Pondok Ikan Bakar K H A R I T Z M A – Telaga Remis, Cikalahang

Ada lagi referensi tempat makan (resto) yang menarik di sekitar wilayah Cirebon. Kalau diakses dari Kota Cirebon relatif jauh, dengan sepeda motor membutuhkan waktu 45-60 menit. Lokasinya berada di wilayah Kabupaten Cirebon. Meski letaknya cukup jauh dari Kota Cirebon, namun resto ini patut dituju karena memberikan suasana yang berbeda dengan tempat makan menu fresh water fish. Berlatarbelakang Gunung Ciremai dan perbuktian yang mengusungnya meciptakan suasana pegunungan, pedesaan dan pesawahan. Dulu sih ketika ekosistemnya masih baik, suasana di daerah ini cukup sejuk, tapi semakin ke sini suasananya relatif panas, tapi tetap angin sepoi-sepoi khas pegunungan dan pesawahan tetap bisa dinikmati.

Resto yang saya maksud adalah Pondok Ikan Bakar KHARITZMA. Sebenarnya tempat makan macam ini relatif banyak juga di daerah Kabupaten Cirebon. Sebelum masuk Kota Sumber saja ada juga resto serupa di sisi jalan Cirebon – Sumber. Namun langganan keluarga kami adalah di resto ini. Motto dari resto ini adalah rasa bintang lima, harga kaki lima. Motto yang tak asing ditelinga, entah itu motto dari resto apa. Lokasi resto yang saya maksud ini adalah di daerah Telaga Remis, Cikalahang, Kabupaten Cirebon. Bila berwisata di sekitar Telaga Remis, resto ini bisa dituju untuk mengisi perut di siang hari.

Saya berkunjung ke tempat ini sudah kesekian kalinya, dari yang dulu tempatnya masih kecil sekarang sudah lebih besar dan ditata rapih. Yang menarik dari resto ini adalah, kita makan di atas saung yang mana saung ini dibangun di atas kolam ikan. Kolam ikan ini berisi ikan-ikan jumbo, ada ikan mas, gurame, mujaer, nila, patin. Ukurannya pun bervariasi dari yang kecil, sedang sampai yang jumbo. Ikan-ikan ini terlihat giras-giras berenang di kolam ini, sehingga menarik perhatian pengunjung resto ini. Ikan-ikan di kolam ini sekaligus menjadi hiburan bagi pengunjung, terutama anak-anak, kita bisa juga memberi makan ikan-ikan ini, meski tidak disarankan untuk memberi makan dari sisa-sisa makanan. Begitu yang tertulis di sudut-sudut tembok kolam. Meski begitu tetap saja pengunjung memberi makan ikan dari sisa-sisa makanan, karena melihat pramusajinya membuang sisa makanan langsung ke dalam kolam ketika membersihkan meja.

Lanjut ke menu makanan yang disediakan. Di resto ini umumnya menyediakan hidangan ikan baik yang diolah bakar, maupun goreng. Ikan yang tersedia ya ikan-ikan air tawar, seperti ikan mas, gurame, nila, ada pula jenis ikan kecil seperti wader yang dihidangkan untuk menu yang ditawarkan. Pendampingnya ada juga jenis sayur-sayuran seperti tumis kangkung, karedok dll. Ada juga lauk pendukung seperti tahu, tempe, baik yang polosan maupun yang tepungan. Minuman yang ditawarkan pun beragam, dari segala jenis jus, es kelapa muda dll. Saya tidak bisa mengingat semua menu yang ditawarkan, tetapi secara garis besar itulah yang ditawarkan.

Siang ini keluarga saya berkunjung ke resto ini untuk kesekian kalinya dalam rangka acara ulang tahun anggota keluarga, kebetulan saya yang berulang tahun 16-8 dan Vincent di 13-7 lalu. Acara sederhana kami rayakan di sini untuk kebersamaan, dan kebetulan butuh refresing juga. Melihat menu yang ditawarkan, pilihan menu kami kali ini adalah gurame bakar, gurame goreng dan gurame sambel ijo dengan ukuran tujuh ons, wader goreng, tahu-tempe tepung. Lauknya kami pesan tumis kangkung, karedok, lalapan plus sambalnya. Untuk minuman kami pesan ragam jus-jusan dan es kelapa muda. Tak lupa nasinya kami pesan ukuran sangu besar dan sangu kecil. Yah menu yang relatif banyak untuk kami berenam. Menu yang terlihat banyak itu bisa kami habiskan ditemani keceriaan dan  kebersamaan. Sambil ngobrol dan bercanda akhirnya semua menu yang dihidangkan habis kami ‘sikat’. Tak lupa disisakan sedikit untuk makanan ikan-ikan yang ada di kolam.

Total biaya yang dikeluarkan untuk semua menu makan yang kami makan tadi sekitar Rp 331.000,00. Hmm, lumayan juga ya untuk makan kami berenam. Yang lumayan mahal itu untuk gurame tujuh ons rata-rata Rp 54.000,00 per ekor, yang membedakan harga ya bumbunya. Untuk nasi itu Rp 20.000,00, untuk minuman rata-rata Rp 8.000,00 sampai Rp 13.000,00. Tahu, tempe itu masing-masing Rp 8.000,00 per porsi dan masih banyak lagi, untuk pastinya sih mesti coba datang. Perbandingan harga bisa dilihat dari menu yang kami pilih tadi diatas dengan total biaya.

Sekian catatan saya soal tempat makan yang baru dan bisa dijadikan referensi. Owh iya, sedikit tambahan, menu gurame goreng sambel ijo juga oke untuk yang doyan pedes, pedesnya lumayan menggoyang lidah. Kalau saya sih langsung mules-mules kalau makan gurame goreng sambel ijo. Gurame bakarnya juga mantab koq. Dagingnya relatif tanpa duri, jadi buat makan lebih nikmat karena tidak pilih-pilih duri dulu. Ya segitu saja yang bisa saya sampaikan, kalau ada yang kurang ya tambahin, kalau ada yang lebih ya dibagikan. Sampai jumpa dicatatan saya tentang kuliner lainnya. (^_^)?

Posting Komentar

2 Komentar

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6