Mencoba Rute Lain: Blok M - Manggarai

Jaman sekarang, mau ganti-ganti pilihan transportasi banyak pilihan. Dulu juga bisa sih, tapi dulu itu tidak tertib, saya jadi malas pakai angkutan umum. Berbeda sekali dengan sekarang, apalagi transjakarta sudah menjamur ke beberapa rute yang dulunya diisi bus konvensional, yang saya sebut sebagai bus "pemusnah massal".


Biasanya saya pulang kantor, menggunakan rute Blok M - Dukuh Atas lanjut jalan kaki ke Stasiun Sudirman lanjut KRL ke Depok atau Blok M - Kota, lanjut KRL ke Depok. Kedua pilihan rute ini punya plus minus, kalau ke Kota itu lama sampainya tapi bisa dapat tempat duduk. Sedangkan di Sudirman, relatif lebih cepat tapi tidak dapat tempat duduk plus "bar-bar" alias desak-desakan.

Nah kali ini saya mencoba rute lain, alih-alih supaya mengurangi jalan kaki. Biasa kalau turun di Dukuh Atas, saya mau menuju Stasiun Sudirman harus jalan kaki kurang lebih 1 km. Sekarang saya coba dengan bus kecil, Blok M - Manggarai. Harapannya, di Stasiun Manggarai saya dapat banyak pilihan KRL menuju Depok.

Suasana terminal tunggu jalur 2 di Halte Blok M

Tapi menunggu di halte khusus untuk bus trayek Manggarai koq lama ya. Padahal kalau pagi, saya lihat bus nya banyak. Dan kata teman kantor bus jurusan ini relatif banyak. Hmm, tapi kenapa pas saya pertama kali coba ini koq langka ya.

Suasana antrian di jalur 2, yang rute Ciledug

Start jam 17:15 dari kantor, sampai Blok M, sampai saat ini (17:40) saya masih menunggu. Saya amati, bus yang banyak melintas itu rute Ciledug beberapa kali, kemudian rute Kp. Rambutan, kemudian rute Pd. Labu. Nah, kemana yang rute Manggarai yak? Sempet kesel sih, lihat yang rute Blok M ke Kota itu sepi yang antre dibandingkan tempat saya menunggu.


Akhirnya datang juga bus mini yang menghantar ke Manggarai, tepat 17:45 berangkat. Sayang, karena ini bus mini, jadi jumlah kursinya terbatas, umumnya sudah diisi ibu-ibu dan mbak-mbak. Hmm, sepertinya harus cari celah supaya dapat tempat duduk lain kali. Pilihan duduk di bagian belakang nampaknya strategis, tidak terganggu penumpang lain yang mau berebut duduk.


Rute bus ini lewat Sudirman juga sih, padahal saya pikir bakal lewat jalur lain. Soalnya tahu sendiri, ruas Sudirman kerap macet karena jalanan termakan proyek pedestrian. Ternyata hanya sampai Semanggi via Sudirmannya. Habis dari Sudirman, bus melintas ke arah Semanggi ambil jalur ke arah Gatot Subroto, kemudian tiba di persimpangan, bus ambil arah Kuningan. Kemudian sebelum arah Menteng bus ambil arah Latuharhari, Pasar Rumput akhirnya tiba deh di Halte Manggarai.

JPO Halte Manggarai

Hmm, saya pikir turunnya dekat dengan Stasiun Manggarai, jadi jalannya tidak jauh, tapi ternyata tetap harus berjalan kaki ya kurang lebih 550 meter. Tapi sih lumayan dibantu JPO hingga kolong jembatan di Manggarai, lanjut melangkah hingga sampai stasiun.

Stasiun Manggarai

Suasana baru sih, jadi fresh, sampai stasiun langsung disambut outler KFC Box di sana, hmm, enak nih kalau pas lapar bisa mampir. Hanya saja di sini tempatnya agak terbuka gitu deh.

Lanjut masuk gate menuju peron. Saya masuk ke walking underpass untuk menuju peron rute KRL Bogor/ Depok. Kebetulan sore ini sedang lengang, jadi saya menikmati perjalanan. Sampai peron, saya langsung dipaksakan merasakan sensasi kejar-kejar kereta. Padahal biasanya saya suka heran melihat orang-orang di stasiun ini, kenapa ya pada lari-lari kejer kereta. Eh ternyata saya sekarang tahu alasannya. Karena memang, kalau ada kesempatan kejar kereta, why not, "Run!!!"
Suasana lorong walking underpass St. Manggarai

Ahay, sampai di atas kereta, lengang tidak desak-desakan kaya naik dari Sudirman. Tapi belum kesimpulan final sih, karena hari ini puasa hari pertama, bisa saja ada perubahan aktivitas para komuter yang lain.

Tapi over all, pencobaan menggunakan rute baru ini menyenangkan, besok saya akan coba lagi, karena ada beberapa dokumentasi yang belum saya ambil gambarnya. Jadi targetnya besok saya coba lagi, sekalian ngetes besok kan hari Jumat nih, bagaimana situasinya.

Sepertinya saya cukupkan dulu catatan perjalanan saya menggunakan rute baru ini. Kalau ada tambahan informasi mungkin di kolom komentar saja saya sampaikan, kaya kebiasaan postingan saya lainnya gitu. Semoga lekas sampai Depok, cao.cpr.


Additional info:
Begini repotnya kalau kesiangan, mengambil rute ini. Tapi untungnya bus di rute ini relatif banyak, jadi hanya sedikit bersabar meski tidak menjamin bisa dapat kursi jika sedang penuh.

Pagi sekitar pukul 06:30, sudah cukup banyak penumpang yang menunggu di rute ini. Posisi menunggu dan memastikan posisi kita tepat di depan pintu masuk bus saat berhenti adalah penting.


Perhatikan saja gambar di atas, dokumentasi ketika penumpang berebut masuk bus, baik dari pintu depan dan belakang. Status di dalam bus sudah penuh sesak, entahlah calon penumpang yang di Halte Manggarai apakah masih bisa masuk? Entahlah, karena ketika bus kosong baru datang saja langsung diisi penumpang.

Posting Komentar

18 Komentar

  1. Hahhahah bagus tuh ganti2 rute. Kalau bisa sering-sering biar gak bosen Mas :). Ini blog emang dipasang iklan autodirect gitu ya ?, Sekalinya buka langsung ke android anda bermasalah blabla, agak ngeselin Mas kayaknya buat pengunjung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba2 cri suasana bru, cri yg efisien jg haha

      Itu bawaan template ny ky ny deh, sjk pakai template ini ky bgtu mulu. Padahal template bawaan Google.

      Sy sj dbuat sebal dengan template ini hahaha
      Nanti tunggu wkt senggang, diganti sj.

      Hapus
  2. Puasa hari kedua ini, plg agak cpt, jm5 lwt 15 sdh start didalam bus. Berbeda dg kmrn, hri ni jalanan ckp padat, terutama ruas Gatsu menuju simpangan arah Kuningan. Tp entah nih, di Kuningan menuju Menteng, terus arah Manggarai padat gk nih.

    BalasHapus
  3. Nah kali ini coba berangkat kantor dengan rute ini, ternyata lbh irit jalan kakinya. Kalau di sini, turun Manggarai, kita hanya perlu keluar komplek stasiun, kemudian ambil arah kanan stasiun. Di sana ada halte bus M6|Manggarai-Blok M standby. Jadi tidak perlu jalan banyak2, lngsg naik.

    Hanya sj, ya minimal berdiri dl lah. Tp gk lama, sy brdiri paling smp Kuningan Madya, ud dpt duduk.

    Cuma heran, di sini, sy taping e-money ny dimana ya 😅, masa sy naik angktn gk byr ... Entahlah, liat aja nanti sampai Blok M bagaimana

    BalasHapus
  4. Katanya perjuanan ya berangkat dan. Pulang kantor dijakarta itu.. Rute sama dan berbeda macet semua..

    Btw iklannya mengganggu sekali.. Klo org tdk bw balik jangan salahkan mereka y

    BalasHapus
  5. Iya nih masalah pop up iklan belum bisa diberesin, menganggu sekali, sy sj terganggu. Belum ketemu solusinya 😭

    BalasHapus
  6. Hari ini jalanan padat, penumpang M6 juga tumben penuh, smw tujuan stasiun smw. Tp sy jd tw, krn trnyt M6 ini terakhir di stasiun, jd ngapain jg kmrn sy hrs jalan kaki dri Halte Terminal Manggarai ke stasiun, trnyt bus ni sampai stasiun. Jd ckp jalan bbrp langkah, sampai deh.

    Bakal jd pilihan terus nih :p

    BalasHapus
  7. Akhirnya sy tahu, nae bus ttep hrs ttep bayar. Gk gratis ky sy kmrn hahaha
    Jd kalau start dri Stasiun Manggarai ke Blok M dg M6 itu, qt bayar ny taping ke petugas yg duduk2 di deket bus kcil M6 pada ngetem tggu penumpang.

    Qt ksi emoney qt, nti dtaping dimesin edc gtu. Trs qt dpt struk deh bukti pembelian tiket.

    Jadi gk da yg gratis dimana-mana, smw hrs byr ya hehehe, brrti sy kmrn nae bus dpt "subsidi"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sore ini perjalanan pulang ditemani kemacetan, Jl. GATSU padat merangkak. Mungkin sudah tanggal segini, banyak acara bukber, jadi arus lalu lintas jadi padat.

      Enak waktu hari 1-2 puasa, indahnya jalanan, lancar. Tapi setelahnya, kembali ke kenyataan #pahit #macet #lama #buangwaktu

      Hapus
  8. Pagi ini keberangkatan saya ditemani rintik hujan. Sepertinya besok2 saya harus mempercayai ramalan cuaca dari BMKG, repot juga nih, karena harus jalan kaki dari Blok M ke kantor kalau hujan. Padahal hujan gerimis.

    BalasHapus
  9. Pagi ini sy bangun kesiangan, yang seharusnya jam5 sudah standby di stasiun, ini baru mau mandi #kacau
    Alhasil mundur semua deh arggh.
    Akibat kelelahan semalam. Pulang lebih lambat dari biasa, karena habis bukber eks CBC dan sebelum tidur ngoprek asus dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pulang sore, bus ini jadi bener2 langka, entah bus ny mogok dimana, tp dri sebelum magrib sampe buka tu bus blm dtg. Sampai d dlm bus itu desak2an krn gk da kepastian kapan bus dtg. Tumben, gk tw pd sambat x supir ny jd bus ny pd ngilang gk jls. Smpet mantau di Traffi jg gk update posisi bus dmn.

      Hapus
  10. Perjalanan plg kantor dihari Sabtu menyenangkan, bus banyak dan sepi, jalanan lancar tanpa macet. Coba begini terus, #ademayem

    BalasHapus
  11. Hari ini jalanan paling gila sejak mencoba rute ini, masa habis waktu 2 jam sendiri dari Blok M sampai Manggarai #kangila

    Habis waktu sia-sia di Sudirman dan paling lama di Gatsu. Masa, total 3 jam baru sampai kos. Waduh, bener2 ini. Entah, hari ini semua orang pada "justin bukber" x, maka nya macetnya gak ketulungan.

    Mana tunggu M6 lama. Kayanya sekarang armadanya dikurangi deh, gak kaya dulu tiap beberapa menit ready. Sekarang nunggu bisa sampai 15-45 menit. Sudah beberapa kali merasakan begitu soalnya.

    Berasa pulang dengan rute Blok M - Kota - Depok.

    BalasHapus
  12. Masih dalam minggu akhir libur lebaran, meski sudah sebagian banyak orang masuk kantor, jalanan tetap macet. Hmm, apalagi kalau sudah full kerja ya?

    Saya mulai paham, kenapa rute ini sejak puasa memakan waktu lama. Ternyata adalah tidak sterilnya jalur transj, ini penyebab kemacetan yang buang waktu lama!!!

    BalasHapus
  13. Gayanya skr udh kaya angkutan umum konvensional, ketika penumpang sepi, demi efisiensi, si penumpang diumpankan di halte lain, si bus keloyong pergi.

    Sudah nunggu kendaraan transitnya lama, memang banyak pilihan, tp repotnya sudah milih dan tggu lama, tw gt kan bs naik yg td aja.

    Sy mw trial k Ciledug, dg Tj.13 koq gk lewat2.

    Kacau nih kelakuannya kalau begini, sejak awal naik, baru ini nih diturunin di halte bukan tujuan akhirnya khusus rute ini, kalau yg ke Kota si sudah pernah sekali.

    BalasHapus
  14. Kembali aktivitas di ibukota, saya memulai hari pertama ini dengan naik kereta, sampai halte tj manggarai, seperti biasa sy pilih naik 6M. Biasanya dilayani bus kecil, warma orange, tapi ini koq aneh, bus 6M sekarang jadi besar, kaya bus 4B yang biasa melayani ke arah Depok yang berwarna biru.

    Lebih efektif sih, bisa angkut lebih banyak memang, tapi kadang kan suka sebelum halte Blok M sudah sepi. Tapi entahlah, efektifitas bus besar dan kecil mana yang lebih baik.

    Pagi ini saya akan ikuti bus ini sampai Blok M, baru naik 13A ke arah Ciledug. Pengen tidur sih, soalnya kalau tunggu 13E pasti jam6, mending di sni bs tdr hahaha

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6