Jalan-jalan ke Pasar Jagasatru, Cirebon

Jalan-jalan ke pasar? Hmm, bukan pilihan dan tawaran menarik sih buat anak muda, apalagi laki-laki. Tapi, kalau tugas negara menemani ibu, harus dong berangkat.

Minggu pagi ini saya didaulat menemani ibu ke pasar besar di Kota Cirebon. Sebenarnya, pasokan bahan pokok manakan untuk wilayah Kota Cirebon dipasok dari pasar besar ini. Pasar Jagastru dan Pasar Kanoman merupakan pasar besar di Kota Cirebon. Sebenarnya banyak lagi pasar-pasar kecil di tingkat kecamatan atau kelurahan.

Kalau Pasar Jagasatru menurut ibu-ibu kulakan atau pembeli untuk restoran, lebih enak belanja di pasar ini. Alasannya adalah soal harga, terutama untuk bahan-bahan seperti sayuran, bawang, cabai dll. Namun untuk kebutuhan lainnya saya tidak melihat di sini. Mungkin karena kebetulan yang kami cari hanya sayuran.

Dibandingkan dengan pasar-pasar kecil lain, harga di pasar ini lebih "berteman" untuk pembelian banyak.

Tadi saya sempat mampir ke kios bawang merah, kemudian ke kios wortel, mentimun, lanjut lagi ke kios tomat dan daun bawang, kemudian lanjut lagi ke kios cabai merah dan cabai hijau. Masih belum selesai penjelajahan kami, akhirnya mampir ke kios kentang. Ternyata itu semua masih belum cukup, kami lanjut ke kios terakhir untuk beli bawang putih.



Berikut harga pasaran tadi waktu belanja:
- Wortel 5.000 / kg
- Bawang merah 18.000 / kg (bawang sedeng)
- Mentimun 5.000 / kg
- Tomat sayur 5.000 / kg
- Daun bawang 8.000 / kg
- Cabai merah 20.000 / kg
- Cabai hijau 12.000 / kg
- Kentang 18.000 / kg
- Bawang putih 18.000 kg
- Waluh siyam 5.000 kg




Harga ini bisa lebih mahal di pasar-pasar kecil sekitaran Cirebon atau daerah sekitarnya. Harga di pasar kecil, contohnya di Pasar Perumnas itu bisa 2x lipat lebih mahal. Tapi kalau di Pasar Jagasatru harus beli banyak, artinya tidak bisa beli seprapat atau eceran sedikit.

Uih, belanjaannya buanyak, sampe pegel tangan kiri-kanan bawa belanjaan. Legah pas sampe mobil, buka bagasi dan gabruk taruh bagasi semua.

Kali ini memang belanja ke pasar pertama kali dengan mobil sendiri, first shopping. Menyenangkan ya ternyata, beda kalau naik motor, panas, pegel pula, taro belanjaan pun sulit.

Harga ini akan berbeda nanti saat menjelang lebaran. Jadi demi keiritan beli dulu sekarang untuk stok sebulan, asal penyimpanannya baik pasti kuat sih untuk disimpan lama.

Sekian dulu catatan saya hari ini, edisi first shopping with DatSilver. Sampai jumpa dicatatan yang lainnya.cpr.

Posting Komentar

0 Komentar