Kolam Renang Grage Toya Asri

Catatan saya kali ini adalah tentang latihan renang saya dan adik untuk kesekian kalinya. Lokasi yang dipilih kali ini berbeda dengan tempat biasanya, kali ini di kolam renang Grage Toya Asri. Kolam renang ini berada di komplek Grage Mall Cirebon. Kolam renang ini sebenarnya kolam renang milik Grage Hotel yang dibuka juga untuk umum, soalnya ada bagian gedung hotel yang terakses langsung ke kolam renang ini.

Dulu sewaktu saya masih sekolah, kolam renang ini sering jadi pilihan guru olahraga untuk mengaambil nilai renang. Suasananya berbeda sekali dengan ketika terakhir saya datang. Sudah cukup lama sekali saya tidak pernah ke kolam ini, terakhir ya sewaktu saya masih sekolah menengah atas. Kalau dihitung mungkin sudah delapan tahun jika dhitung sama sekarang. Banyak perubahannya, terutama dari komplek Grage Mall nya sendiri, sudah banyak penambahan bangunan. Grage Grup memang grup perusahaan yang cukup berkembang di Kota Cirebon.

Kembali ke kolam renang Grage Toya Asri. Untuk tiket masuknya hanya Rp 10.000,00 /orang, lebih murah jika dibandingkan kolam renang yang biasa kami renang selama ini. Soal fasilitasnya tidak jauh berbeda, ada kantinnya, kursi tunggu, ruang bilas. Yang membedakan hanya kualitasnya saja. Di Grage Toya Asri, sepenglihatan saya cukup baik, ruang bilasnya cukup baik, fasilitasnya standar, ada wastafel dengan kaca besar, toilet untuk kencing, kamar bilas yang tersekat, dan kamar ganti. Soal kebersihan cukup baik, tidak terkesan kotor atau kumuh. Wajar hal ini pasti diperhatikan karena fasilitas ini dekat dengan fasilitas hotel. Ruang tunggu atau tempat duduknya cukup luas, bergabung seperti hall, di sisinya ada kantin dan tempat berjualan.

Kolam renangnya tersedia  tiga kolam, kolam besarnya dengan kedalaman diafragma orang dewasa hingga kedalaman 180 cm. Itu sih yang saya amati. Dua kolam kecil terbagi dua, untuk anak-anak kecil (kolam bebek) dan untuk anak lima tahun ke atas. Ada yang membuat tak nyaman di kolam renang ini, karena posisi tembok pembatasnya terlalu rendah. Kebetulan sisi pembatasannya berbatasan dengan parkiran mobil Grage Mall, sehingga dari parkiran mobil bisa melongok ke dalam area kolam, hal ini sungguh tidak nyaman. Kolam renang ini tidak diberi atap, sehingga pemandangannya langsung ke langit, sehingga ketika panas atau hujan pasti bisa merasakannya. Kualitas air ketika saya nyebur kali ini tidak baik, menurut saya sih. Soalnya 'butek', tidak jernih. Jadi kalau nyebur dengan kaca mata renang pandangannya tidak begitu jelas. Dinding kolam renang sisi lainnya sulit terlihat, karena air seperti pekat.

Pintu masuk Grage Toya Asri
Arah pintu masuk dan hall tempat duduk tunggu, kantin. View langsung  kolam utama
Kursi duduk sisi kolam, viem Grage Hotel Cirebon
View akses masuk hotel dari kolam renang, terlihat juga besi pemisah antara kolam besar dan kecil

Kali ini saya dan adik saya kembali berlatih memperlancar cara kami berenang, gaya dada kalau tidak salah. Kali ini kami didampingi instruktur yang mengajar kami sebelumnya, Ibu Sri Lestari. Yups, beliau adalah tentor kami. Tidak segan-segan cerewet ketika kami salah posisi tangan dan kaki. Hasilnya sedikit demi sedikit kami semakin bisa, setidaknya ada perkembangan dibandingkan pertemuan sebelumnya. Kalau saya sendiri merasakan perbedaan, saya sudah bisa meluncur dan berenang, hanya saya tinggal mengatur ketenangan dan mengolah nafas agar lebih lama tenang. Semuanya sih kembali ke banyaknya latihan yang kami lakukan, jika sering berlatih pasti cepat bisa, kemudian pesan tentor kami, semakin banyak minum air, pasti cepat bisa. Tapi jangan diartikan mentah-mentah, nanti malah kembung kalau minum air terus, sakit iya malahan. Dengan sering berani mencoba, dan belajar dari kesalahan pasti akan bisa, itu kuncinya.

Dulu saya sangat tidak suka olahraga renang, jadi setiap kali ada acara pengambilan nilai renang saya paling malas. Karena saya tidak bisa berenang dan saya malu saja kalau renang dengan banyak orang. Akhirnya saya jadi anti sama renang. Tapi sekarang saya sudah mulai menikmatinya, terlebih karena M e m e y sangat suka renang, dan dia bisa, malu kalau saya tidak bisa. Untuk itu saya juga berusaha belajar agar saya bisa berenang, minimal ya untuk olahraga. Ya itu sih sharing saja sedikit intermesso.

Sekian dulu catatan saya soal renang hari ini, saya bawakan oleh-oleh gambar di kolam renang Grage Toya Asri. Angel pengambilan gambarnya mungkin tidak mencakup semua, tapi lumayan lah, paling tidak untuk dokumentasi. Sajian gambarnya bisa dilihat sendiri. Sekian dan sampai jumpa di catatan saya lainnya (^_^)?

Posting Komentar

0 Komentar