The Italian Job (2003)

Ada lagi film yang jadi catatan saya sebagai film yang menarik. Film apakah itu? Ya, The Italian Job judulnya. Film ini berdasarkan informasi yang saya baca dari beberapa artikel, merupakan film terdahsyat di Inggris ketika itu. Film edisi yang awal dibuat sekitar tahun 1969. Kisah ini ditulis oleh Troy Kennedy Martin.
Kemudian pada tahun 2003 kembali dibuat oleh sutradara F. Gary Gray. Pada film keluaran tahun 2003 inilah yang saya tonton. Awalnya sih karena ada Jason Statham yang main juga di film ini, berperan sebagai 'Handsome' Rob. Adegan awalnya yaitu ketika Rob mengendalikan speed boat untuk mengalihkan perhatian dari petugas jaga. Film yang saya tonton ini mengisahkan tentang agen spy-perampok yang profesional. Sebenarnya ceritanya tak jauh berbeda dengan film generasi sebelumnya.
Hal lain selain Statham yang jadi perhatian saya pada film ini adalah soal penggunaan mobil Mini Cooper dan penggunaan kata "Bali". Dua hal itu yang jadi perhatian saya ketika menonton film ini, meski akting Statham jadi bahan perhatian juga, serta jalan ceritanya yang juga tak kalah menarik.
Membahas soal Mini Cooper, pada film ini, mobil yang mini itu diuji ketangguhannya. Mobil itu dipaksa dipacu di medan yang sepertinya bukan layaknya jalan yang baik. Pada film ini kita bisa lihat mobil mini ini dipacu melintas menuruni tangga masuk ke jalur kereta api bawah tanah. Kemudian melakukan manuver untuk masuk ke jalur kereta api sambil berpacu dengan kereta api yang tengah melaju. Setelah itu mobil ini pun dipacu melintas di lorong kereta api bawah tanah hingga keluar melalui lubang pembuangan air dan dilanjutkan dengan manuver di jalanan. Sungguh luar biasanya mobil mini dengan harga yang tidak murah dipacu di jalanan yang bukan sewajarnya.
Kemudian soal penggunaan kata "Bali". Kata "Bali" digunakan untuk menyebut tanda yang ter-logo pada emas batangan yang jadi target pencurian. Pada batangan emas itu tertato penari Bali. Kita sudah pasti tahu, Bali merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang terkenal di dunia. Bali merupakan daerah tujuan wisata dalam dan luar negeri. Kenapa menurut saya hal ini menarik? Karena dengan disebutnya Bali ini, membuat Bali semakin terkenal di dunia internasional, bahwa Bali itu memang menarik.
[Sumber : Google Image]
Sinopsis dari film ini, menurut yang saya tonton :
Film ini mengisahkan tentang tim spy-perampok yang punya pekerjaan mencuri sesuatu yang berharga. Tim ini awalnya dipimpin oleh John Bridger (Donald Sutherland), anggotanya antara lain Charlie Croker (Mark Wahlberg), Steve Frazelli (Edward Norton), 'Handsome' Rob (Jason Statham), Lyle 'The Real Napster' (Seth Green), 'Left Ear' (Mos Def), Wrench (Franky G.). Misi awal mereka adalah mencuri sebrangkas emas dengan logo penari "Bali".
Misi mereka berjalan mulus sesuai rencana. Masing-masing anggota tim menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan spesialisasi kemampuannya. Emas yang bernilai jutaan dollar itu berhasil mereka amankan. Namun sayang sekali, otak jahat merasuki salah satu anggota tim, yaitu Steve Frazelli. Steve ingin menguasai semua emas hasil rampokan, dengan berusaha menyingkirkan semua anggota tim. Pada proses itulah Steve berhasil membunuh John Bridger. Akhirnya Steve berhasil menguasai semua emas hasil perolehan tim John.
Akhirnya pimpinan tim diserahkan ke tangan Charlie Croker. Charlie tetap mengumpulkan teman-temannya yang ada untuk membalas dendam, terutama adalah merebut kembali emas yang telah dicuri oleh Steve. Charlie pun berusaha menemui anak dari John yang bernama Stella Bridger (Charlize Theron). Stella ini punya kemampuan yang sama seperti ayahnya, yaitu ahli dalam hal memecahkan kode brangkas. Oleh karena itu peran Stella sangat dibutuhkan dalam tim, untuk merebut kembali brangkas yang telah dicuri Steve.
Charlie dan tim memutar otak dan strategi untuk mengambil alih brangkas itu. Namun bukan hal yang mudah, karena Steve dulu adalah bagian dari tim, sehingga apa yang akan dilakukan tim Charlie sudah pasti mampu dibaca oleh Steve. Sampai Steve berencana mengamankan brangkas itu ke lain tempat. Steve bahkan mengganti brangkas aslinya dengan brangkas yang lebih canggih.
Di sinilah adu strategi dan taktik terjadi, tim Charlie vs Steve yang sendirian. Pada adegan inilah letak keseruannya. Strategi yang dibuat tim Charlie sepertinya begitu terencana dengan baik, sampai membuat Steve kelabakan dan akhirnya kalah strategi. Pada bagian ini pula ketangguhan mobil Mini Cooper ditunjukkan.
Untuk lebih jelasnya bisa ditonton langsung filmnya. Sepertinya saya mengalami kesulitan untuk menceritakan film ini seluruhnya. Yang pasti film ini menarik untu ditonton. Sekian penceritaan yang bisa saya bagikan mohon maaf kalau sedikit sulit dimengerti. Maklum sedang belajar.
Sekian dulu postingan tentang film kali ini, sampai bertemu di film menarik selanjutnya. Cpr.

Posting Komentar

2 Komentar

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6