SiDat Mandi di Joko Rental

Akhirnya sejak pertama kali keluar dari dealer SiDat baru pertama kali ini mandi di tempat pemandian. Maklum lah, sejak awal SiDat dimandikan sendiri, karena ya alasan efisiensi juga, bayangkan seminggu sekali kalau mandi di luar habiskan budget 25-35K minim-minim. Ya memang sih praktis, tinggal duduk manis menunggu tak perlu repot.

Hari ini SiDat rasain juga disteam dan mandi salju, seger kali kalau bisa ngomong. Memang sejak minggu lalu ada rencana untuk ke tempat cucian, karena ketika saya cuci sendiri ada bagian kolong-kolong dan kaki-kaki yang kurang dapat perhatian, terutama guyuran dan semprotan air. Maklum lah, cuci sendiri kan airnya gayungan, bukan steam semprot.

Bertempat di Joko Rental yang berada di dekat Ceremai Giri, arah ke Kalijaga Monyet, yang melayani car wash, poles kaca, poles body, poles ban, poles mesin dan lain-lain, SiDat bisa mandi disembur air tekanan tinggi. Plus bagian interior bisa divacuum cleaner, jadinya sisa pasir dan remahan makanan bisa terangkat semua.


Ya lumayan lah untuk interior bagian kaki bersih, tidak ada remahan. Hanya saja untuk luar, nampaknya dari jauh sih bersih ya, hanya kalau diperhatikan detail itu kurang. Kalau boleh membanggakan diri, masih lebih puas hasil cuci saya. Andaikan, saya diberikan fasilitas cuci seperti di sana, hasilnya lebih oke karya saya. Gimana tidak, saya sangat perhatikan tiap kotoran, terutama noda dari tai burung dan tai kelelawar, bintik noda air hujan pun berusaha saya gosok hingga bersih, bayangkan untuk cuci saya butuh waktu 2-3 jam.

Masuk on stage, langsung hidrolik dinaikan, buat bersihin kaki-kaki dulu sama body bagian bawah

Ya habis itu, hidrolik turun, waktunya semprot salju


Ini bagian pengeringan dan sedot debu bagian kabin

Meski tidak begitu puas, karena masih ada beberapa noda yang tertinggal, setidaknya debu, remahan dalam kabin hilang, serta kotoran di bagian kaki-kaki dan kolong mobil bisa terbuang karena disemprot air tekanan tinggi.

Harapan saya, minggu depan saya bisa tunaikan hajat saya mencuci sendiri, untuk membersihkan noda yang belum hilang. Sebenarnya dihilangkan sekarang pun, esok akan ada noda lagi.

Btw, lokasi tempat cuci mobil Joko Rental ini cukup luas, spot cucinya memang hanya 2, ditunjukan dengan piranti hidrolik. Pagi ini ketika saya datang, saya hanya tunggu antrian satu mobil. Situasinya, selesai mobil satu dicuci kemudian dilap, datang lagi pelanggan lain. Mungkin karena pagi, customer datang silih berganti dengan ritme yang pas. Jadi tidak kesulitan buat antre parkir, mengingat lahan parkir untuk tunggu tidak begitu luas. Takutnya menganggu lalu lintas jalan di depannya. Ya meski tidak ramai, tapi kan mengganggu.

Kalau cuci biasa, kita datang masuk parkir, langsung berikan kunci ke bagian yang cuci. Nanti mobil kita akan diparkirkan oleh mereka ke posisi pas di atas hidrolik. Setelah itu, hidrolik diaktifkan pada ketinggian tertentu, supaya bisa membersihkan bagian kolong. Habis itu yang dilakukan adalah semprot air ke seluruh body mobil. Pencucian pertama adalah bagian kaki-kaki. Habis semprot air, dilanjutkan semprot busa/ cairan/ sabun cuci, kemudian dilap. Setelah itu dibilas. Habis itu hidrolik agak diturunkan untuk dilakukan semprot busa ke arah body. Kemudian dilap-lap untuk menghilangkan kotoran. Setelah dirasa cukup baru dibilas. Habis bilas, masuk ke tempat pengelapan kering dan pembersihan kabin dengan vacum cleaner.

Total waktu yang dibutuhkan melakukan proses itu 45-60 menit lah, tidak lebih dari itu. Setelah semua selesai, bayar deh. Untuk semua jasa itu saya harus mengeluarkan uang 35K.

Cuci mobil di tempat cucian mobil memang enak, praktis, dan untuk interior bisa dibersihkan dari debu, pasir dan remahan sisa makanan jika biasa makan di dalam mobil. Untuk soal kebersihan body memang tidak terlalu detail. Untuk kaki-kaki memang terbantu dengan disemprot steam kotoran bisa luntur. Memang perlu lebih detail jika kita melakukan sendiri dengan fasilitas tersebut, hasilnya pasti lebih oke.

Ya itu saja yang saya mau catatkan pagi ini, SiDat mencicipi mandi di tempat cucian mobil. Buat pengalaman juga, bahwa pernah. Mungkin satu lagi, saya mau bawa ke tempat detailing cleaning mesin, supaya bersihkan debu-debu yang nempel di body mesin.
Sampai jumpa dicatatan saya lainnya. Sekian, happy sunday, happy blogger. -cpr-

Posting Komentar

0 Komentar