Justice League (2017)

Justice League, yups ini adalah kelompok superhero ala DC Comics. Sepertinya tidak mau ketinggalan mengenalkan jagoan-jagoan komiknya, DC mulai mengenalkan eksistensi gabungan superhero mereka. Meski tertinggal lebih dulu oleh Marvel dengan Avengernya.

Film kali ini menurut saya oke, wajib ditonton deh untuk penggemar fantasi superhero dan superhuman. Meski jagoannya tidak banyak, tapi tetap seru sih. Jujur saya sendiri hanya kenal Batman, Superman, Wonder Woman, The Flash. Untuk Aquaman dan Cyborg saya tidak begitu kenal, baru difilm ini saya mengenal karakter superhero 'dua' itu.

Google

Melanjutkan kisah difilm DC Comics sebelumnya, Batman VS Superman dan Wonder Woman, film ini jadi tonggak awal perkumpulan para superhero yang diberi nama Justice League. Diprakarsai oleh Batman, yang merasa perlu mengumpulkan superhuman yang ada di bumi, untuk melindungi bumi dari ancaman makluk asing atau superhuman bumi yang punya maksud merusak bumi.

Beberapa catatan saya mengenai film ini menurut saya tidak hanya jadi tonggak awal persatuan para superhero saja, tapi juga rekonsiliasi hubungan antara Batman dan Superman. Batman yang pada awalnya mengira bahwa Superman adalah ancaman bagi bumi, mulai menyadari bahwa Superman berbeda. Kemudian, catatan saya lainnya adalah, difilm ini menunjukan bahwa hanya Batman yang bukan superhuman, dia hanya manusia biasa, dia hanya seorang Bruce Wayne miliuner hebat dibalik suit black bat. Berbeda dengan anggota lainnya yang punya kelebihan diatas manusia normal. Catatan lainnya dari film ini adalah bahwa Superman lebih superior dari anggota yang lain, kemampuannya bisa dibilang sempurna mewakili seluruh kemampuan anggota yang lain. Terakhir, karakter The Flash membuat Justice League lebih humanis dan humoris, superhero tak hanya sekedar serius menghajar karakter villain, tapi bisa juga menghibur. Catatan lain dari film ini adalah penampilan fresh dan manis namun tetap perkasa dari Wonder Woman, Diana Prince. Gal Gadot aktris yang tepat menjadi Wonder Woman, membuat Justice League always fresh.

Awal kisah film ini adalah menceritakan keadaan bumi setelah Superman mati. Diceritakan difilm sebelumnya, Superman mati ketika pertarungannya dengan Batman, karena batu krypton yang Batman gunakan sebagai senjata terakhir. Setelah Superman mati, manusia seperti kehilangan harapan tentang keamanan bumi, karena Superman adalah simbol kemenangan atas kejahatan. Kekasih Superman juga dikisahkan sangat terpukul atas kematian kekasihnya Clark Kent.

Melihat situasi ini, Bruce Wayne jadi merasa bersalah atas kematian Superman. Bruce pun sadar bahwa bumi butuh superman-superman lain untuk menjaga bumi ini. Bruce sadar akan kemampuannya, tidak bisa sendiri menghadapi musuh, apalagi jika musuhnya adalah makluk luar, yang punya kekuatan melebih manusia biasa. Bruce mulai mencari informasi superhuman lainnya yang ada di bumi. Pencaharian Bruce ini juga ditampilkan singkat difilm Wonder Woman. Wonder Woman alias Diana Prince pun setuju dengan pemikiran Bruce, dan berusaha mencari superhuman lain. Akhirnya, tersebutlah Aquaman, The Flash alias Barry Alen dan Cyborg alias Victor.


Masing-masing punya kisahnya. Bukan berarti mereka superhuman tidak punya masa lalu yang dianggap kurang baik. Barry Allen merupakan lahir dikeluarga yang kurang utuh, ibunya meninggal, ayahnya dituduh menjadi penyebab kematian ibunya, meski Allen tidak mempercayai itu. Situasi ini membuat Allen hidup tanpa tujuan, meski ayahnya berharap Allen jadi laki-laki yang punya tujuan hidup. Pada akhirnya bergabungnya Alen dengan Justice League membuat dirinya jadi pribadi yang lebih baik.

Cyborg alias Victor. Dia adalah anak dari seorang ilmuwan hebat. Victor adalah manusia biasa pada awalnya, karena kecelakaan akibat ledakan, Victor menjadi korbannya, Victor seharusnya sudah mati akibat ledakan itu. Namun ayahnya yang seorang ilmuwan berhasil melakukan eksperimen membuat manusia byonic dari tubuh anaknya Victor. Hingga lahirlah Cyborg ini. Victor jadi manusia robot dengan kemampuan luar biasa. Cyborg tidak sekedar manusia robot seperti Robocop yang punya keterbatasan, Cyborg punya kelebihan diatas manusia robot pada umumnya, itu akibat eksperimen ayahnya terhadap kubus ibu atau mother cube yang jadi "masalah utama" difilm ini. Mother cube memberikan tenaga lebih dalam proses eksperimen pembuatan Cyborg. Victor yang dibangkitkan oleh ayahnya ini tidak merasa senang akan hal ini, justru dia malu dan merasa asing dengan keadaannya sekarang. Dia justru takut akan jadi target atau ancaman bagi orang lain. Inilah yang membuat Cyborg pada awalnya tidak punya rasa percaya diri yang cukup menjadi superhero.

Terakhir adalah Aquaman. Tidak banyak yang saya ketahui tentang Aquaman. Tapi sepertinya dia adalah penguasa lautan Atlantis. Dia adalah 'manusia ikan', bukan Denny si manusia ikan juga lho. Aquaman alias Arthur Cury, pun punya latar belakang yang tidak begitu baik. Dia juga merasa sebagai orang buangan, karena dia merasa terbuang oleh ibunya. Aquaman lahir dari hubungan antara seorang ratu laut dengan seorang laki-laki biasa (manusia). Maklum, akibat hubungan terlarang antara manusia dari kerajaan laut dengan manusia biasa penjaga mercusuar.

Namun dari latar belakang dan kemampuan super yang berbeda inilah membuat mereka punya kesamaan tujuan mamfaatkan kekuatan mereka melindungi manusia yang lain, terutama bumi sebagai tempat dimana mereka hidup. Meski pada awalnya ada sedikit friksi mengenal pribadi satu sama lain, pada akhirnya bertarung bersama membuat terjalin chemistry diantara mereka, saling melindungi satu sama lain serta melindungi banyak orang membuat mereka semakin kompak pada akhirnya.

Difilm pertama Justice League ini, mereka harus bekerja sama untuk menghadapi Steppenwolf, makluk asing yang ingin mengumpulkan mother cube untuk menghimpun kekuatan membangkitkan energi negatif dari mother cube, menciptakan kegelapan di bumi. Steppenwolf punya sekelompok pasukan serangga byonic yang diberinama parademon, yang menyerang rasa takut siapapun. Usaha Steppenwolf mencari mother cube ini sampai harus memporakporandakan tanah kelahiran Diana Prince dan Kerajaan Atlantis Aquaman. Steppenwolf punya kekuatan diatas superhero yang ada, seperti Wonder Woman, Aquaman, The Flash, Cyborg dan apalagi Batman yang hanya manusia biasa. Jika mereka menghadapi satu lawan satu dengan Steppenwolf, pasti akan kalah telak. Superman lah yang sepertinya punya kemampuan yang bisa menandingi Steppenwolf.

Bruce sudah mencoba melakukan eksperimen bahwa ada kemungkinan Superman bisa dibangkitkan kembali, dengan energi yang cukup besar untuk jadi energi kejut. Memanfaatkan salah satu mother cube yang belum diambil oleh Steppenwolf. Dengan bantuan Cyborg yang punya hubungan kekuatan dengan mother cube dan cairan yang ada di pesawat Karl El (Superman) ketika mendarat di bumi dulu. Rencana ini berhasil membangkitkan Superman, hanya saja efek kejut ini seperti mengangetkan. Seperti orang yang sedang tidur dibangunkan mendadak, membuat emosi menjadi tidak stabil. Anggota Justice League lain berusaha meredam emosi Karl El yang belum stabil akibat energi kejut tadi. Batman yang sudah berpikir situasinya akan seperti ini sudah punya rencana cadangan, yaitu membawa kekasih Clark Kent, yaitu Louis. Louis lah yang meredam ketidakstabilan Clark, karena Clark mengenal baik Louis dan juga sebaliknya. Mereka berdua pun pergi meninggalkan anggota Justice League yang terkapar kalah ketika meredam kekuatan Clark.

Menyadari, ada hal penting yang harus segera dicegah, para Justice League menyusun rencana untuk menyerang Steppenwolf yang berniat menyatukan mother cube, untuk menciptakan kegelapan. Mereka merasa tidak perlu menunggu Superman, mereka percaya pada waktunya Superman akan sadar dan berada dibarisan yang sama untuk menghadapi Steppenwolf. Dan memang benar, disaat situasi para anggota Justice League babak belur, Superman datang. Steppenwolf dapat lawan sebanding, dengan mudah Superman menghajar Steppenwolf, Steppenwolf pun kewalahan dan kondisinya berbalik, merasa ketakutan. Energi ketakutan ini pada akhirnya jadi santapan parademon menyerang Steppenwolf. Akhirnya, mau tidak mau Steppenwolf harus angkat kaki dari bumi untuk kesekian kalinya.

Bumi kembali damai, mother cube pada akhirnya berhasil dipisahkan kembali menjadi tiga bagian. Bumi kembali aman, para superhero kembali ke kehidupannya masing-masing. Namun, Bruce merasa perlu memfasilitasi kelompok yang baru terbentuk ini, Bruce sepertinya mencari tempat dimana markas Justice League ini nantinya. Usaha untuk mengumpulkan superhuman lain akan berjalan seiring waktu, meski begitu, enam superhero jadi yang pertama lahirnya Justice League: Superman, Wonder Woman, Aquaman, The Flash, Cyborg dan Batman.

Nah, tinggal kita tunggu film lanjutan Justice League dan juga film jagoan DC Comics lain yang belum ada filmnya, seperti Aquaman dan Cyborg.

Over all, film ini bagus, rekomended ditonton, jangan sampai ketinggalan ya, tonton di bioskop kesayangan anda semua. Kembali saya infokan, jangan bandingkan dengan film Marvel, karena DC punya karakternya masing-masing, karena berbeda inilah jadi warna tersendiri. Kalau semuanya sama, jadi kurang berwarna juga kan. Selamat menonton :).cpr

Posting Komentar

0 Komentar