Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-68

Kita patut berbahagia, karena kini kita hidup di tanah yang sudah merdeka, hidup di negara yang telah diakui di dunia. Kita relatif bisa memperoleh rasa aman, kebebasan yang tidak dimiliki oleh rakyat pendahulu kita sebelum Indonesia masuk ke alam kemerdekaan seperti sekarang ini. Meski patut kita sadari bahwa kemerdekaan yang hakiki belum bisa kita raih sepenuhnya. Tapi apapun itu kita haru mensyukuri apa yang sudah diraih sampai saat ini.

Perjuangan bangsa Indonesia tidak akan pernah ada akhirnya, sejak jaman kerajaan-kerajaan nusantara, sampai kedatanggan bangsa-bangsa penjajah dari Eropa pertama kali mendaratkan pasukannya, sampai Belanda yang “betah” menjajah Indonesia selama 350 tahun lalu, dilanjutkan dengan kedatangan Jepang 3,5 tahun. Hingga akhirnya para pejuang kemerdekaan bersama Soekarno dan Hatta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945, ya tepat 68 tahun yang lalu. Kita tidak bisa melupakan itu semua, meski kini Indonesia telah merdeka, bukan berarti perjuangan kita berakhir, melainkan ini semua adalah proses untuk kemerdekaan yang sejati diraih sampai cita-cita bangsa ini “keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” tercapai.

Di masa sekarang Indonesia yang telah merdeka ini, bangsa kita akan tetap berjuang, berjuang melawan penjajah yang datang dari dalam bangsa Indonesia itu sendiri. Perjuangan itu antara lain, melawan separatisme, terorisme, pelunturan Pancasila, melawan ketidakadilan seperti korupsi, kolusi, nepotisme dan segala kroni-kroninya, kemudian perjuangan penegakan HAM, perjuangan menciptakan kemakmuran bagi seluruh rakyat, pemerataan pembangunan, perjuangan menciptakan birokrasi yang bersih, perjuangan menata bangsa ini di segala sendi-sendi kehidupan bangsa, sosial politik, ekonomi, budaya, pendidikan dan segala macamnya yang memperngaruhi perkembangan bangsa ini menjadi bangsa yang besar, seperti yang dicita-citakan para pendiri bangsa ini serta pejuang-pejuang bangsa yang telah lebih dulu mendahului kita. Itulah ideal musuh nyata bangsa kita yang harus hadapi bersama-sama.

Sayangnya, kemerdekaan Indonesia dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia di tahun ini belum bisa mewujudkan cita-cita luhur bangsa. Menjelang hari kemerdekaan Indonesia tahun ini, bangsa kita dihebohkan dengan kasus-kasus korupsi yang terus menggurita. Setiap harinya selalu saja ada kasus-kasus korupsi yang terungkap-yang masih tersingkap rapih, yang jelas merusak rasa keadilan rakyat Indonesia. Kemudian kasus-kasus sparatis yang terjadi di ujung barat dan ujung timur, baik yang sudah dibalur dengan sparatis legal di Aceh dan sparatis ilegal di Papua. Kemudian juga kasus terorisme yang hingga kini belum bisa diselesaikan komponen bangsa, kasus penembakan anggota polisi, percobaan tindak pidana terorisme yang masih terus terjadi, pencobaan pencucian ideologi untuk mengubah ideologi bangsa yang selama ini bangsa Indonesia telah anut. Belum lagi permasalahan-permasalahan pelik yang dialami bangsa ini baik di tingkat daerah dan pusat.

Inilah kenyataan yang dialami bangsa ini, kenyataan yang harus diperjuangkan dan dilawan, agar kemerdekaan yang hakiki bisa kita raih. Perjuangan ini harus dilakukan semua pihak baik dari rakyat kecil, rakyat “besar” hingga kemudian lembaga-lembaga swadaya masyarakat, organisasi masyarakat, partai politik, penyelenggara pemerintahan hingga pemimpin-pemimpin bangsa ini, pada intinya segenap komponen bangsa ini harus berjuang mewujudkan cita-cita kemerdekaan yang hakiki.

Dirgahayu untuk bangsa Indonesia yang ke-68 dalam kerangka utuh ideologi Pancasila dan pedoman UUD 1945 serta Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan yang tersebar dari Sabang sampai Marauke, berjajar pulau-pulau, yang memiliki segala keberagaman baik suku, agama, ras serta kebudayaan yang dirangkum dalam Bhineka Tunggal Ika. Inilah Indonesia Raya, yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa lain yang ada di dunia. Kebanggaan tersendiri yang kita miliki bersama, dan akan terus kita perjuangkan!!! Merdeka, merdeka, merdeka!!! Semoga Indonesia menjadi lebih baik di tahun-tahun mendatang. Cpr.

Posting Komentar

0 Komentar