Repsol Honda Tes Resmi MotoGP 2014 pre session 2014 Sepang I

Gelaran MotoGP untuk musim 2014 diawali dengan dibukanya selubung musim 2014 dengan sesi tes resmi yang digelar di Sepang, Malaysia 3 hari. Tes resmi Sepang I ini disapu bersih oleh Marc Marquez. Marc tampil dominan di tiga hari sesi tes resmi. Bahkan MM93 berhasil melampaui best lap dari Casey Stoner di tahun 2012. MM93 masih luar biasa. Awal yang baik untuk MM93 di musim 2014. Saya penggemarnya cukup senang. Meskipun ada regulasi baru mengenai sistem elektronik dan pembatasan bahan bakar, nampaknya tidak berpengaruh pada performa MM93 dan RC213V 2014.

Namun sayang untuk rekan setim MM93, yakni Dani Pedrosa, masih belum mampu tampil sempurna, atau minimal mengimbangi MM93 di catatan waktu terbaik. Perbaikan yang signifikan justru dirasakan oleh kubu Yamaha, Rossi pun tampil cukup baik di tiga hari sesi tes ini. Lorenzo yang awalnya sedikit bermasalah menyesuaikan motornya dengan regulasi baru mampu menyesuaikan diri dihari terakhir sesi tes resmi. Saya masih berharap DP26 mampu beradaptasi lebih baik, minimal berada tidak jauh dari MM93, sehingga bisa mengimbangi persaingan dengan tim Yamaha, yang pastinya mereka akan berusaha merebut kembali gelar juara dunia dari tangan Honda di musim 2014 ini.

Hal menarik yang bisa diamati dari hasil tes resmi Sepang I ini adalah performa motor YZR M1 open class. YZR M1 mampu bersaing dengan catatan waktu yang cukup baik, Aleix Espargaro jadi rider yang mampu menikmati performa YZR M1 open class. Berbeda dengan motor open class Honda yang sepertinya belum menunjukan performanya yaitu RC1000V. Pertanyaannya, apakah RC1000V mampu bersaing dengan YZR M1? Jawabanya bisa kita ketahui digelaran MotoGP 2014 nanti.

Satu tim yang belum saya bahas adalah Ducati. Pabrikan yang satu ini rupanya belum mampu lepas dari derita masa lalu musim sebelumnya. Dovi dan Carl rupanya hanya mampu mencatatkan waktu terbaiknya di bawah catatan waktu rider yang menggunakan motor open class. Apakah Ducati mampu berbenah dan mampu kembali bersaing dengan dua pabrikan mapan Honda dan Yamaha? Jawabannya masih akan kita tunggu di musim 2014 yang akan digelar nanti.

Musim 2014 ini saya tetap mejagokan Honda, di tim pabrikan dan di satelit dan di tim open class.  Harapannya ya Honda bisa mendominasi tiap seri dan berhasil membawa gelar juara dunia 2014, bersama MM93 atau DP26 atau rider Honda lainnya. Bravo buat Honda, go go go!!!

Posting Komentar

0 Komentar