Sensasi Earthquake After Lunch

Tidak ada angin tidak ada hujan, siang hari setelah makan siang, saya kembali ke aktvitas kerja, duduk di balik meja. Sedang asyik mengetik, tiba-tiba di bagian kaki berpijak terasa sensasi getaran bergelombang seperti ketika ada truk bermuatan kelebihan beban, melintas cepat di jalanan dengan speed trap.

Awalnya saya pikir begitu, tapi langsung seketika pikiran itu terhenti, "truk macam apa yang bergetar seperti ini, sedangkan saya ada di lantai dua." Seketika langsung saya menoleh ke rekan kerja di samping, "Gempa?" Tidak lama berselang, terasa kembali getaran yang berbeda dengan sebelumnya dengan arah seperti horizontal. Saat itu baru yakin telah terjadi gempa.

Fiuh, ya panik, ya merinding juga, jadi ingat kuasa Tuhan melalui alam, bingung juga mau pegang apa dan harus bagaimana. Saya hanya khawatir pijakan beton lantai dua dimana saya berpijak ini rubuh seperti yang kejadian di BEJ baru-baru ini, jadi saya mencoba berpindah ke arah sambungan yang lebih aman saja, ya spontan begitu.

Akhirnya saya pun turun, dan keluar. Karyawan lain yang di lantai satu juga ikut turun ke bawah. Kantor saya ini kebetulan bukan gedung tingkat, hanya seperti rumah, office house-lah mungkin istilahnya.

Tapi jujur, sensasi gempa kali ini cukup gimana gitu, merinding dan cukup shock juga. Tidak lama setelah kejadian, langsung cari berita, untuk mencari informasi akurat tentang apa yang sudah terjadi. Twiter tumben lama sekali updatenya, berita pertama yang saya akses ya dari detik.com, dan diinformasikan memang telah terjadi gempa di selatan Banten.

Lihat status update di kontak whatsapp ramai melaporkan gempa yang terjadi. Ada yang kebetulan posting capture dari aplikasi BMKG tentang info gempa. Saya pun kepo, dan akhirnya saya download deh di App. Store. Sepertinya aplikasi ini penting untuk akses informasi soal alam baik cuaca, serta bencana lain yang mana infonya up to date.


Di hari ini ternyata di pagi buta pun terjadi gempa dengan skala 4,5 selatan Jogjakarta, tepatnya sih barat daya Gunung Kidul.


Sepertinya patahan di selatan Indonesia sedang bergerak, lagi bergeser-geser. Ya aktivitas wajar bumi, yang menandakan bumi ini "hidup". Ya semoga sih bencana ini bisa diatasi dengan baik, semoga sih minim kerugian materi lah. Kasihan juga kalau ada korban baik jiwa dan materi.

Aplikasi BMKG ini informatif, cukup membantu masyarakat untuk tahu, setidaknya menjawab apa yang terjadi, agar tidak salah akses informasi yang akhirnya dimanfaatkan manusia penyebar hoax.

Meskipun merasakan gempa bukan hal yang baru, tapi gempa hari ini cukup berkesan, dan saya menikmati sensasi ini. Semakin memantabkan pada Kuasa Tuhan yang luar biasa, ketika Dia murka, apa saja bisa terjadi. Membolak-balikan keadaan, apalagi soal hidup adalah kuasa-Nya, kita manusia hanya bisa berserah diri dan menikmati hidup dengan baik. Happy earthquake, semoga kita selalu dalam lindungan-Nya.cpr

Posting Komentar

0 Komentar