama Spongebob ... 🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sayangnya sang kreatornya harus berpulang :) seluruh warga bikini bottom pasti berkabung.

      Laut yang biru sementara jadi kelabu :p

      Hapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6