Ayam Bahagia 71 Hj. Sunarti, Kota Cirebon

Momen liburan kapan pun itu saya selalu ingat untuk mampir ke "ayam goreng bahagia". Yups, inilah nama yang saya kenal akrab sejak kecil, karena keluarga saya sangat favorit dengan ayam goreng satu ini. Kalau di seluruh Indonesia banyak olahan ayam goreng, ayam bahagia ini adalah menu paling favorit kami.

Ayam goreng yang dijual di sini adalah ayam kampung, jadi khas rasa ayam goreng kampung, inilah yang membuat berbeda dengan ayam goreng lain, apalagi seperti ayam kekinian seperti geprek, gembus dll. Meskipun dengan ayam gembus saya juga bisa menghabiskan nasi yang tidak sedikit.

Sejak kecil saya hanya tahu "ayam goreng bahagia", tapi sebenarnya tempat makan ini bernama Warung Makan Ayam Bahagia 71 Hj. Sunarti. Kalau lihat dari sampul menu, mereka ini sudah ada sejak 1946, usaha yang diwariskan turun-temurun sepertinya.


Saya ingat, dulu di salah satu kavling di Jalan Bahagia ini memang ada beberapa penjual ayam goreng sejenis, namun yang paling ramai dan yang jadi favorit keluarga saya adalah yang bertempat di sini no.71. Hingga akhirnya warung makan ini memperluas warungnya dengan take over warung sejenis di sebelahnya, entah diajak kerjasama atau memang akuisisi kepemilikan.

Ayam goreng bahagia ini merupakan menu makan spesial, biasanya dulu ketika ayah saya masih dinas, kalau habis gajian, ada rejeki lebih, atau momen ulang tahun pasti beli lauk di sini, untuk kemudian dibawa pulang. Makan di rumah lebih puas, bisa ngabisin nasi sepuasnya. Berbeda kalau makan di tempat, nasi nambah ya bayar lagi hehehe #ngirit maksudnya. 

Karena ya sejak dulu hingga sekarang, harga ayam di sini relatif mahal, jika harga dulu dibandingkan sekarang ya murah, tapi jaman dulu nilai uangnya pun mengikuti, jadi buat keluarga saya makan ayam ini adalah spesial. Bahkan hingga sekarang ini, beli untuk dibawa pulang jadi pilihan terbaik dan paling ekonomis.



Khas dari ayam goreng ini adalah rasanya yang gurih dan wanginya yang khas, tapi entahlah saya memang terbius sejak kecil jadi menganggap ayam goreng ini spesial. Tapi mungkin, minyak atau rempah bumbu ayam ini yang membuatnya special dan sangat rahasia, jadi punya rasa khas bagi langganannya.



Bagi orang Cirebon pasti tahu warung makan ayam yang terletak di Jalan Bahagia, Kota Cirebon ini. Warung ini selalu ramai, apalagi ketika libur tiba. Tempatnya kecil, tidak begitu luas, di dalamnya tersedia mode lesehan dan duduk di kursi meja makan. Makan di sini memang perlu agak sabar sih, karena ya emang ramai jadi ya harap dimaklumi.


Saya sempat mencari di GoFood, tapi tidak ada dilist GoFood. Saya pun penasaran, dan saya coba tanya ke kasir, tapi si kasir tidak menjelaskan. Tapi akhirnya saya menduga-duga, apa alasannya tidak ada di list GoFood.

Ternyata, warung makan ini menyediakan delivery sendiri, jadi mereka pikir akses delivery akan lebih ekslusif jika mereka kelola sendiri. Harapan saya sih kedepanya warung makan ayam ini bisa masuk list di GoFood.

Bagi yang pengen delivery, bisa kontak nomor yang saya capture dari poster figura yang digantung di belakang kasir. Oh ya, di sini ada dua kasir yang saya amati. Tapi kasir yang saya maksud adalah yang ada dekat dengan etalase ayam / dekat ruang dapur goreng.

Penampakan ayamnya saya lupa capture, karena saya terlalu lapar, jadi saya lupa mendokumentasikan ayamnya. Mungkin lain waktu akan saya tambahkan. Baiklah, untuk sementara saya cukupkan catatan saya ini, lain waktu disambung lagi.cpr

Posting Komentar

0 Komentar