Aplikasi Info BMKG for Android

BMKG atau Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika merupakan badan yang berwenang dalam hal memantau kegempaan dan cuaca di Indonesia. BMKG jadi yang terdepan memberikan informasi seputar hal tersebut di atas.

Misalnya soal prakiraan cuaca atau kejadian gempa, BMKG jadi badan yang terpercaya untuk mengkonfirmasi informasi tersebut. Sekaligus menyampaikan klarifikasi informasi hoax yang beredar di masyarakat seputar bidang yang mereka tangani.


Demi memudahkan BMKG melakukan klarifikasi dan memudahkan masyarakat mengakses informasi terkait bidang pengamatan BMKGBMKG merilis aplikasi yang dapat diinstal di ponsel pintar. Ya sekaligus jawaban atas tantangan kemajuan teknologi dan memanfaatkan tingginya akses informasi di jaman sekarang ini.

Aplikasi Info BMKG ini bisa diunduh di ponsel pintar berbasis Android atau IOS. Aplikasi ini sebenarnya meringkaskan tautan informasi yang tersedia di situs BMKG. Situs BMKG mungkin dianggap terlalu "luas", dan masyarakat menganggap terlalu sulit membaca informasi di sana. Oleh karena itu dengan aplikasi Info BMKG ini disediakan akses informasi untuk beberapa poin penting saja seperti informasi cuaca, kualitas udara, gempa bumi, cuaca maritim, dan cuaca bandara. Tersedia pula tautan website BMKG, Twiter dan Facebook BMKG. Setidaknya itulah informasi yang disediakan di aplikasi Info BMKG versi 2.2.

Tercatat di Playstore Android, aplikasi ini mendapat rating 4,2 dengan review yang umumnya bernada positif sih dan beberapa harapan agar aplikasi ini lebih informatif lagi. Meski begitu, ada juga beberapa catatan yang sering dijumpai pengguna yaitu ketidakstabilan akses server BMKG pusat, jadi seperti suka lag informasi. Total pengguna yang mengunduh aplikasi ini sudah satu juta sejak aplikasi ini dirilis Januari 2016 lalu. Aplikasi ini sepertinya didevelop oleh BMKG sendiri.

Berikut ini adalah fitur-fitur yang tersedia di aplikasi Info BMKG, bisa dilihat di bawah ini:


Menu apa saja sih yang disediakan aplikasi ini diversi 2.2 yang saya jabarkan di sini? Bisa dilihat di bawah ini:



Untuk tampilan Beranda, menampilkan informasi resume dari informasi cuaca terkini, report pers rilis BMKG (sarana BMKG memberikan informasi akurat untuk melawan hoax) dan informasi gempa terakhir terjadi. Tampilannya seperti di bawah ini:


Untuk tampilan Cuaca, menampilkan informasi cuaca untuk provinsi, kota/kabupaten. Kita tinggal memilih daerah yang kita ingin cari tahu. Informasi cuaca yang ditampilkan adalah secara umum prakiraan cuaca yang terjadi di tempat tersebut, tapi untuk daerah spesifik per kecamatan atau kelurahan belum tersedia. Tampilannya seperti di bawah ini:


Untuk tampilan Kualitas Udara, menampilkan informasi kualitas udara di beberapa daerah saja, tidak selengkap seperti informasi cuaca tadi yang ada di setiap provinsi, kota/kabupaten. Hal ini terkait dengan tersedianya alat pemantau kualitas udara, jadi hanya beberapa daerah saja yang terpantau. Di sini diinformasikan juga kualitas udara suatu tempat apakah baik atau buruk. Di tampilan di bawah terlihat ada beberapa daerah yang tidak bisa dipantau karena sedang perbaikan. Tampilannya seperti di bawah ini:



Untuk tampilan Gempa Bumi, menampilkan informasi lokasi dimana gempa terjadi secara aktual tanggal dan waktunya, kemudian berapa besaran magnitude gempa, pada kedalaman berapa, lokasi disesuaikan dengan lintang bujur pusat gempa, efek atau dampak dari gempa tersebut dapat dirasakan lokasi lain dimana saja plus skala keparahan efek gempa tersebut yang diukur dengan skala MMI (Modified Mercalli Intensity). Oh iya, kemudian pusat gempa tersebut bisa diperkirakan jaraknya dengan posisi kita berada dengan GPS. Tampilannya seperti di bawah ini:


Untuk tampilan Cuaca Maritim, menampilkan informasi kelautan di beberapa wilayah perairan nusantara, yaitu arus laut, ombak dibedakan dengan beberapa warna indikator slight, moderate, rough dan very rough. Namun sayangnya di sini jadi sisi lemah aplikasi ini, karena cukup sulit mengakses informasi ini, kendalanya adalah akses ke server BMKG. Informasi ini sebenarnya sangat dibutuhkan nelayan kita, karena situasi laut sangat penting untuk keputusan mereka harus melaut atau tidak. Tampilannya seperti di bawah ini:


Untuk tampilan Cuaca Bandara, menampilkan informasi cuaca di sekitar bandara yang ada di Indonesia, terutama bandara-bandara besar. Menampilkan cuaca aktual, kecepatan angin, suhu, jarak pandang, kecepatan angin dan arah angin berhembus, kemudian prakiraan cuaca satu jam hingga empat jam ke depan. Tampilannya seperti di bawah ini:


Informasi yang terakhir adalah soal Legenda dari semua logo informasi yang ditampilkan di aplikasi Info BMKG ini. Istilah yang dipakai di sini adalah "glosari". Glosari tersedia untuk masing-masing informasi yang sudah saya sebutkan di atas.


Untuk lebih jelasnya bisa unduh aplikasi ini dan rasakan manfaatnya. Berikan masukan positif untuk kemajuan aplikasi ini, meskipun belum bisa maksimal namun patut diapresiasi BMKG memberikan terobosan positif memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada. Harapannya aplikasi ini lebih kaya dan informatif, lebih stabil dan user friendly serta rutin mendapatkan update untuk memperbaiki bug yang terjadi.

Sepertinya sekian dulu sharing saya soal aplikasi yang cocok tersedia di ponsel pintar. Lebih baik menyimpan aplikasi yang bermanfaat seperti ini daripada menyimpan aplikasi sosial media yang tidak bermanfaat seperti aplikasi LGBT atau aplikasi mesum lain.

Aplikasi ini mungkin akan berubah seiring waktu, mengikuti kebutuhan informasi. Jadi, jangan gunakan catatan ini sebagai patokan, karena catatan ini tidak akan diupdate mengikuti perubahan aplikasi ini. Saya hanya sekedar membagikan informasi baik tentang aplikasi yang bermanfaat. Saya sendiri mulai menggunakan baru-baru ini ketika intensitas gempa di awal tahun 2018 mulai meningkat dan sekalian sebagai pedoman informasi akurat untuk melawan hoax yang beredar sekarang ini.

Saya cukupkan catatan saya kali ini, semoga bermanfaat. Salam ;p .cpr

Komentar

  1. mengingat akhir2 ini lg trending yg namanya bencana so tidak salahnya nih pasang aplikasi ini di android.. g berbayar kan bang???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Free, punya pemerintah mah free, kalau bayar #demo hahaha

      Hapus
  2. saya sudah install aplikasi ini semenjak stay di jogja dan kosan berada di sesar opak (bekas gempa 2006)

    apalagi banyak hoaks merajalela ya jadi klo gak dari BMKG langsung kurang valid rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya penting banget buat daerahnya yang rawan, Jogja juga sering kena imbas gempa. Dl gempa Jogja sy msh di Purwokerto, sempet ngrasain jg tuh.

      Hapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6

Postingan populer dari blog ini

Sani Dewa Pelindung Saturnus

Trip Balik, Mof – Makassar – Surabaya – Cirebon (1)

Pengadilan dan Kejaksaan Negeri untuk Proses Ambil Sitaan Tilang