Traffic Blog Melonjak Kegirangan

Beberapa hari terakhir traffic blog saya dibuat aneh, terjadi anomali dengan traffic pengunjung blog saya Naturality. Anomali ini punya kecenderungan naik sih, tapi menurut saya aneh. Karena, saya memang rajin memantau traffic blog saya setiap harinya, dan saya sadar kapasitas blog pribadi saya sampai saat ini.

Jadi anomali karena traffic kunjungan dalam tiga hari ini menjadi meningkat menjadi 40 kali lipat untuk total visitor dan 50 kali lipat untuk first visitors dan 26,67 kali lipat untuk peningkatan page view.

Ilustrasi

Bukan sesuatu yang menyenangkan bagi saya, tapi ini anomali. Entah dari mana sumber visitors yang datang ini. Saya coba mencari tahu melalui widget traffic stats yang saya gunakan, untuk mencari sumber pengunjung, tertampil beberapa alamat IP, yang menurut statistik memang benar baru sekali atau dua kali mengunjungi. Tapi yang saya heran, dari mana IP tersebut bisa mengunjungi blog saya ini. Mengingat saya tidak membuang banyak link untuk mendatangkan visitor.


Sekali lagi ini merupakan anomali. Saya takutnya Google nanti menganggap ada "kecurangan", padahal tidak ada yang saya lakukan untuk menciptakan anomali tersebut.

Sejauh ini akan saya pantau mengenai perubahan anomali ini. Saya sendiri belum mengetahui pasti kenapa terjadi seperti ini. Kalau diurut ke belakang, tidak ada yang saya lakukan, terakhir saya hanya editing template. Memang, ada perubahan template tiga hari lalu.

 
Perubahan atau editing template ini adalah karena saya sedang berupaya menghilangkan direct link yang selalu mengalihkan blog saya ke pop up link situs lain. Sudah banyak beberapa blogger yang sering berkunjung ke blog saya komplain. Banyak iklan mengganggu ketika visit atau sekedar blog walking ke Naturality.

Saya sendiri juga sejak lama terganggu dengan pop up link ini. Kondisi ini membuat blog saya jadi sensitif, terutama jika diakses dari browser android. Padahal niatnya scroll untuk membaca blog, tapi tiba-tiba muncul pop up yang mengalihkan ke website lain, iklan atau notifikasi seperti "virus", membuat gadget kita berbunyi "tit tit tit tit". Kondisi ini jelas menandakan ada yang tidak beres.

Saya coba mencari tahu, dimana sumber pop up link tersebut, namun sampai saat ini saya tidak bisa menemukannya. Berbagai cara tutorial dari blogger lain sudah saya coba, tapi saya masih belum bisa mengatasi masalah ini. #stres

Usaha saya mengatasi masalah akhirnya mungkin berakibat tidak langsung dengan anomali traffic, sehingga membuat traffic blog saya melonjak kegirangan, "merah", dengan diagram batangnya naik, berbeda jauh dengan beberapa hari sebelumnya yang mana menunjukan trafficnya seperti "rerumputan". Berbeda jauh dengan tiga hari terakhir trafficnya seperti "ilalang" yang menjulang.

Saya dibuat bingung, entah harus senang atau sedih. Yang pasti, saya tidak mau dibohongi dengan anomali ini. Tapi buat saya, yang penting masalah pop direct link ini bisa lekas ditemukan solusinya. Soal anomali traffic, saya yakin sih kedepannya akan kembali ke kondisi semula.

Catatan ini saya buat sebagai informasi pengingat bahwa Naturality pernah tercatat mengalami anomali traffic, dimana seakan-akan Naturality jadi blog yang baik, mendapat pengunjung yang konsisten setiap time line dalam satu hari. Sekian dulu catatan saya, informasi tambahan saya sampaikan di kolom komentar.cpr.

Posting Komentar

3 Komentar

  1. Saya mau berkomentar apa ya di artikel ini .. bingung, hehehe..

    Lihat blog melonjak seperti itu berarti banyak pengunjung ya,mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya kaget, biasa gk bgtu. Tkt ny ad yg aneh.
      Tapi lmyn nih, pop up iklan sdh gk muncul 😂

      Hapus
  2. Sampai hari ini anomali nya masih terjadi, traffic nya masih menunjukan gejala yang sama, tidak lebih tinggi tapi cenderung stabil, menurun tapi tidak signifikan, masih stabil pergerakannya.

    Dari traffic, tercatat Sani Pelindung Saturnus jadi sering muncul.

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6