Kuat Kita Bersinar; Superman is Dead (SID)

Sudah lama sekali saya tidak pernah dengar lagu-lagunya Superman is Dead (SID). Kebetulan, pas lagi baca berita gosip, lagi ada 'persengketaan' antara artis dangdut dengan personel dari SID ini. Isenglah, buka-buka playlist Joox, mampir ke album-album SID.

Dari beberapa lagu SID yang pernah hits dijamannya, ada satu lagu yang kiranya masih cocok diperdengarkan saat ini, pas ketika saat ini bangsa Indonesia tengah terpolarisasi akibat kontestansi pilpres 2019.

Sebenarnya, polarisasi bangsa ini terjadi sudah sejak pilres 2014, lanjut pilkada DKI Jakarta 2017 lalu. Sebenarnya sih akan tetap terpolarisasi seperti ini sampai yang berambisi nyalon menang, soalnya tiap kali nyalon selalu kalah. Ya maklum saja, tidak banyak hal yang menarik untuk jadi alasan memilihnya.

Nah, lagu dari SID ini nampaknya pas untuk jadi bahan refleksi supaya bersatu melihat perbedaan. Supaya buang ambisi 'jahat', dan sadar diri melihat lebih objektif. Jika tidak mampu lebih baik dari standar yang ada, sadar dirilah. Supaya tidak semakin memperkeruh keadaan. Masih ada calon-calon lain yang punya potensi koq, untuk bisa menang. Lebih baik dukung calon tersebut dengan cara lebih baik.

Lagu dari SID ini berjudul Kuat Kita Bersinar berasal dari album keenpat yang berjudul Angel and The Outsider (2009/2010).


Sebenarnya sih, lagu SID ini mengangkat pertikaian yang terjadi di dunia karena perbedaan, ketika para pemimpin negara semua berlomba memperkeruh perbedaan. Ingin berlomba memimpin dunia dengan cara menghilangkan perbedaan.

Namun satu yang serupa yang terjadi di Indonesia, bahwa ada yang nampaknya anti dan sensitif dengan namanya perbedaan. SID menggunakan ungkapan "buta akan indahnya perbedaan". Ya memang itulah yang sedang terjadi di Indonesia. Polarisasi masa diciptakan menggunakan isu-isu perbedaan demi dukungan politik, karena tidak bisa memberikan pilihan solusi atas masalah.

Ya semoga, dengan lagu ini generasi muda bisa terbawa semangat positif lagu Supermen is Dead ini, meski lagu lama, tapi tetap pas semangatnya dijaman sekarang ini. -cpr-


Posting Komentar

2 Komentar

  1. supermen is dead adalah band yg mempresentasikan anak muda. lagu2 banyak ttg perlawanan. jaman aku smp deh kayaknya lagi ini sempat booming. kangen liat dia di acara TV, sekarang jarang nongol tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stay di Bali, ini kan band asli Bali. Kalau di sana mereka mungkin masih sering manggung deh.
      Ini kedengar lagi karena personelnya ada yang protes sama Via Vallen, jadinya iseng nostalgia deh.

      Hapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6