Lenovo IdeaPad S100c

Inilah netbook yang telah berhasil terealisasi terbeli. Meskipun membelinya dengan cara kredit ringan. Saya merasa sangat membutuhkan perangkat ini. Akhirnya setelah berhitung saya putuskan untuk membelinya meskipun dengan cara kredit. Kebetulan sekali ketika saya mencari netbook ada promo yang menarik. Lenovo IdeaPad S100c ini dipasaran dipatok dengan harga Rp 2.499.000,- sampai Rp 2.599.000,-. Pada akhirnya saya berhasil memboyong netbook ini dengan harga yang relatif terjangkau yaitu Rp 2.299.000,- di Hypermart, Cimanggis Square, Depok.

Lenovo IdeaPad S100c setelah transaksi[Sumber : Dokumentasi cocoper6]

Netbook ini jadi incaran saya karena diantara netbook sejenis dengan merk berbeda, Lenovo IdeaPad S100c ini punya spesifikasi relatif  baik dan yang terpenting adalah harganya terjangkau. Sebelumnya pilihan saya jatuh pada Asus atau HP, namun Lenovo menawarkan harga yang lebih terjangkau. Paket pembelian dari netbook ini adalah satu unit netbook tipe IdeaPad S100c, satu unit baterai, satu unit charger baterai, buku panduan penggunaan, dan kartu garansi (garansi distributor satu tahun). Oh ya ada bonus lainnya yaitu softcase atau tas jinjing netbook. Menurut saya, paket penjualan netbook tipe ini ada yang kurang. Apa yang kurang? Yang kurang yaitu driver atas hardware yang tersemat pada netbook ini. Karena setau saya, pengalaman membeli laptop atau netbook selalu disediakan driver pendukungnya, tapi pada netbook ini tidak. Entah apakah hanya pada tipe Lenovo jenis ini atau pada semua jenis Lenovo tidak disertakan driver pelengkap? Bagi rekan-rekan yang punya pengalaman lain bisa share di comment setelah postingan ini.

Bonus softcase[Sumber : Dokumentasi cocoper6]

Hal yang berbeda ketika saya membeli barang elektronik bergaransi adalah di sini (Hypermart), kartu garansi benar-benar diisi oleh penjualnya, diberi tanda tangan serta cap toko dimana barang bergaransi ini dijual. Di sini saya merasa yakin bahwa barang yang saya beli ini memang bergaransi. Memang hal ini tidak menjamin layanan purna jual pada nantinya dibutuhkan. Berbeda ketika saya membeli handphone, atau laptop di toko komputer, membeli kulkas, televisi, mesin cuci dll, terkadang kartu garansi dibiarkan begitu saja, tidak diisi nama pembeli atau cap toko penjualnya.

Kembali ke Lenovo IdeaPad S100c. Berikut ini saya sampaikan spesifikasi dari Lenovo tipe ini, keterangan ini saya peroleh dari kertas terlampir pada kardus unit ini. Unit ini merupakan produksi tahun 2012, dan diproduksi di China. Spesifikasinya yaitu :
·         CPU Intel Atom N570 (1,66GHz)
·         Memory DDR3 2GB
·         HDD 320GB
·         Display LED 10”W
·         Battery 6 Cell
·         LAN (10/100M)
·         WIFI
·         Camera
·         Slot MicroSD
·         3 unit USB
·         Slot speakerphone and microphone
·         Warna hitam
·         Weight 1,1 Kg

Secara umum tampilan dari IdeaPad S100c ini menarik buat saya, warnanya yang hitam dan bentuknya kompak membuat saya kepincut, dan tidak kecewa telah memilikinya. Tinggal nanti liat bagaimana performanya setelah saya pakai di berbagai medan dan ketahanan pakainya. Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, salah satu kelemahannya adalah tidak disertainya driver hardware yang tersemat pada netbook ini. Agar netbook ini bisa digunakan saya instalkan OS Windows 7 Ultimate.

Lenovo IdeaPad S100c[Sumber : Dokumentasi cocoper6]

Setelah saya instal OS barulah saya dapat lihat kelemahan dan kesulitan yang saya hadapi. Ada dua hal yang membuat saya bingung. Apa itu? Pertama, mengenai driver Graphic Intel VGA, saya sudah coba instal driver graphic namun driver tidak support dengan apa yang ada di netbook ini. Koq aneh? Saya tidak mengerti, padahal saya memperoleh driver ini dari web link Lenovo. Kedua, fitur kamera yang tersemat pada netbook ini tidak dapat digunakan secara maksimal. Pada netbook demo dimana saya membeli netbook ini, fitur kamera bisa digunakan sebagaimana mestinya. Namun lain hal di netbook saya ini. Apakah saya salah saat proses instalasi atau bagaimana saya kurang tahu. Mengenai driver kamera sudah saya instal namun tidak ada informasi yang bisa saya pahami sehingga fitur kamera ini tidak bisa digunakan.

Sekian informasi yang bisa saya share mengenai Lenovo IdeaPad S100c. Sekali lagi, bagi rekan-rekan yang punya masalah serupa atau memang ada informasi menarik soal lenovo tipe ini bisa dishare di bawah ini. Mohon bantuannya untuk berbagi terhadap sesama. cpr

Posting Komentar

14 Komentar

  1. Sudah beberapa bulan Lenov saya pakai, ketahanan baterainya kurang lebih kalau dipakai online browsing dengan modem bertahan 4 jam, kurang atau lebih. Tanpa menggunakan pemutar musik atau hal lainnya, hanya untuk browsing dan mengetik.

    BalasHapus
  2. Lenovo ku yang mirip dengan punyamu agak panasnya berlebihan. Punyamu juga gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau panas relatif. Yang saya jadikan pembanding panas atau tidak itu Acer dan Axio. Kalau panasnya tidak sepanas Axio, lalu dibandingkan dengan Acer, menurut saya Lenovo ini tidak jauh berbeda, malah pendapat saya sih untuk pemakaian non stop 12 jam lebih panasnya masih saya bilang wajar. Malah akan tidak terasa bila menggunakannya di ruang dengan suhu ac. Bila di suhu ruangan biasa, penggunaan kipas dibawah perangkat cukup membantu menstabilkan suhu. Itu pengalaman saya menggunakan tipe 100c sejauh ini.

      Hapus
  3. setuju: masalah driver vga sangat susah dicari, sampai detik ini pun saya masih mencarinya...
    padahal kita sudah download dari situs remi lenovo, eh tetep ga support

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau VGA saya sudah bisa, tapi gk tau waktu itu iseng2 aja saya instal VGA driver tiba2 saja cocok. Nah tapi yang bermasalah skr itu WIFI nya tidak bisa digunakan, karena software WIFI nya belum ada yang kompatible.

      Hapus
  4. Saya sangat menyesaaaaaaaal sekali beli LENOVO S100c. WIFI-nya sampai hari ini belum bisa akses speedy internet dirumah saya karena tak support WPA2-PSK. Bagi rekan senasib yg bisa menolong, please bantuannya, thank ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. lihat... tombol sebelah kanah bwah.. dkat port USB dsna ada tombol wifi gan. untuk driver wifiny. silhkan download. ada yg cocok. untuk memeastikan wifinya hdup ap gx.. tekan fn+f5..
      oke......

      Hapus
    2. Saya sudah coba pun tidak bisa ;( emang payah kelemahan ni netbook

      Hapus
  5. Tidak menyangka sekarang sudah tahun 2015, 22 November. Iseng buka-buka postingan blog beberapa tahun lalu, eh ternyata di tanggal 21 November di 2012 saya beli netbook S100c ini, jadi kalau dihitung sudah 3 tahun umurnya. Over all kondisinya masih baik, tidak pernah bermasalah, paling hanya OS nya saja yang crash, namun untuk browsing, kerja dan ngeblog tidak ada masalah. Baterainya pun masih normal.

    Satu hal yang sejak awal masih bermasalah adalah soal wifi nya yang tidak bisa dipakai. Akhirnya di jaman serba canggih ini saya tidak bisa menikmati akses wifi ketika ada di area hotspot. Kecewa sih, tapi mau bagaimana lagi, untung saja akses ke modem tidak ada masalah, dari jaman modem CDMA flexi, esia, smartfren 3G, 3,5G lanjut sekarang modem 4G sudah saya rasakan. Mudah-mudahan sampai nanti generasi 5G netbook ini masih bisa dinikmati untuk berselancar. Cu next post, update from Lenovo S100c. Bye. "happy buyday"

    BalasHapus
  6. untuk driver, s100c yang saya pake work smwa, cuman pake wandrive, dan semuanya lancar jaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sudah berfungsi setelah diinstal ulang lagi kemarin 2016, semua berfungsi normal. Masalahnya disoftware yang belum update.

      Hapus
  7. Sampai saat ini masih awet dan berfungsi, kondisi baterai juga masih bertahan 2-3 jam dengan pemakaian normal, browsing dan ngeblog. Mantab Lenovo ;p, ya netbook dengan baterai terpisah sudah jarang, mesti diawet-awet, soalnya laptop sekarang baterai tanam semua, bikin pusing kalau baterai sudah kena, mesti bongkar unit.

    BalasHapus
  8. Masih awet koq sampai saat ini, hanya perlu instal ulang lagi sj, soalnya virusnya sudah banyak. Performa baterai yang saat ini sudah mulai menurun, padahal jarang saya gunakan, mungkin karena alasan itu jadi baterainya kendor. Over all masih layak dan okelah.

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6