Karakteristik Kamar Atas Yulimar

Untuk kesekian kalinya aku dikerjain sama yang namanya air. Beberapa kali hal ini tidak membuat saya ingat, kalau di kamar atas ini permasalahan utama adalah soal air yang ngocornya tidak lancar. Karena saya melihat beberapa hari yang lalu ada tukang air yang membersihkan toren dan memperbaiki pipanisasi air di kos ku ini, tapi nyatanya hasilnya masih sama. Untuk air yang ngalir ke kamar bawah sih lancar, deras ngocornya, namun ya untuk kamar atas ya begini adanya.

Di postingan ini aku ingin membuat catatan mengenai karakteristik kamar atas, terutama kamar dengan kode D. Kamar ku sendiri berkode D205, dengan pemandangan kebon dan kali jika melongok ke depan kamar. Aku sering menyebutnya 'balkon', padahal berbeda sekali dengan anggapan balkon pada rumah-rumah mewah atau besar.

Kembali ke masalah air, yang harus diperhatikan mengenai air. Jika kita punya kesibukan harian, usahakan mandi atau menggunakan air sebelum jam 06.00 atau 06.30. Karena selepas jam itu bisa dijamin sudah tidak kebagian air. Untuk kamar bawah mungkin tidak ada masalah, karena air pasti ngocor. Jadi maksimalkan penggunaan air sebelum jam itu, entah untuk mandi, cuci-cuci, pup dll. Karena kalau telat, bisa-bisa anda hanya akan mendapat jatah air yang tertampung dari ember air di kamar mandi anda. Air dari keran pun ngocor kaya "eces kuda", sedikit sekali. Sebenarnya pengisian air di bak penampungan besar saat itu pula berjalan, namun tidak sebanding dengan kebutuhan air untuk kamar atas di jam ini. Jadi sebagai penghuni yang baik, terpaksa harus mengalah dan mensiasati keadaan yang ada.

Selain air yang perlu diperhatikan tinggal di kamar atas ini, ya selain masalah air berdasarkan pengalaman, yaitu kalau siang saat matahari bersinar terik panasnya minta ampun. Hawa panas pantulan sinar matahari berasa masuk ke kamar, jadi wajar ketika siang hari dengan kondisi kamar tertutup bisa jadi oven. Bisa disiasati dengan menggunakan kipas angin sih, dan kalau tidak punya kipas angin ya bisa membuka jendela dan pintu kamar. Untuk soal angin sih tidak akan kekurangan, karena di depan kamar pemandangannya angsung alam bebas, sehingga angin bisa setiap saat lewat, dari yang semilir sampai angin yang besar kalau lagi musim angin.

Tak hanya itu saja yang perlu diperhatikan memilih kamar atas di Yulimar. Waspadai ketika musim serangga, biasa saat musim hujan tiba. Banyak serangga dalam tanah keluar mencari cahaya pada malam hari, seperti laron, bisa juga tomcat, serta serangga lainnya yang senang terhadap cahaya lampu. Pada musim-musim ini siasati lubang-lubang jendela diberi kawat ram, untuk mencegah serangga itu masuk kamar, tetapi kalau tetap saja tidak berpengaruh, matikan lampu. Ya jadi kalau mau aktivitas yang membutuhkan penerangan harus tertunda, karena kalau lampu tetap kondisi menyala, kamar anda akan penuh dengan serangga. Saya beberapa kali mengalaminya, malah ketika itu saat tomcat sedang booming. Mematikan lampu jadi senjata yang ampuh untuk mengurangi daya tarik serangga-serangga itu datang ke kamar. Selalu sediakan pembasmi serangga, untuk mengatasi serangga yang sulit diatur.

Paling hanya itu yang wajib diperhatikan dan untuk aku pribadi sangat penting, karena hal-hal itu mengganggu kalau tidak disiasati. Untuk hal lain yang bisa saya nikmati dari kamar atas ini adalah hawa sejuk di pagi hari, karena angin segar pagi bisa langsung masuk ke kamar saya. Kemudian ketika malam terang bulan aku bisa menikmatinya dari 'balkon', sambil menikmati secangkir air hangat misalnya. Akses saya untuk menuju jemuran pakaian juga tidak jauh, kemudian juga apapun yang aku lakukan di sini tidak begitu mengganggu penghuni yang lain, yang jelas di sini aku bisa bebas berekspresi. Hal lain tentunya adalah bebas dari yang namanya kecoa, karena di sini di atas, bibit atau telur kecoa tidak bisa beredar seenaknya di sini, sehingga kebersihan bisa terus saya jaga. Berbeda ketika aku berkamar di bawah, dibersihkan sebagaimana pun tetap saja kecoa bisa hidup.

Ya, ini catatan mengenai karakteristik kamar atas berkode D yang bisa saya bagikan. Ini sekedar catatan pribadi, penting tidaknya catatan ini terserah saya. Buat yang membutuhkan informasi ini, misalkan sedang googling tentang "yulimar", mungkin informasi ini  bisa diakses. Sekian catatan ku pagi ini, sekalian isi waktu ku, sebelum aku besok-besok mulai sibuk dengan aktivitas baru ku yakni "back to work". Sampai jumpa di catatan ku yang lainnya. @cocoper6 

Posting Komentar

0 Komentar