RSV4 2013 on World Super Bike

Kejuaraan balap motor di dunia yang ternama selain MotoGP adalah World Super Bike. Yang membedakan antara MotoGP dan World Super Bike (WSBK) adalah jenis motor yang digunakan. MotoGP menggunakan motor prototipe sedangkan WSBK menggunakan motor-motor versi massal, motor yang bisa kita peroleh di pasar, karena memang dijual untuk umum pecinta kecepatan untuk kendaraan roda dua.
RSV4
RSV4
Duo Aprilia Rider WSBK 2013

 Ada beberapa team yang ikut dalam kejuaraan balap WSBK, mereka yang ikut dalam kejuaraan ini adalah merk-merk motor di dunia yang sudah cukup banyak dikenal, ada Honda, Kawasaki, Ducati, Aprilia, dll. Saya bukan membahas satu per satu dari merk itu. Saya hanya akan membahas satu team dengan motor kencangnya yang tahun lalu (2012) mampu menjuarai WSBK, dan sejak awal seri 2013 ini terlihat mendominasi. Tim itu adalah Aprilia RSV4 Factory 2013 WSBK. Motor yang digunakan adalah RSV4 2013, dianggap menjadi motor yang kencang di WSBK 2013 ini. Mereka mengusung dua orang pebalap, yaitu Eugene Laverty dan Slyvain Guintoli. Kalau Slyvian Guintoli pasti kita sudah dengar, terutama saya, dulu saya mengenalnya sebagai pebalap di ajang MotoGP beberapa tahun lalu, sudah cukup lama, saya lupa tahun berapa pastinya. he3x ...
Nah di sini saya mau mencatatkan soal spesifikasi motor RSV4 yang katanya jadi motor yang cukup kencang, di tahun 2012 mampu membawa Max Biaggi "The Roman Emperor" juara. Kini Max Biaggi sudah memutuskan untuk pensiun dari dunia balap. Berikut ini adalah spesifikasi RSV4, yang saya peroleh dari link ini 2013 Aprilia RSV4 Factory WSBK Race Bike Debuts.
Engine
Aprilia 4 longitudinal 65° V4 cylinder, 4-strokes, liquid cooling system, double overhead camshaft (DOHC), four valves per cylinder
Engine capacity
999 cc
Maximum rpm
15,500 rpm
Maximum power
230 CV
Fuel system
Variable-height intake ducts controlled by engine control unit, electronic injection with 8 injectors and latest-generation Ride-by-Wire technology.
Compression ratio
15:1
Transmission
Six speed cassette gearbox.
Clutch
Multiplate wet clutch with slipper system.
Electronic management
Aprilia Racing ECU managing ignition and injection, variable-height intake duct control, Ride by Wire system, traction control, anti-wheeling, turn-by-turn settings.
Chassis
Adjustable, aluminium dual beam with pressed and cast sheet elements. Aluminium swingarm.
Suspension
Front: Öhlins TRSP 25 – Rear: Öhlins RSP 40
Brakes
Brembo
Weight
165 kg
Sudah tahukan soal spesifikasi dari RSV4. Motor inilah yang digunakan dua pebalapnya untuk mengarungi musim WSBK 2013. Saya memang bukan pendukung dari tim Aprilia ini, tapi kekaguman terhadap motor RSV4 ini jadi keinginan tersendiri untuk mencari tahu tentang kehebatan dari RSV4. Nah, untuk lebih jelas mengetahui performa RSV4 ini, bisa lihat WSBK 2013. Jadi kita tak hanya menonton race yang disajikan di MotoGP dengan motor prototipe nya, tapi kita bisa tahu performa motor-motor yang dijual di pasaran. Jadi kalau berniat membeli, dengan nonton balap ini bisa jadi rujukan.
Sekian informasi yang bisa saya catatkan di sini. Sebernarnya memang tidak banyak yang dibahas sih, hanya berbagi informasi saja. Ya ini untuk catatan saya pribadi, jika saya mau tau tentang Aprilia RSV4 saya bisa lihat di rumah saya sendiri. Begitulah kira-kira. Link sumber sudah saya berikan di atas, monggo dikunjungi saja kalau mau tahu sumber aslinya ... "Mari!"

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Thanks for one's marvelous posting! I genuinely enjoyed reading it, you may be a great author. I will make sure to bookmark your blog and may come back someday. I want to encourage that you continue your great posts, have a nice holiday weekend!

    Feel free to surf to my webpage; Power Pump XL

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6