Rasi Bintang Leo Menurut Mitologi Yunani

Tidak sangka, sudah tiba dibulan kedelapan ditahun 2018 ini, Agustus telah tiba. Saya rasa baru setahun lalu berlalu, ketika musibah kehilangan dan birthday trip saya ke beberapa pulau di Jakarta Utara.

Agustus memang jadi bulan kelahiran saya beberapa tahun yang lalu, oleh itu pula saya menyandang label pria berzodiak leo.

Ilustrasi

Dalam mitologi Yunani, penetapan zodiak itu diambil dari rasi bintang, leo merupakan rasi bintang yang ditetapkan untuk range tanggal pertengahan Juli hingga Agustus. Ada sebelas rasi bintang lainnya yang umum kita kenal. Pada catatan kali ini saya ingin mencari tahu, tentang asal usul rasi bintang ini.

Lambang atau sosok Leo ini diambil dari Singa Nemean yang jadi lawan Hercules ketika Hercules melaksanakan 12 tugasnya, salah satunya adalah melawan singa besar. Jubah kulit singa yang sering dipakai Hercules adalah kulit singa ini yang berhasil dibunuhnya. Singa Nemean merupakan hewan kesayangan Dewi Hera yang memang sangaja dikirim menghadapi Hercules untuk merintangi Hercules menyelesaikan tugasnya.

Singa Nemean dikisahkan sebagai peliharaan Dewi Hera, sang dewilah yang membesarkannya. Singa Nemean merupakan singa besar dengan berbulu emas, serta memiliki kulit yang sangat kuat dan tidak bisa ditembus senjata apapun.  Sehingga untuk mengalahkannya, Hercules harus mencekeknya sampai mati. Kemudian, untuk menguliti dan mengambil kulitnya Hercules menggunakan cakar si singa tersebut.

Atas jasa dari Singa Nemean ini, Dewi Hera menempatkan Singa Nemean di langit menjadi konstelasi rasi bintang Leo. Sebenarnya, ada pula yang menceritakan bahwa Dewa Zeus lah yang menempatkan Singa Nemean di langit sebagai peringatan akan pertarungan hebatnya dengan Hercules.

Begitulah asal muasal zodiak leo atau rasi bintang leo yang umum disandangkan pada kita orang yang lahir pada tanggal 23 Juli - 22 Agustus. Saya masuk di dalamnya, dimana nanti tanggal 16 Agustus adalah tanggal dimana saya dilahirkan beberapa tahun lalu. Rasi bintang leo sendiri bisa dilihat pada bulan April di langit belahan bumi utara.

Sekian catatan saya mengawali bulan kedelapan, Agustus. Birthday month, akan kemanakah bitrhday trip tahun ini? Kita nantikan saja catatannya dibeberapa hari ke depan, masih dibulan ini. -cpr-

Posting Komentar

0 Komentar