Hiburan: Aksi Terorisme Bom Bikin Paranoid

Rentetan kejadian bom yang terjadi belakangan ini baik di dalam negeri dan di luar negeri membuat paranoid kebanyakan orang. Peledakan bom yang dilakukan baik dengan bom bunuh diri, meletakan bungkusan berupa tas, kardus, atau bungkusan lain membuat banyak orang paranoid bahwa barang tersebut adalah bom.

Wajar, kejadian peledakan bom yang terjadi di banyak negara umumnya seperti itu. Kita bisa menyaksikan dari rekaman-rekaman cctv sebelum kejadian. Akibatnya, kebanyakan orang akan mudah curiga pada orang lainnya yang mencirikan hal tersebut.

Bahkan yang parah itu paranoidnya kepada terduga yang menggunakan atribut-atribut tertentu. Seperti yang pernah terjadi di Indonesia pada seorang santri yang baru pulang dari acara keagamaan dengan membawa tas dan bungkusan kardus. Ketika melintas di depan pengamanan kepolisian, yang bersangkutan dicurigai, namun setelah dibongkar ybs hanya orang biasa.

Kejadian ini buat saya jadi seperti lelucon, kasian sekali tertuduh dituduh sampai harus membongkar isi bawaan di pinggir jalan. Simak videonya:


Semua ini terjadi karena ada alasannya, sebelumnya kejadian di Mako Brimob Kelapa Dua Depok pun nyaris serupa, ketika digeledah tidak diketemukan apapun barang membahayakan, tapi ternyata ada pisau tersembunyi dibalik pakaian dalam terduga. Akhirnya polisi harus jadi korban penyerangan oleh terduga. Jadi, apa yang dilakukan aparat di video atas, merupakan suatu kewajaran, tinggal bagaimana kita menyikapinya dengan positif jika tidak bermasalah.

Hal paranoid lainnya terekam dari aksi iseng seseorang, dengan membawa tas dengan penampilan atribut tertentu, kemudian dia berjalan dan mulai keisengannya dengan melempar tas kosong sebenarnya. Namun karena paranoid kebanyakan orang, banyak yang mengira itu tas berisi bom. Ekspresi ketakutan banyak orang mengundang tawa, termasuk saya yang dibuat terpingkal melihat video tersebut. Simak videonya:



Aksi teror sudah pasti menimbulkan trauma, apalagi yang pernah menjadi korban. Bahkan kita yang sekedar pengonsumsi berita saja dibuat parno alias paranoid.

Tapi aksi iseng jail seperti diatas hendaknya tidak dilakukan, karena akan memberikan dampak yang tidak baik, kemudian membuat kegaduhan dan kecurigaan antar orang di tengah situasi seperti ini. Sama seperti becandaan di pesawat atau fasilitas umum lain yang menggunakan kata "bom" sudah diatur khusus, dan ada sanksinya jika iseng.

Apa yang terekam dalam video di atas, bukan untuk ditiru, sikapi sebagai hiburan dan membantu kita mawas diri dan tetap waspada, bukan berarti harus jadi parno setiap saat. Ya, sekian dulu catatan ini, catatan ini sebenarnya hiburan buat saya melihat reaksi unik orang-orang yang dikerjain.cpr.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sani Dewa Pelindung Saturnus, Sang Dewa Penghukum

Pengadilan dan Kejaksaan Negeri untuk Proses Ambil Sitaan Tilang