Berkunjung ke Gereja Katolik St. Theresia, Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur

Pertama tahu akan ditugaskan cukup lama di sebuah desa kecil, lokasi yang saya cari tahu adalah gereja. Mengingat, saya harus melalui minggu dengan melewati hari Minggu. Kewajiban dan hak pengikut Kristus ya ke gereja dong, itu yang harusnya tidak boleh dilewatkan.

Kebetulan karena tempat baru, saya perlu tahu dimana lokasi gerejanya. Ternyata, tidak jauh dari lokasi saya tinggal sementara (home stay), menuju ke sana cukup dengan berjalan kaki, ya kalau yang tidak biasa jalan kaki pasti bilangnya jauh.


Gereja yang saya datangi adalah Paroki Pandaan, Pasuruan, yang masuk ke wilayah Keuskupan Malang. Gereja St. Theresia, Pandaan. Gereja yang umurnya masih muda, melihat di dinding, gereja ini diresmikan 5 Desember 2010 yang lalu. Gerejanya tidak cukup besar, namun cukup memfasilitasi umat di paroki ini untuk beribadah. Mengingat masih banyak umat di daerah lain, yang punya lahan cukup besar namun tidak bisa membangun gereja, karena alasan penolakan warga sekitar meski ijin-ijin admnistrasi hukum sudah lengkap.


Gereja ini di kelilingi bangunan sekolah Katolik KB & TKK St. Theresia dan SDK Panti Parama Terletak di Jl. A. Yani No. 70, Petungsari, Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur 67156. Posisinya strategis, berada di pusat keramaian jalan utama "kota" desa.

Satu yang menarik di gereja ini adalah hiasa lukisan yang ada di atas altar gereja. Lukisan tentang Maria dilukis 3D, membuat nampak nyata, seperti hidup. Setiap misa di sini, pandangan saya selalu tertuju pada lukisan itu. Duduk di bangku depan, sambil memperhatikan lukisan itu, serasa sejuk sekali, ngayemin, berasa dekat dengan Nya. Maklum, tambahan dukungan AC dan suasana Pandaan yang cenderung sejuk.


Seperti yang saya sampaikan di atas tadi, gereja ini tidak begitu besar, tapi sepertinya cukup menampung umat Katolik di sebuah desa yang kecil ini, yang mayoritas beragama Muslim. Kebetulan saya misa pada bukan jam utama, jadi tidak bisa memastikan banyaknya umat di sini. Tapi ada catatan di warta paroki gereja ini, mereka menampilkan jumlah umat yang datang ke gereja tiap minggu, data adalah minggu sebelumnya, total kurang lebih 600an umat, dengan komposisi umat yang datang di Minggu pagi lebih banyak dibandingkan Sabtu sore dan Minggu sore.

Sebagai informasi, jadwal misa harian di sini Senin s/d Sabtu pukul 05:30. Misa Jumat Pertama 17:30. Misa mingguan, Sabtu 17:00 dan Minggu 08:00.

Paroki St. Theresia ini ternyata punya dua stasi yang dilayani, yaitu  Stasi Santa Maria  Bunda Kasih - Sukerejo dan Stasi Santo Paulus - Gempol. Ada dua romo/ imam/ pastor yang menjalankan tugas di paroki ini, kebetulan sewaktu saya mencatat catatan ini beliau adalah Rm. Aloysius Didik Setiyawan, CM dan Rm. Stanisiaus Eylannor Beda, CM.

Tidak banyak informasi tentang sejarah pembangunan gereja ini atau informasi lain tentang Gereja Katolik St. Theresia, Pandaan ini. Jadi, informasi yang saya peroleh berdasarkan yang bisa saya gali saja.


Inginnya saya punya catatan tentang gereja-gereja di daerah lain yang pernah saya kunjungi, ya sekedar berbagi dan sekalian ziarah juga. Biasa orang ziarah ke Gua Maria, saya ziarahnya ke gereja-gereja atau paroki yang baru yang jarang saya kunjungi.

Akhir catatan, semoga paroki ini semakin besar dan melahirkan buah-buah Kristus, sehingga tidak hanya besar namun juga memberikan pengaruh yang positif untuk masyarakat sekitar, bukan untuk mencerahkan perbedaan namun mengindahkan perbedaan yang ada agar bisa bersama diantara perbedaan.

Semoga lain waktu bisa mampir ke paroki ini lagi. Sampai jumpa dilain waktu.cpr.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sani Dewa Pelindung Saturnus, Sang Dewa Penghukum

Pengadilan dan Kejaksaan Negeri untuk Proses Ambil Sitaan Tilang