MotoGP 2013 Lebih Menarik

Saat Stoner memutuskan pensiun di musim sebelumnya, ada kekhawatiran kalau motogp tidak mampu memberikan tayangan yang apik alias monoton. Tapi ternyata tidak begitu, motogp musim 2013 sejak seri pembuka di Qatar hingga sampai seri Sepang, selalu memberikan tayangan yang menarik. Aksi overtack masing-masing pebalap di grid depan, tengah bahkan terkadang di belakang jadi tontonan yang menarik. Perebutan tempat pertama, kedua, ketiga, atau bahkan sampai keempat hingga kelima tetap menarik. Masing-masing pebalap saling bersaing meskipun mereka dari satu bendera alias satu tim.

Satu hal yang menurut saya membuat tayangan motogp berbeda adalah kedatangan pebalap muda, Marc Marquez, yang lebih dikenal dengan sebutan "the baby alien". Pebalap satu ini tidak peduli berada di posisi berapa, keinginan yang kuat membuatnya selalu ingin bertarung merebut posisi yang terbaik. Saya menilai, rupanya semangat ini menular ke semua pebalap yang ikut seri motogp 2013 ini. Kuncinya adalah sabar, menunggu good time and action. Berbeda ketika motogp musim-musim sebelumnya, selepas start si pebalap yang "mampu" langsung "kabur" dari rombongan, pada akhirnya hasil race bisa ditebak sedari lap-lap awal.

Meski motogp 2013 menarik, ada hal yang masih dianggap kurang. Yaitu motogp 2013 lebih didominasi oleh pebalap Spanyol dan hanya dua pabrikan saja yang intens bersaing. Jika membahas ini, semua mata pasti akan tertuju pada Ducati. Kemanakah Ducati? Ducati jadi salah satu tim pabrikan yang sampai musim ini belum mampu bangkit. Pebalap hebat sudah beberapa kali tukar guling, namun belum mampu menyelesaikan masalah. Ducati nampaknya harus "merubah diri", dan bukan pebalap yang salah dalam hal ini. Jika Ducati tak "merubah diri" siapapun pebalapnya akan stagnan karirnya bersama Ducati.

Tidak bisa dipungkiri memang pebalap Spanyol punya talenta di semua ajang, baik di kelas moto3, moto2, motogp. Ini jadi tantangan bagi pebalap dari negara lain, untuk berjuang keras bersaing mematahkan dominasi pebalap-pebalap Spanyol.

Secara keseluruhan, buat saya motogp musim 2013 mampu memberikan tontonan menarik, terutama ya karena ada Marc Marquez si baby alien. Karena kebetulan saya salah satu pendukungnya. Go, go go Marc Marquez!!! Terus kejar gelar demi gelar dan rekor di motogp. Buat Pedrosa, semangat terus, ayo kapan giliran mu bisa jadi juara dunia. Buat Honda terus buat motor yang kompetitif, tidak hanya untuk tim utama, tapi untuk supportnya buat tim satelit, biar balapan lebih meriah. (^_^)

Posting Komentar

0 Komentar