Target : Matic Honda BeAT


Jakarta, kota yang selalu macet membutuhkan kendaraan yang praktis dan lincah, dan terpenting adalah irit. Motor dijadikan pilihan untuk berkendara di jalanan Jakarta yang padat, karena angkutan umum tidak mampu mengakomodir efisiensi waktu serta biaya.
Motor biasa dirasakan repot atau tidak praktis, karena saat berkendara kita harus repot untuk mengoper gigi atau persneleng. Untuk jalan menanjak atau menurun, oper gigi wajib dilakukan agar motor kita melaju sebagaimana mestinya.Kribetan motor konvensional ini ditanggapi produsen motor, terutama produsen motor Jepang.
Sekarang sudah banyak sekali pilihan motor matik dari berbagai produsen, sampai ada produsen motor skuter seperti Piagio, Vespa pun menelurkan skuter matiknya.
Ada skuter yang menarik perhatian saya, memang sudah lama meluncur di pasaran, namun baru sekarang terbayang ingin menggunakan motor matic (skuter). Karena menggunakan motor biasa (bebek) terasa ribet, lalu tidak adanya pelindung kaki. Bila motor melintas di jalan yang tergenang air, sepatu dengan mudah kotor kena cipratan air. Lain dengan skuter matik, dimana kaki ada pijakan tersendiri di bagian depan, sehingga relatif lebih aman dari cipratan air.
Skuter matik yang saya inginkan itu adalah Honda BeAT. Skuter yang imut, mungil. Memang banyak juga pesaing dari Beat ini, namun saya lebih tertarik pada BeAT karena body nya yang mungil, terkesan gesit bila melibas jalanan yang macet.
Honda BeAT
[Sumber : Google]
Memang saya belum bisa mendapatkan skuter yang saya inginkan itu, tetapi meski belum bisa memiliku unitnya, saya ingin memiliki profilnya dulu, dan saya simpan di ‘rumah online’ saya ini. Berikut ini spesifikasi dari BeAT yang saya peroleh mesin pencari :
Harga OTR (harga bisa berubah dan berbeda)
Rp 12.550.000,00 (CW)
Rp 11.750.000,00 (STD)
Pilihan Warna
Electro Red
Jaz Blue
Hard Rock Black
Techno White
Pop Pink
Dimensi
Dimensi (P x L x T)
1859 x 676 x 1053 mm
Jarak Sumbu Roda
1240 mm
Jarak Terendah ke Tanah
156 mm
Berat Kosong
893 kg
Rangka
Rangka
Tulang punggung
Suspensi Depan
Teleskopik
Suspensi Belakang
Lengan ayun dengan shockbreaker tunggal
Ukuran Ban Depan
80/90-14 M/C 40P
Ukuran ban Belakang
90/90-14 M/C 46P
Rem Depan
Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Rem Belakang
Tromol
Mesin
Tipe Mesin
4 langkah SOHC
Sistem Pendinginan
Pendingin udara dengan kipas
Diameter x Langkah
50 x 55 mm
Volume Langkah
108 cc
Perbandingan Kompresi
9.2 : 1
Daya Maksimum
8.22 PS/ 8000 rpm
Torsi Maksimum
8.32 N.m (0.85 kgf.m)/ 5500 rpm
Kopling
Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Starter
Electric starter & kick starter
Busi
ND U24EPR9, NGK CPR8EA-9
Kapasitas
Tangki Bahan Bakar
3,5 liter
Minyak Pelumas Mesin
0,7 liter pada penggantian berkala
Transmisi
Otomatis, V-Matic
Kelistrikan
Aki
MF battery, 12V – 3A.h
Sistem Pengapian
DC – CDI, Battery
Karburator
VK22 x 1
Lampu Depan
12V 3.2W x 1
Lampu Senja
12V 3.4W x 1
Sumber : welovehonda

Saya banyak membaca informasi mengenai BeAT ini, ada kelemahan dan kelebihan. Namun dari sisi kelemahan jarang yang membahas soal mesin, untuk mesin sejauh ini tidak ada masalah dari informasi dan curhat para pengguna BeAT ini. Konsumsi bahan bakarnya pun masih wajar, bahkan ada yang bilang irit.
Kelemahannya yaitu dari sisi bagasinya, daya tampung bagasi dalamnya kecil, paling hanya nampung jas hujan. Lalu kapasitas tangkinya yang banyak dibilang penggemar BeAT terlalu kecil, lalu bagasi di dasboard pun relatif kecil. Wajar saja, BeAT dibuat mungil, ramping, imut, jadi wajar saja ada sisi daya tampung yang berkurang.
Mengenai bahasan konsumsi bahan bakar BeAT ada beberapa catatan positif, BeAT termasuk matik yang irit. Menurut hasil Econo Riding with Honda, Motor Plus edisi 487 | 28 Juni 2008, konsumsi bbm (bahan bakarnya) 73,5 : 1. Di kondisi pemakaian sehari-hari konsumsi bahan bakarnya memang tidak seperti hasil Econo Riding tersebut, meski begitu konsumsi bahan bakarnya masih dalam tahap wajar untuk skuter matik di kelasnya. Bahan bakar yang dianjurkan dari pabriknya adalah Pertamax (bbm non subsidi). Meski begitu, banyak juga pengguna BeAT yang menggunakan Premiun untuk bahan bakarnya.
Fitur-fitur menarik yang disematkan pada BeAT antara lain Side Stand Switch (merupakan fitur keamanan, bila standar pada posisi on, mesin tidak dapat dihidupkan), Rear Shock with Inner Cover (dirancang untuk mencegah masuknya debu dan kotoran sehingga shockbreaker lebih awet), Parking Brake Lock (berfungsi sebagai rem tangan saat mesin dinyalakan atau saat parkir di tanjakan), Secure Key Shutter (merupakan sistem keamanan pada rumah kunci) dan Sporty Front Fender (desain motor sport modern berfungsi menahan percikan air).

Sumber informasi :
hondacengkareng.com. Honda Beat diakses tanggal 20 Maret 2012
masdoe.com. SPESIFIKASI, WARNA DAN HARGA HONDA BEAT 2011. 4 Juli 2011 diakses tanggal 20 Maret 2012

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Mantab gan ^_^ , Kalo dibanding ama Si MIO sih ane juga lebih milih Beat gan ,, Semoga lekas dapet deh motornya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ​​O:)˚°Âº΅Î¬♏in..ά♏in..ά♏in΅Âº°˚O:)
      beAT tetep jadi pilihan, mumpung belum keluar yang injeksi, yg belum injeksi saja harga nya cukup tinggi, apalagi yg injeksi.

      Hapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6