Beberapa Dekorasi Kandang Natal 2017

Perayaan Natal bagi iman umat Kristiani selalu jadi momen yang penting bagi karya penyelamatan manusia. Natal adalah kelahiran Nya. Dia lahir bukan di tempat yang layak, namun lahir di sebuah kandang domba di sudut kota, dimana Dia di tempatkan bukan di kasur yang empuk atau tempat tidur khusus bayi seperti bayi-bayi jaman now. Melainkan di palungan yang sebenarnya digunakan untuk tempat makan atau minum ternak.

Apa yang terjadi di jaman Yesus dulu, coba diangkat menjadi dekorasi Natal setiap tahun di gereja-gereja. Temanya bisa beragam, mengikuti tahun pastoral gereja setempat, namun intinya adalah kesederhanaan.

Berikut ini beberapa dekorasi kandang kanak-kanak Yesus yang terdapat di beberapa gereja Katolik, saya peroleh dari sosial media IG @gerejakatolikind yang sempat diposting:

Gereja Katolik Keluarga Kudus, Cibinong

Gereja Katolik Kristus Raja Baciro, Yogyakarta

Gereja Katolik Hati Kudus Yesus, Makassar (Katedral)

Gereja Katolik Santo Yohanes Pemandi, Wonokromo, Surabaya

Gereja Katolik Hati Kudus Yesus, Sukoharjo

Gereja Katolik Redemtor Mundi Dukuh Kupang, Surabaya
Gereja Katolik Kristus Raja Semesta Alam, Salatiga

Saya sendiri sempat mendomumentasikan kandang Natal di beberapa paroki, kebetulan saya sempat misa di sana, sebelum, pada saat Natal dan setelah Natal.

Gereja Katolik Bunda Maria, Cirebon

Gereja Katolik Santa Maria Pelindung Diangkat ke Surga, Jakarta (Katedral)

Gereja Katolik St. Thomas, Kelapa Dua, Depok (Mako Brimob)
Gereja Katolik Santo Paulus, Depok
Gereja Katolik Santa Maria Perawan Ratu, Blok Q, Jakarta Selatan

Ada juga yang saya peroleh dari dokumentasi teman yang kebetulan mengambil dokumentasi kandang Natal di parokinya atau sedang berkunjung.

Tidak banyak yang sempat terdokumentasi, meski banyak juga yang berswafoto di depan kandang Natal. Biasalah, habis misa ada yang sibuk mengucapkan selamat natal ke umat lain, ada yang buru-buru karena anak, istri atau suami minta cepat pulang untuk alasan suatu hal dan sebagainya.

Gereja Katolik Santa Maria Fatima, Pertapaan Karmel, Lembang, Bandung (foto di halaman gereja)

Gereja Katolik Kristus Raja, Purwokerto (Katedral)

Mengumpulkan dokumentasi dan mempublish dekorasi kandang Natal itu menyenangkan, selama ini selalu saya lewatkan momen ini. Dokumentasi ada, namun tidak sempat saya publish dan akhirnya tercecer. Dengan adanya sosial media, jadi memungkinkan saya berwisata foto, meski tidak datang ke TKP namun suasana Natal di sana bisa sedikit saya rasakan.

Koleksi yang bisa dikumpulkan hanya sedikit, sebenarnya masih bisa sangat maksimal, mengikuti total banyaknya gereja Katolik di seluruh Indonesia, namun karena alasan-alasan tertentu, mungkin ada yang tak terdokumentasikan atau terdomumentasikan namun tak terpublish, jadi hanya segitu yang bisa terkumpul.

Catatan ini saya buat untuk nostalgia di tahun depan, sedikit menoleh ke belakang tentang Natal yang lalu.

Kembali saya ucapkan Selamat Natal, Merry Christmass, semoga Tuhan lahir dalam hati kita masing-masing, dan kita bisa membawa kasih kepada orang lain di sekitar kita, dari keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Tuhan memberkati, Amin.cpr

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sani Dewa Pelindung Saturnus

Trip Balik, Mof – Makassar – Surabaya – Cirebon (1)

Pengadilan dan Kejaksaan Negeri untuk Proses Ambil Sitaan Tilang