Bencana Alam Serentak Datang, untuk Mengingatkan Kita

Bencana alam yang memang tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi. Bencana alam gempa bumi dan gunung meletus adalah bencana alam yang sulit diprediksi kapan terjadi. Hanya alam dan Tuhan yang tahu semuanya, kita manusia hanya bisa berjaga-jaga atas semua kemungkinan yang akan terjadi.

Ilustrasi
https://gedubar.com/wp-content/uploads/2017/08/bencana-alam-gunung-meletus-2.jpg

Baru-baru ini (19/9) terjadi gempa bumi dengan skala yang cukup besar, yakni 7,1 skala righter. Gempa yang mengguncang kota Puebla, Meksiko ini mengakibatkan korban jiwa dan material. Selang beberapa hari, gempa 6,2 skala righter (23/9) mengguncang daerah lain di Meksiko, tepatnya di Oaxaca. Gempa sebelumnya sudah menewaskan 273 jiwa. Gempa besar serupa pernah terjadi ditahun 1985, uniknya, waktunya tepat ditanggal dimana gempa yang baru-baru ini terjadi, kini kembali menghampiri Meksiko. Jadi seperti mengenang momen bencana dengan bencana yang serupa di Meksiko City.

Tak hanya di Meksiko, di Indonesia pun beberapa gempa ringan menghampiri beberapa lokasi di Indonesia, dari barat hingga timur dihampiri gempa. Sepertinya lempeng bumi sedang ingin bergerak. Dampak gempa yang dialami di wilayah Indonesia untungnya tidak berefek cukup parah.

Sebelumnya, ada pula bencana alam seperti badai yang menerjang beberapa kota di Amerika dan Eropa. Bahkan sampai-sampai ada laut yang kering di sapu badai yang dasyat.

Bencana lain yang tak juga ringan adalah gunung meletus. Gunung Agung yang berada di wilayah Propinsi Bali sedang menunjukan keperkasaannya. Sampai saat ini, status Gunung Agung sudah sampai tahap awas. Situasi ini mengharuskan warga dievakuasi ke tempat lebih aman dengan radius yang lebih luas. Kemungkinan skenario evakuasi dan skenario letusan coba dipetakan lembaga terkait untuk meminimalisir korban baik jiwa dan materiil. Namun tidak akan ada yang tahu, kapan dan sampai kapan kesiapsiagaan dilakukan.

Kembali lagi, bahwa bencana alam seperti gempa bumi dan gunung meletus adalah rahasia alam dan rahasia Sang Pencipta. Alam selalu punya cara untuk menyeimbangkan dirinya, kita manusia hanya bisa belajar mengenal dan menjadi sahabat baik bagi alam dimana kita hidup bersama.

Semoga korban bencana di Meksiko atau di Indonesia atau dimanapun diberikan kekuatan dan ketabahan serta semangat untuk kembali bangkit. Seperti judul album almarhum Chrisye, "Badai Pasti Berlalu", semoga demikian seperti yang kita alami, semoga becana lekas berlalu, live must go on. Semoga, kita dilewatkan dari bencana apapun, harapannya, jikalau pun tidak, nikmatilah. Ingatlah bahwa semua adalah atas kuasa Nya, jadi bencana datang adalah supaya kita tidak lupa akan Dia, Sang Pencipta, Dia yang mampu mengadakan yang tiada, dan meniadakan yang ada.cpr.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sani Dewa Pelindung Saturnus

Trip Balik, Mof – Makassar – Surabaya – Cirebon (1)

Pengadilan dan Kejaksaan Negeri untuk Proses Ambil Sitaan Tilang