Honda RC213V Versi Massal?

Pasti tahu kan, motor utama Honda yang dipakai di ajang MotoGP, RC213V. Motor yang cukup disegani lawan-lawannya di perhelatan MotoGP. Wajar saja, dulu hanya motor Eropa saja yang diklaim punya tenaga yang luar biasa. Tapi sejak adanya RC213V dan generasi sebelumnya RC212V mampu menggebrak motor-motor dari Eropa, seperti Ducati. Bahkan dari sisi power RC213V bisa dibilang tangguh meladeni power Ducati di track lurus. Meski ada yang bilang untuk sisi handling kurang. Namun semakin kemari, hal itu mulai ditepis pelan-pelan.

Yamaha YZR M1 banyak orang tahu sebagai motor sempurna, karena dari sisi power dan handling seimbang. Namun ketika menghadapi Honda RC213V di track lurus, Yamaha YZR M1 tampak sangat keteteran. Bahkan di sirkuit yang katanya cocok dengan karakter Yamaha YZR M1, Honda RC213V pun mampu meladeninya. Jadi apakah masih bisa dikatakan Yamaha YZR M1 sempurna? Dalam hal ini saya memang pendukung Team Repsol Honda dengan RC213V.

 

Iseng-iseng siang ini baca artikel tentang motor tercepat, tersebut nama Honda RC213V. Setahu saya motor Honda yang satu itu merupakan motor prototipe, yang hanya digunakan di ajang balap MotoGP. Namun ternyata, sudah lama kabar beredar bahwa motor ini akan digunakan sebagai dasar untuk produksi massal. Wow, akan seperti apa motor produksi massal dari tipe ini? Yang saya tahu selama ini motor produksi massal Honda yang tersohor adalah CBR1000RR untuk kelas tertinggi yang ikut di World Super Bike.

Saya coba kutip beberapa catatan dari berbagai media online yang mengabarkan informasi ini. Pihak Honda sendiri sudah mengungkapkan keinginannya untuk memproduki motor prototipenya di ajang MotoGP untuk dibuat versi jalan raya, namun waktu dan kepastian belum diungkapkan. Tetapi pengembangan motor ini tetap dilakukan, karena motor ini masih dipergunakan oleh Dani Pedrosa dan Marc Marquez, yang mengujinya langsung di kompetisi kasta tertinggi kelas motor sport. Catatan terpenting stabilitas dan handling menjadi prioritas.

Honda sendiri sebenarnya masih menunggu kepastian regulasi dari Dorna, pemegang regulasi MotoGP. Motor yang diikutsertakan di balap MotoGP haruslah motor prototipe atau bukan motor produksi massal. Aturan itu yang menghambat lahirnya RC213V versi jalanannya. Kemungkinan Honda tidak akan membuat sama percis dengan prototipenya. Perbedaannya penggunaan pneumatic valve diversi balap tidak akan digunakan di versi massal, penggantinya yaitu menggunakan sistem pegas atau spring-actuated. Pertanyaannya, apakah akan  merubah performanya?

Kemudian hal lain yang jadi pembeda adalah penggunaan seamless gerbox, yaitu sistem perpindahan transmisi (gigi) tanpa jeda diversi balap tidak akan digunakan di versi massalnya. Kemudian penggunaan struktur sasis akan dibuat lebih murah namun tidak mengurangi performa motor secara keseluruhan. Pertanyaannya apakah bisa, membuat komponen yang berbeda tapi tetap mempertahankan performa? Tentunya ini jadi PeeR bagi profesor Honda untuk mewujudkannya.

Catatan, untuk seamless gearbox sendiri merupakan kelebihan Honda dibanding tim lain di MotoGP, bahkan Yamaha Factory Racing sendiri mengakui akan hal ini. Teknologi seamless gearbox yang dimiliki Honda mampu membuat performa motor jadi luar biasa, sampai Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi sebagai pebalap andalan mereka menginginkan Yamaha mengembangkan hal yang sama, intinya untuk mengimbangi performa Honda yang luar biasa, karena kalau tidak Yamaha akan tertinggal.

Sebagai catatan, Honda sudah punya beberapa motor yang memang tangguh diajang balap MotoGP, sejak generasi 2-tak 500cc, Honda punya NSR500 hingga yang generasi 4-tak RC211V, RC212V.

Soal kisaran harga untuk RC213V versi massalnya adalah 1 juta Euro atau Rp 13 miliar. Rencana produksinya tahun 2014. Wow, fantastis, untuk motor teknologi turunan ya teknologi nomor dua RC213V. Wajar saja untuk motor prototipe nya pasti sangat mahal dan hal ini yang membuat pemegang regulasi MotoGP mengkampanyekan balap murah di MotoGP. Rencana yang beredar, motor ini hanya akan diproduksi 10 unit oleh HRC.

 

Sumber informasi:

oto-id. Honda RC213V Produksi Massal. oto-id[dot]com| diakses tanggal 9 Mei 2013

oto-id. Honda RC213V 2013, Stabilitas dan Handling Jadi Prioritas. oto-id[dot]com | diakses tanggal 9 Mei 2013

Iwan Banaran. Honda Berniat rilis RC213V versi jalan raya. Sangar euy iwanbanaran[dot]com | diakses tanggal 9 Mei 2013

Iwan Banaran. Satu Satu gearbox Honda RCV213v seharga satu rumah mewah!!. Walah… iwanbanaran[dot]com | diakses tanggal 9 Mei 2013

Kompas Otomotif. Honda RC213V Versi Produksi Dijual Rp 13 Miliar. otomotif[dot]kompas[dot]com | diakses tanggal 9 Mei 2013

Posting Komentar

1 Komentar

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6